9 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

9 gunung tertinggi di pulau Jawa ini merupakan seri tulisan Alamendah’s Blog tentang gunung-gunung di Indonesia. Setelah sebelumnya menuliskan tentang 10 gunung tertinggi di pulau Sumatera, 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia, dan 10 puncak gunung terindah di Indonesia.

Sebagaimana pulau Sumatera, Jawa dilewati oleh pegunungan Sirkum Mediterania. Ini membuat pulau Jawa memiliki banyak gunung, mulai dari ujung barat hingga timur pulau Jawa. Tidak kurang dari puluhan gunung mendiami pulau ini.

Dari 6 provinsi di pulau Jawa, hanya provinsi DKI Jakarta saja yang tidak memiliki gunung. Selebihnya, mulai Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur semuanya memiliki gunung.

Dari puluhan gunung tersebut, gunung Semeru lah yang menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Namun di samping gunung Semeru, marilah kita kenali delapan gunung lainnya yang menempati urutan selanjutnya sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa.

1. Gunung Semeru, Jawa Timur, 3.676 meter dpl

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru atau Sumeru dan dikenal dengan puncaknya, Puncak Mahameru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa sekaligus gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.676 meter dpl. Gunung yang masuk wilayah kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini berada di kordinat 8°06′ LS dan 120°55′ BT. Bersama Gunung Bromo dan Tengger membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Alamendah’s Blog juga memasukkan gunung Semeru sebagai salah satu diantara 10 puncak gunung tercantik di Indonesia. Dengan statusnya sebagai gunung tertinggi dan memiliki pemandangan yang indah tidak mengherankan gunung Semeru menjadi gunung favorit para pendaki gunung.

2. Gunung Slamet, Jawa Tengah, 3.428 meter dpl

Taman Nasional

Gunung Slamet

Gunung tertinggi kedua adalah gunung Selamet dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Pun menjadikan gunung Slamet sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung berapi ini masuk dalam wilayah kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dengan posisi astronomis di koordinat 7° 14′ 30″ LS dan 109° 12′ 30″ BT.

3. Gunung Sumbing, Jawa Tengah, 3.371 meter dpl

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Dalam urutan ketiga gunung tertinggi di Jawa adalah gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 meter dpl. Gunung berapi dengan tipe stratovolcano ini terdapat di kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah. Secara astronomi berada pada koordinat 7° 23′ 2.4″ LS, 110° 4′ 12″ BT.

Klik pada gambar “<–” untuk ke halaman sebelumnya

Halaman sebelumnya Halaman berikutnya

Klik pada gambar “–>” untuk ke halaman berikutnya

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke 9 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

  1. aldilalala berkata:

    Gunung semeru masuk wilayah lumajang bang 😥

  2. semuaipa berkata:

    Udah tinggi, aktif lagi..

    makin serem aja ya buat pendaki

  3. Berikutnya kami tunggu info 10 puncak gunung tercantik di Indonesia ya Bang.

    Salam setengahx2 jari 🙂

  4. Pencerah berkata:

    jadi pengen berkunjung ke sana

  5. lali jiwo sangat gila medannya

  6. masalah gunung indah dilihat dan sejuk tapi mengerikan bila sedang aktif dan ingin meletus,,gawat apa lagi itu gunung yang paling tertinggi..

  7. aldilalala berkata:

    Semeru masuk wilayah lumajang bang 😥

  8. Lidya berkata:

    Saya malah gak tau nama-anam gunung tertinggi

  9. Abdurrazaq berkata:

    Kalau di DKI Jakarta banyak Gunung Beton.

  10. ahmad berkata:

    Gunung Sindoro sebagian besar masuk Wilayah kabupaten wonosobo beroooooo…

  11. . iyaa Mahmeru keren banget,Waku prtma kali kesanah aku berkata,klau aku sampai disnah,aapakah aku bisa plng,dgan slamat akhir.y aku slamat,,dan pemandangannya keren,apalagi danau Kumbolo,,

  12. indah puspita sari berkata:

    im suka sama gunung semeru

  13. indah puspita sari berkata:

    thanks atas informasiny

  14. tria utamie berkata:

    iya,,,,,trima ksih untuk informasinya,alhamdulillah udh prnh kelumajang dn mlht gunung semru dg nyta wlwpun gk smpet mndaki 😀

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.