Sirih Gading Tanaman Bandel yang Indah

Sirih gading atau devil’s ivy adalah salah satu tanaman hias indah yang bandel. Bandel karena dengan media tanam seadanya (bahkan hanya dengan botol berisikan air saja) dan tanpa perawatan yang rumit, sirih gading dapat tumbuh dengan subur. Tanaman hias ini dapat ditanam baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Dalam media pot maupun langsung di tanah.

Nama latin tumbuhan ini adalah Epipremnum aureum (Linden & André) G.S.Bunting dengan beberapa nama sinonim sekaligus. Di antara beberapa nama sinonim tanaman dari famili Araceae ini adalah Epipremnum mooreense Nadeaud, Pothos aureus Linden & André, Rhaphidophora aurea (Linden & André) Birdsey, dan Scindapsus aureus (Linden & André) Engl. Dalam bahasa Inggris tanaman ini kerap dinamai golden pothos, hunter’s robe, ivy arum, money plant, taro vine, atau devil’s ivy.

Sirih gading kadang juga digunakan untuk menamai tanaman dari famili Oleaceae, yaitu tumbuhan Srigading (Nyctanthes arbor-tristis L.).

Sirih gading (Epipremnum aureum) merupakan tanaman merambat semi-epifit anggota famili Araceae. Mudah dikenali dari bentuk dan warna daunnya. Daunnya berbentuk hati, bertangkai, dan berwarna belang kuning cerah hingga kuning pucat. Daun tumbuh berselang-seling di batangnya. Di habitat alami tumbuh merambat pada batang pohon lain hingga menutupi batang tersebut. Tanaman ini mampu tumbuh hingga setinggi 20 meter dengan batang berdiameter hingga 4 cm.

Sirih gading atau devil’s ivy (Epipremnum aureum)

Sirih gading atau devil’s ivy (Epipremnum aureum) ditanam dalam botol

Diduga sirih gading merupakan tumbuhan yang asli mendiami wilayah Australia bagian utara, Indonesia, Malaysia, hingga Jepang dan India.

Sirih Gading yang Bandel namun Ampun Menyerap Racun

Sirih gading merupakan tanaman hias yang cukup bandel baik dalam penanaman maupun perawatan. Tumbuhan merambat ini dapat ditanam di tanah dan dirambatkan pada pohon lain, dalam pot, bahkan dalam botol yang hanya berisikan air. Potongan batangnya yang dimasukkan dalam botol berisi air akan mampu berakar dan tumbuh dengan baik. Sirih gading (Epipremnum aureum) juga dapat tumbuh baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Untuk perawatannya pun tidak sulit. Tanpa perawatan ekstra tanaman ini mampu tumbuh dengan subur. Bahkan jika dibiarkan cenderung menjadi invasif terhadap tanaman lain. Jika ditanam di dalam ruangan hanya memerlukan dikeluarkan sesekali untuk mendapatkan cahaya matahari agar warna daunnya tetap indah.

Meskipun cukup bandel, ternyata sirih gading mempunyai kemampuan yang ampuh dalam menyerap racun dan menjadi pembersih udara dalam ruangan. Karena itu Alamendah’s Blog memasukkannya sebagai salah satu diantara 15 tanaman hias dalam ruangan yang ampuh menyerap racun.

Sirih gading atau devil’s ivy (Epipremnum aureum) ditanam di luar ruangan

Sirih gading atau devil’s ivy (Epipremnum aureum) ditanam di luar ruangan

The National Aeronautics and Space Administration (NASA), dalam laporan berjudul “A Study of Interior Landscape Plants for Indoor Air Pollution Abatement” (1989), menyatakan Sirih gading (Epipremnum aureum) dapat membersihkan udara dalam ruangan dari racun-racun semisal benzene, formaldehida, xylene, dan toluene.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan : Plantae. Filum : Tracheophyta. Kelas : Liliopsida. Ordo : Alismatales. Famili : Araceae. Genus : Epipremnum. Spesies : Epipremnum aureum.

Referensi dan gambar :

alamendah.org/2014/04/21/15-tanaman-hias-pembersih-udara-dalam-ruangan 
en.wikipedia.org/wiki/Epipremnum_aureum 
en.wikipedia.org/wiki/NASA_Clean_Air_Study 
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-70476 
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/9808333 
Gambar : grhahijau.com/indahnya-si-sirih-gading-nan-tidak-rewel

Baca artikel tentang tumbuhan dan lingkungan hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Sirih Gading Tanaman Bandel yang Indah

  1. ysalma berkata:

    sering melihat tanaman ini di batang tanaman lain,
    tapi baru tau namanya sirih gading,
    saya kira masuk aglonema, kacau 🙂

  2. Ping balik: Bunga Air Mata Pengantin Si Perambat Indah | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Pengertian Recycle dan Contoh Recycle | Alamendah's Blog

  4. Asop berkata:

    Ini dia namanya Sirih Gading ya. Saya bingung mau nyari nama tanaman Epipremnum Aureum dalam bahasa Indonesia ga nemu2, akhirnya balik ke blog Alamendah juga. 😆 😆 😆
    Saya nyari namanya ini gara2 mau nyari tanaman ini ke sentra tanaman. Kalo ga tau nama indonesianya susah juga. 😀

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s