Daftar Nama Laut di Indonesia

Daftar nama laut di Indonesia ini pastinya sudah kita pelajari sedari Sekolah Dasar. Namun demi mengenal kekayaan alam Indonesia, nama-nama laut di Indonesia tersebut tidak ada salahnya jika kita pelajari kembali. Dus, sebagai warga di negara kepulauan, sudah sepantasnya kita mengenal daftar laut di Indonesia tersebut.

Laut adalah kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi permukaan bumi dan menghubungkan atau memisahkan benua atau pulau dengan benua atau pulau lainnya.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang otomatis juga sebagai negara maritim atau bahari. Luas wilayah laut Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Luas laut ini sama dengan sekitar 70% dari total luas seluruh wilayah Indonesia. Artinya, luas laut Indonesia lebih besar dibanding luas daratannya.

Baca Juga : Taman Laut Terindah di Indonesia dan Tingkat Pencemaran Laut Indonesia

Karena banyaknya pulau-pulau yang tersebar, Indonesia memiliki berbagai laut dan selat yang memisahkan pulau-pulau tersebut. Dan inilah daftar nama laut di Indonesia dengan penjelasan tentang letaknya.

Nama Laut di Indonesia

Nama Laut di Indonesia

Laut Arafura atau Arafuru

Laut Arafura atau laut Arafuru terletak di ujung tenggara wilayah Indonesia. Letaknya berada di antara benua Australia dan pulau Papua. Sebelah barat berbatasan dengan laut Banda (kepulauan Maluku) dan laut Timur. Kedalaman lautnya yang terdalam mencapai 3,6 km.

Laut Banda

Laut Banda terletak di kepulauan Maluku bagian selatan. Di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau-pulau dari kepulauan Maluku yang memisahkannya dengan laut Arafuru. Di sebelah selatan terdapat pulau-pulau Nusa Tenggara Timur.

Laut Flores

Laut Flores terletak di antara pulau Sulawesi (di sebelah utara) dan kepulauan Nusa Tenggara. Titik terdalam di laut Flores mencapai 5,1 km.

Laut Halmahera

Laut Halmahera terletak di antara pulau Halmahera, Maluku Utara (di sebelah barat) dan pulau-pulau di ujung timur pulau Papua (di sebelah Timur). Di sebelah timur laut terhubung dengan Samudera Pasifik.

Laut Jawa

Laut Jawa terletak di antara pulau Jawa (di sebelah selatan) dan pulau Kalimantan (di sebelah utara).Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Indonesia (Hindia) melalui Selat Sunda dan di bagian barat laut terhubung dengan laut China Selatan melalui selat Karimata.

Laut Maluku

Laut Maluku terletak di antara pulau kepulauan Maluku (Maluku Utara) di sebelah timurnya, Pulau Sulawesi (Sulawesi Utara dan Tengah) di bagian baratnya, serta pulau Taliabu dan pulau Mangoli (Maluku Utara) di sebelah selatannya. Terhubung dengan laut Serat di sebelah tenggara, laut Banda di sebelah selatan, dan laut Sulawesi di sebelah utara.

Laut Sawu

Laut Sawu terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sekitarnya terdapat Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Kedalaman laut Sawu mencapai 3,4 km.

Laut Seram

Laut Seram terdapat di sebelah utara utara pulau Seram (Maluku) dan di sebelah barat pulau Papua. Di sebelah utaranya terdapat pulau Obi Maluku Utara) dan laut Halmahera.

Laut Sulawesi

Laut Sulawesi terdapat di sebelah utara pulau Sulwesi, di sebelah timur pulau Kalimantan (Kalimantan Utara), dan pulau-pulau di Filipina. Di sebelah timur di pisahkan dari Samudera Pasifik oleh pulau-pulau kecil Sulwesi seperti pulau Sangihe dan Karakelong.

Laut Timor

Laut timur terletak di antara benua Australia dan pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Hindia sedangkan di bagian timur terhubung dengan laut Arafuru.

Itulah daftar nama laut yang terletak di wilayah Indonesia.

Baca artikel tentang Indonesia dan laut lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Daftar Nama Laut di Indonesia

  1. ahsanfile berkata:

    Wah nemu aja mas alam idenya…

  2. Lidya berkata:

    artikelnya bagus pak, buat anak-anak yang lagi belajar untuk bahan ilmu,nanti saya kasih tau pascal untuk baca postingan ini

  3. Abdurrazaq berkata:

    Kalau Laut natuna itu ada ga sih, mas?

  4. Makasih mas atas infonya hehe

  5. Ping balik: 8 Sumber Energi Terbarukan di Indonesia | Alamendah's Blog

  6. Beritakita berkata:

    wahh ane baru tau lho ,,
    nice info mas

  7. alfa berkata:

    Thanks anak saya bisa mengerjakan PR dari gurunya dengan baik. Informasinya sangat bermamfaat

  8. Ahmad zulfan ali sabara berkata:

    Informasi nya bagus bisa tambah wawasan

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s