Bidara Dari Khasiat Gangguan Jin Hingga Herbal

Pohon Bidara (Ziziphus mauritiana Lam.) sejak lama daunnya telah dikenal keampuhannya sebagai pelengkap terapi terhadap gangguan jin dan ilmu sihir. Selain sebagai media pengobatan sihir dan gangguan jin, daun bidara pun dikenal sebagai herbal terutama bagi masalah-masalah kesehatan terkait kulit. Buah bidara atau widara pun bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Bidara adalah nama tumbuhan berperawakan pohon atau perdu menyemak dari famili Rhamnaceae. Nama latin tanaman ini adalah Ziziphus mauritiana Lam. yang mempunyai beberapa nama sinonim diantaranya : Paliurus mairei H. Lév., Rhamnus jujuba L., Ziziphus jujuba (L.) Gaertn., Ziziphus muratiana Maire, Ziziphus orthacantha DC., dan Ziziphus rotunda DC.

Di Indonesia, bidara dikenal dengan beberapa penyebutan yang berbeda di setiap daerah. Penyebutannya seperti widara, widoro, dara, atau doro (Jawa); widara (Sunda); bukol (Madura); bĕkul (Bali); ko (Sawu); kok (Rote); kom atau kon (Timor); bĕdara (Alor); bidara (Makassar, Bugis); rangga (Bima); serta kalangga (Sumba). Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Indian cherry, Chinee Apple, Jujube, Indian plum, atau Masau.

Diskripsi Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon Bidara atau Widara (Ziziphus mauritiana), merupakan pohon kecil atau perdu dengan tinggi antara 5-15 meter. Bidara tumbuh tegak atau melebar dengan cabang-cabang yang menjuntai dan letak ranting yang tidak beraturan. Pohon selalu hijau (meskipun terkadang agak meranggas) dan memiliki daun penumpu berupa duri pada daun-daunnya. Batang berkayu dengan diameter sekitar 20-50 cm.

Daun bidara tunggal dan bertangkai yang tumbuh  berselang-seling. Bentuk daun bulat telur hingga oval dengan panjang 2-9 cm dan lebar 1,5-5 cm. Daun bertulang daun membujur dan tepi daun rata atau sedikit beringgit. Daun bidara berwarna hijau mengkilat di bagian atas dan agak keputihan atau cokelat karat pada bagian bawah.

Bunga bidara muncul di ketiak daun, berbentuk payung menggarpu sepanjang 1–2 cm yang berisikan 7–20 kuntum bunga. Bunga berwarna kekuningan dan beraroma agak harum. Buah bidara merupakan buah batu berbentuk bulat hingga bulat telur, berkulit halus kadang kasar, mengkilap, tipis namun liat. Warna kulit buah kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. Sedangkan daging buahnya berwrna putih, dengan banyak sari buah yang berasa agak masam hingga manis. Satu buah berisi 1–2 inti biji yang berwarna coklat dengan bentuk jorong.

Asal Usul dan Persebaran Pohon Bidara

Buah dan Daun Bidara

Buah dan Daun Bidara

Tanaman bidara (Ziziphus mauritiana) diduga tumbuhan asli Timur Tengah dan India. Namun tersebar secara alami di berbagai wilayah lain seperti Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Uganda dan Kenya di Afrika; Afganistan, Pakistan, India utara, Nepal, Bangladesh, Cina selatan, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, hingga Australia. Tumbuh baik di daerah yang memiliki musim kering, panas, dan kaya sinar matahari. Bahkan mampu tumbuh di daerah-daerah yang sangat kering, lahan marginal, tanah basa, tanah asin atau pun sedikit asam. Tumbuh baik mulai dari tepi pantai hingga daerah berketinggian 1000 meter dpl. Di tumbuhan bidara tumbuh secara alami hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Manfaat dan Khasiat Bidara

Manfaat tumbuhan bidara yang paling dikenal di Indonesia adalah daunnya yang berkhasiat sebagai pengusir gangguan jin dan pengaruh ilmu sihir sehingga daun bidara kerap digunakan sebagai media ruqyah. Sebagai media ruqyah, biasanya daun bidara ditumbuk halus dan dilarutkan dalam air dengan disertai bacaan ayat-ayat Al Qur’an. Ain daun bidara ini digunakan untuk mandi dan diminum.

