Hari Air Sedunia (World Water Day)

Hari Air Sedunia atau World Water Day dan sering pula disebut sebagai World Day for Water merupakan hari perayaan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat sedunia (internasional) akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Peringatan Hari Air Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 22 Maret.

Pun pada tahun 2011. Peringatan hari air sedunia atau World Water Day dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2011 di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Sejarah Hari Air Sedunia. Berdasarkan sejarahnya Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992.

Logo Hari Air Sedunia 2011 dalam bahasa Inggris

Logo Hari Air Sedunia 2011 dalam bahasa Inggris

Pada Sidang Umum PBB ke-47 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992, keluarlah Resolusi Nomor 147/1993 yang menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.

Tema dan Logo Hari Air Sedunia. Setiap tahun peringatan Hari Air Sedunia memiliki tema dan logo tersendiri yang ditetapkan PBB. Sebagai contoh pada tahun 2009 silam tema yang diangkat adalah “Shared Waters Shared Opportunities” yang di-Indonesiakan menjadi “Air Bersama, Peluang Bersama”. Sedang pada Hari Air Sedunia tahun 2010 mengambil tema “Clean Water for a Healthy World“.

Tema Hari Air Sedunia 2011

Tema Hari Air Sedunia 2011

Dan kini pada peringatan Hari Air Sedunia tahun 2011, tema yang diangkat adalah “Water for Cities, Responding to The Urban Challenge“. Tema ini dialihbahasakan dalam tema hari air tingkat nasional menjadi “Air Perkotaan dan Tantangannya”.

Uniknya, logo resmi Hari Air Sedunia Tahun 2011 yang dirilis oleh http://www.worldwaterday2011.org (situs resmi World Water Day 2011) dibuat dalam 40 bahasa yang berbeda. Dan salah satu logo tersebut ternyata dibuat dalam bahasa Indonesia.

Logo Hari Air Sedunia dalam bahasa Indonesia

Logo Hari Air Sedunia dalam 40 bahasa yang salah satunya bahasa Indonesia

Hari Air Sedunia – Word Water Day Tahun 2011. Dari tema dan logo ini terlihat bahwa isu khusus yang diangkat PBB dalam Hari Air Sedunia tahun 2011 berkaitan dengan air di daerah perkotaan dan berbagai permasalahannya terutama terkait urbanisasi.

Di Indonesia yang katanya negeri kaya air, ternyata juga tidak terlepas dari persoalan air. Di kota-kota, berbagai permasalahan air telah menghantui setiap orang. Ketersediaan Air bersih yang semakin mahal dan langka serta pencemaran air menjadi masalah nyata terutama di kota-kota besar Indonesia.

Untuk itu, peringatan Hari Air Sedunia 2011 seharusnya menjadi tonggak awal kesadaran kita bahwa kita perlu melakukan tindakan nyata untuk menyelamatkan air kita. Tiga hal paling sederhana namun berdampak besar yang bisa kita lakukan adalah mulai hemat air, mengurangi pencemaran air, dan menanam air hujan.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang air dan alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke Hari Air Sedunia (World Water Day)

  1. Ping balik: Sambutan Menteri Negara Lingkungan Hidup dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2011 | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Hari Hari Lingkungan Hidup

  3. Ping balik: Berapa Banyak Air yang Bisa Kita Konsumsi? | Alamendah's Blog

  4. bram berkata:

    saya coppas ya mas?

  5. Ping balik: Bunga Tetepok (Nymphoides indica) Sang Water Snowflake | Alamendah's Blog

  6. Edward Ruruaf berkata:

    Dunia sdh mengakui akan pentingx air bagi kelestarian makhluk hidup dan tumbuhan, dan Pemerintah Indonesia sdh menetapkn UU Sumber Daya Air dan PP entah utk Air Permukaan maupun Air Tanah maka seharusnya tdk ada masalah mengenai air. Tapi kenyataanx air masih saja menjadi masalah apalagi di kota2 besar. Utk itu semua Pemda di Indonesia harus mengamankn UU Sumber Daya Air. Fungsi Air, entah Air Permukaan maupun Air Tanah harus diatur didlm PERDA setiap daerah di Indonesia. Saya ingin mengatakan disini bahwa Minyak bumi dan Gas itu penting, tetapi AIR lebih penting dari sekedar migas. AIR ADALAH UNIVERSAL. Minyak dan Gas dapat berlalu dan lenyap, dan tak seorangpun akan menangis, namun tidak untuk AIR, jika AIR lenyap, maka tangis setiap insan akan mengawali kehidupan yang beranjak cepat menuju sirna, lenyap dan kembali kosong meninggalkan materi yg gersang dlm planet yg pernah disebut bumi

  7. Ping balik: Tema dan Logo Hari Air Sedunia 2012 | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Peringatan Hari Air Dunia 2012 di Indonesia | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: Ketahanan Air dan Pangan di Indonesia | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Daftar Hari Peringatan (Perayaan) Lingkungan Hidup | noerainiastuti

  11. Ping balik: Daftar Hari Peringatan (Perayaan) Lingkungan Hidup : SMK Negeri 1 Pasuruan

  12. Ping balik: sigitari95

  13. Ping balik: Selamat Hari Air Dunia 2013 | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s