Burung Namdur, Si Seniman Sarang yang ‘Matre’

Burung Namdur jantan layak digelari sebagai seniman dan desainer sarang yang hebat dan romantis. Sedangkan burung Namdur betina, lebih tepat jika disebut burung ‘matre’ (materialistis). Pasalnya, Sang Namdur Jantan dikenal sebagai burung yang piawai merancang dan membangun sarang yang unik dan mewah untuk memikat calon pasangannya. Sebaliknya, Si Namdur Betina akan menilai keindahan sarang dan tarian Si Jantan. Jika tidak menyukainya, Si Namdur Betina pun pergi.

Burung Namdur adalah sekumpulan burung dari famili Ptilonorhynchidae yang terdiri atas 19 spesies. Burung Namdur hanya terdapat di Australia dan pulau Papua (Papua Nugini dan Indonesia). Sembilan spesies diantaranya dapat ditemukan di wilayah Indonesia. Bahkan dua jenis diantaranya merupakan burung endemik Papua, Indonesia.

Burung Namdur kadang disebut juga sebagai Burung Pintar dan beberapa jenis dinamai juga sebagai Burung Kucing. Dalam bahasa Inggris sebagian disebut sebagai Bowerbird dan sebagian lagi sebagai Catbird. Jenis-jenis burung Namdur antara lain adalah :

  • Ailuroedus buccoides (White-eared Catbird atau Burung Kucing Telinga Putih); Hidup di Papua (Indonesia) dan Papua Nugini.
  • Ailuroedus crassirostris (Green Catbird); Hidup di Australia.
  • Ailuroedus melanotis (Spotted Catbird atau Burung Kucing Tutul); Hidup di Papua (Indonesia), Australia, dan Papua Nugini.
  • Amblyornis flavifrons (Golden-fronted Bowerbird atau Namdur Dahi-emas); Endemik Papua (Indonesia).
  • Amblyornis inornata (Vogelkop Bowerbird atau Burung Namdur Polos); Endemik Papua (Indonesia).
  • Amblyornis macgregoriae (Macgregor’s Bowerbird atau Namdur Jambul-emas); Hidup di Papua (Indonesia), dan Papua Nugini.
  • Amblyornis subalaris (Streaked Bowerbird); Hidup di Papua Nugini.
  • Archboldia papuensis (Archbold’s Bowerbird atau Namdur Archbold); Hidup di Papua (Indonesia) dan Papua Nugini.
  • Chlamydera cerviniventris (Fawn-breasted Bowerbird atau Namdur Coklat); Hidup di Papua (Indonesia), Australia, dan Papua Nugini.
  • Chlamydera guttata (Western Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Chlamydera lauterbachi (Yellow-breasted Bowerbird atau Namdur Kuning Muda); Hidup di Papua (Indonesia) dan Papua Nugini.
  • Chlamydera maculata (Spotted Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Chlamydera nuchalis (Great Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Prionodura newtoniana (Golden Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Ptilonorhynchus violaceus (Satin Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Scenopoeetes dentirostris (Tooth-billed Bowerbird); Hidup di Australia.
  • Sericulus aureus (Masked Bowerbird atau Namdur Topeng); Hidup di Papua (Indonesia) dan Papua Nugini.
  • Sericulus bakeri (Fire-maned Bowerbird); Hidup di Papua Nugini.
  • Sericulus chrysocephalus (Regent Bowerbird); Hidup di Australia

Sembilan diantara jenis-jenis burung Namdur tersebut hidup di Indonesia, tepatnya di pulau Papua. Kesembilan jenis tersebut adalah Burung Kucing Telinga Putih (Ailuroedus buccoides), Burung Kucing Tutul (Ailuroedus melanotis), Namdur Jambul-emas (Amblyornis macgregoriae), Namdur Archbold (Archboldia papuensis), Namdur Coklat (Chlamydera cerviniventris), Namdur Kuning Muda (Chlamydera lauterbachi), Namdur Topeng (Sericulus aureus), Namdur Dahi-emas (Amblyornis flavifrons), dan Namdur Polos (Amblyornis inornata). Bahkan dua jenis yang tersebut terakhir adalah hewan endemik pulau Papua.

Ciri khas yang membuat burung ini terkenal adalah perilaku burung Namdur saat musim kawin yang unik. Burung Namdur jantan akan merancang dan membangun sarang yang unik, indah, dan mewah. Sarang dibentuk dari ranting dan daun yang disusun secara artistik dan indah. Sekeliling sarang juga dihias dengan bahan makanan atau berbagai barang-barang buatan manusia seperti tutup botol, kancing, uang, dan sebagainya. Barang-barang ini umumnya berwarna mencolok atau cerah. Semakin menarik, indah, dan mewah sarang yang dibuat, akan semakin membuka peluang burung Namdur jantan memperoleh betinanya.

Untuk memikat perhatian burung betina, tidak hanya sarang yang harus indah. Burung Namdur jantan pun akan menyuguhkan atraksi tarian berupa kepakan sayap dipadu dengan gerakan maju-mundur dan suara kicauan.

Burung betina akan melakukan penilaian hingga beberapa kali. Memeriksa kontruksi dan kemewahan sarang serta keindahan tarian Sang Jantan. Jika merasa sarang cukup baik dan memikat, serta tarian dan nyanyian Namdur Jantan indah, Namdur betina akan menerima dan kedua burung pun hidup bersama sebagai pasangan. Namun jika tidak, Sang Betina pun pergi meninggalkan burung jantan yang akan kembali memperbaiki dan memperindah sarangnya hingga menemukan burung betina yang menerimanya.

Klasifikasi Ilmiah Burung Namdur : Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Aves. Ordo: Passeriformes. Famili: Ptilonorhynchidae. Genus dan Spesies: (lihat artikel).

Referensi dan gambar :
iucnredlist.org
id.wikipedia.org/wiki/Namdur
ibc.lynxeds.com/family/bowerbirds-ptilonorhynchidae (gambar)

Baca artikel tentang burung Indonesia lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Burung Namdur, Si Seniman Sarang yang ‘Matre’

  1. Faris berkata:

    Burung namdur yang berwarna hijau keren… Sungguh Tuhan memang sangat piawai dalam mendesain makhluknya. 🙂
    Btw, perilaku burung namdur banyak juga ditiru oleh manusia zaman sekarang, :p

  2. Rifai Prairie berkata:

    Ih! keren tuh! tapi perasaan yang bagus cuma yg punyanya Namdur polos, soalnya mirip gua gitu! 😀 Burungnya keren euy! kapan ya gue bisa bird watching buat mengamati Namdur bird?! T..T *pengen..

  3. mandor berkata:

    Burungnya bisa kreatif membangun sarang sebaik mungkin untuk menarik pasangan. Perilaku alam yang indah sebagai bukti bahwa kehidupan alam memang indah (mbulet)

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s