Pohon Damar Penghasil Damar Asli Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, merupakan salah satu pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang kemudian diolah menjadi ‘kopal’ dan dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) merupakan tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. Namun kini telah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Pohon damar di beberapa daerah disebut sebagai kaláne, kèssi, oeneëla (Muluku); dammar lulu atau dammar malolo (Sulawesi). Selain dinamai damar, di Indonesia kerap disebut juga sebagai damar raja. Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal sebagai amboina pitch tree atau celebes kauri.

Nama latin tumbuhan ini adalah Agathis dammara (Lamb.) Rich. & A. Rich. yang mempunyai beberapa nama sinonim di antaranya adalah :

  • Abies dammara (Lamb.) Dum.-Cours.
  • Agathis alba (Rumph. ex Hassk.) Foxw.
  • Agathis loranthifolia Salisb.
  • Agathis philippinensis Warb.
  • Agathis pinus-dammara Poir.
  • Agathis regia Warb.
  • Dammara alba Rumph. ex Hassk.
  • Dammara loranthifolia (Salisb.) Link
  • Dammara orientalis Lamb. (synonym)
  • Dammara rumphii Presl (synonym)
  • Pinus dammara Lamb. (synonym)

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah ‘damar’ saling tumpang tindih (rancu). Kata ‘damar’ juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut sebagai ‘kopal’. Selain itu, penggunaan istilah ‘kayu damar’ malah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu ‘Agatis’.

Ciri dan Karakteristik Agathis dammara

Pohon Damar (Agathis dammara)

Pohon Damar (Agathis dammara)

Pohon damar (Agathis dammara) berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 65 meter. Batangnya silindris dan lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter. Kulit batang  berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan. Kulit mengelupas dalam keping-keping yang tidak beraturan dan biasanya bopeng karena resin.

Daun berbentuk jorong (bulat memanjang) dengan panjang 6 – 8 cm dan lebar 2 – 3 cm. Bagian pangkal daun membaji sedangkan ujungnya runcing.  Tulang daun sejajar dan banyak. Bunga jantan dan betina berada pada tandan yang berbeda, pada pohon yang sama (berumah satu).

Damar merupakan tumbuhan asli Indonesia. Daerah sebarannya meliputi pulau Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan di Filipina. Namun kini, pohon damar telah dibudidayakan di perkebunan-perkebunan di pulau Jawa. Tumbuh di hutan hujan tropis dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Meskipun tidak termasuk tanaman langka, namun pohon damar (Agathis dammara) di habitat aslinya telah mengalami populasi hingga 30% dalam 75 tahun terakhir. Oleh karena itu Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN Redlist) memasmukkannya dalam spesies Vulnerable (Rentan).

Pemanfaatan Pohon Damar

Batang, daun, bunga, dan buah damar (Agathis dammara)

Batang, daun, bunga, dan buah damar (Agathis dammara)

Manfaat utama damar adalah diambil getahnya untuk dioleh menjadi kopal (manila copal). Getah damar keluar dari kulit atau kayu damar yang lukai. Getah yang keluar akan membeku dan mengeras setelah beberap hari. Getah damar yang mengeras nilah yang kemudian dinamai kopal.

Kopal ini mengandung asam-asam resinol, resin, dan minyak atsiri. Kopal merupakan bahan dasar bagi cairan pelapis kertas supaya tinta tidak menyebar. Selain itu kopal dimanfaatkan untuk campuran lak dan vernis, perekat pada penambal gigi, dan perekat plester.

Pohon damar juga bisa dijadikan pohon penghijauan dan peneduh. Sedangkan kayunya, meskipun kurrang kuat dan awet, kerap diperdagangkan sebagai bahan bangunan dengan nama ‘kayu agatis’.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan : Plantae. Filum : Tracheophyta. Kelas : Pinopsida. Ordo : Pinales. Famili : Araucariaceae. Genus : Agathis. Spesies : Agathis dammara.

Referensi dan Gambar :

www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/14376590 
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-4514 
www.conifers.org/ar/Agathis_dammara.php 
www.iucnredlist.org/details/202906/0 
id.wikipedia.org/wiki/Damar_%28pohon%29
Gambar : commons.wikimedia.org

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan flora Indonesia lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Pohon Damar Penghasil Damar Asli Indonesia

  1. Ping balik: Pohon Gaharu Penghasil Kayu Termahal | Alamendah's Blog

  2. haswan pratama berkata:

    saya temukan jenis damar dengan 2 jenis, ada bentuk damarnya berwarna kuning mendekati orange dan ada yg berbentuk seperti kaca hingga kekuning-kuningan

  3. dirga berkata:

    sangat membantu luaskan wawasan saya

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.