Daunnya juga dapat dimasak menjadi jamu herbal atau ditumbuk dan dilarutkan dengan air menjadi obat luar untuk mengobati gangguan pada kulit seperti jerawat dan jamur. Selain itu kerap pula digunakan untuk memandikan jenzah, memandikan orang demam, hingga untuk keramas. Daun yang masih muda dapat disayur sedangkan daun tua dapat dijadikan pakan ternak.

Buah bidara dapat dimakan langsung, dirujak, atau diolah menjadi minuman segar ataupun manisan. Di India, bidara dibudidayakan untuk dipanen buahnya dan diperjualbelikan. Buah bidara mengandung karoten, fosfor, kalsium, vitamin A dan C, dan lemak, karbohidrat, dan protein.

Selain itu, khasiat herbal tanaman bidara bisa memanfaatkan bagian lainnya. Kulit kayu mampu mengobati gangguan pernafasan, sakit perut, dan tonikum. Akar bidara mampu meringankan gangguan nyeri kencing.

Manfaat pohon bidara lainnya adalah kayunya yang digunakan sebagai barang kerajinan, perabotan rumah tangga, hingga kayu bakar, dan bahan pembuatan arang berkualitas baik. Kulit kayu dan buahnya dapat digunakan sebagai pewarna alami.

Tumbuhan bidara belum termasuk tanaman langka. Tidak terdaftar baik dalam daftar merah IUCN maupun Appendix CITES. Pun tidak termasuk salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia. Meskipun demikian, tumbuhan bidara tampaknya belum menarik bagi masyarakat Indonesia untuk membudidayakannya. Umumnya tumbuhan ini dibiarkan tumbuh meliar.

Klasifikasi Ilmiah Bidara. Kerajaan : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo : Rosales. Famili : Rhamnaceae. Genus : Ziziphus. Spesies : Ziziphus mauritiana Lam.

Referensi dan gambar :
www.proseanet.org/prosea/e-prosea_detail.php?frt=&id=1554
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/18673094
en.wikipedia.org/wiki/Ziziphus_mauritiana
www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/indian_jujube.html
www.issg.org/database/species/ecology.asp?si=214&fr=1&sts=&lang=EN
id.wikipedia.org/wiki/Bidara
commons.wikimedia.org/wiki/Ziziphus_mauritiana (gambar)

Baca artikel tentang lingkungan dan pohon Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Bidara Dari Khasiat Gangguan Jin Hingga Herbal

  1. java36 berkata:

    bidadari,,,,,

  2. makhluklemah berkata:

    Di kalimantan disebut apa ya, belum pernah mendengar.

  3. siciput berkata:

    udah jarang liat pohonnya jaman sekarang di jawa barat ….

  4. Suci Ananda Putri berkata:

    Kalo daerah jambi dimana y dan namanya apa y

  5. agustoha berkata:

    ditempatku kedungjati grobogan tumbuh subur pohon widoro

  6. Ali Sabilullah berkata:

    Yang ingin daun bidara, pohon, ato akarnya bisa menghubungi saya: 087850050084 (whatsapp). di sekitar rumah saya di lumajang ada 2 pohon besar2. di rumah sy juga punya ditanam di pot asli stekan yg dr arab yg buahnya lebih manis.

  7. mic berkata:

    tinggalnya dmana pak ?

  8. hafid berkata:

    di rumah saya dibanjarbaru, kal-sel, ada pohonnya buhannya besar- besar dan manis asem segar,

  9. imran berkata:

    klo di sulteng disebut apa yah???

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s