2015: Tahun Tanah Internasional (International Year of Soils)

Tahun 2015 ditetapkan menjadi Tahun Tanah Internasional (International Year of Soils). Penetapan tahun 2015 sebagai Tahun Tanah Internasional dilakukan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO; Food and Agriculture Organization). Pencanangan ini sendiri telah dilaksanakan pada 5 Desember 2014 silam saat peringatan Hari Tanah Sedunia yang pertama kali.

Penetapan tahun 2015 sebagai Tahun Tanah Internasional (International Year of Soils) didasarkan pada realita bahwa sepertiga tanah di dunia telah rusak atau terdegradasi. Degradasi tanah tersebut diakibatkan oleh deforestasi, erosi, penutupan tanah dan perluasan perkotaan, polusi, perubahan iklim, dan proses lain yang disebabkan oleh praktek-praktek pengelolaan lahan yang tidak berkelanjutan.

Kondisi ini menempatkan tanah dalam status yang tidak sehat dan berbahaya. Padahal kondisi tanah terkait erat dengan pertanian, ketahanan pangan, dan lingkungan yang sehat. Degradasi tanah mengancam kapasitas tanah dalam memenuhi kebutuhan manusia di sat ini dan generasi mendatang.

2015, Tahun Tanah Internasional

2015, Tahun Tanah Internasional

Manusia di seluruh dunia bergantung pada tanah. Kualitas tanah akan memengaruhi kehidupan manusia di bumi saat ini dan pada masa mendatang. Enam hal dasar di mana kehidupan manusia sangat bergantung pada kondisi tanah antara lain :

  1. Tanah yang sehat merupakan modal dasar untuk memproduksi pangan yang sehat.
  2. Tanah menjadi tempat utama bagi budidaya berbagai tanaman yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia di bidang pakan, serat, bahan bakar, dan produk obat-obatan.
  3. Tanah merupakan tempat hidup dan bergantung berbagai keanekaragaman hayati bumi. Kelestarian keragaman hayati ini pun terkait erat dengan manusia.
  4. Tanah memainkan peran kunci dalam siklus karbon sehingga sangat penting perannya dalam meminimalisir dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.
  5. Tanah menyimpan dan membersihkan air, meningkatkan ketahanan bumi terhadap bencana banjir dan kekeringan.
  6. Tanah adalah sumber daya yang tidak terbarukan, sehingga melestarikannya sangat penting untuk ketahanan pangan dan masa depan manusia di bumi.
tanah untuk ketahan pangan

Tanah untuk ketahan pangan

Dengan pencanangan tahun 2015 sebagai Tahun Tanah Internasional, FAO berusaha mengampanyekan pentingnya melindungi tanah dari degradasi. Memberikan edukasi dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tanah. Pun mendesak para pembuat keputusan (pemimpin) dunia untuk membuat kebijakan dan tindakan yang efektif untuk perlindungan sumber daya tanah, serta pengelolaan tanah yang berkelanjutan.

Tagline yang diangkat dalam Tahun Tanah Internasional ini adalah “Healthy Soils for a Healthy Life”. Memang, tanpa tanah yang sehat tidak akan ada kehidupan yang sehat!

Referensi dan gambar :
www.fao.org/soils-2015/en/

Baca artikel tentang lingkungan hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 2015: Tahun Tanah Internasional (International Year of Soils)

  1. ada tahun tanah Internasional ya PAk Alam wah sebuah informasi yang memperluas pengetahuan saya

  2. subhan riyadi berkata:

    dimana yaa sy bisa dapatkan daftar lengkap tema-2 hari bumi dari tahun ke tahun. tq

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s