Peringatan Hari Air Dunia 2012 di Indonesia

Peringatan Hari Air Dunia 2012 akan dilaksanakan juga di Indonesia pada 22 Maret 2012. Peringatan Hari Air Dunia (World Water Day) 2012 di Indonesia akan mengangkat tema yang diadopsi dari tema internasional Peringatan Hari Air Sedunia.

Jika pada postingan terdahulu (Tema dan Logo Hari Air Sedunia 2012) saya sampaikan bahwa tema hari air dunia adalah “Water and Food Security” yang di-Indonesia-kan menjadi Air dan Ketahanan Pangan”, ternyata berdasarkan rapat persiapan Tim Pelaksana Panitia Nasional Peringatan Hari Air Dunia, tema yang diangkat mengalami sedikit perbedaan.

Tim Pelaksana Panitia Nasional Peringatan Hari Air Dunia bentukan Kementerian Pekerjaan Umum menetapkan tema nasional Peringatan Hari Air Dunia 2012 adalah “Ketahanan Air dan Pangan”. Mirip dengan tema internasional yang mengangkat Water and Food Security” namun agak berbeda karena lebih menekankan pada aspek airnya dibanding pangan.

Untuk urusan logo Hari Air Dunia 2012 di Indonesia, meskipun UN Water sebagai pelaksana kampanye Hari Air Sedunia telah menyediakan logo dalam bahasa Indonesia (dalam tulisan sebelumnya saya sampaikan belum), namun Kementerian Pekerjaan Umum-pun merilis logo resmi tersendiri untuk Peringatan Hari Air Dunia di Indonesia. Kedua logo tersebut hanya sedikit berbeda pada penulisan nama kegiatannya saja dimana dalam logo UN Water ditulis “Hari Air Sedunia” sedangkan pada versi Kementerian PU ditulis “Hari Air Dunia”.

Logo-hari-air-dunia-2012

Logo Hari Air Dunia 2012 di Indonesia

Dalam logo peringatan Hari Air Dunia di Indonesia juga dilengkapi dengan tanggal pelaksanaan (22 Maret 2012) dan tema yang diangkat (Ketahanan Air dan Pangan) di bagian bawah logo.

Logo Hari Air Sedunia

Logo Hari Air Sedunia dalam Bahasa Indonesia versi UN Water

Dalam melaksanakan peringatan Hari Air Dunia 2012, Kementerian Pekerjaan Umum melakukan kordinasi dan kerjasama dengan Kementerian Pertanian. Hal ini terkait dengan tema yang diangkat yang memang berkaitan dengan pangan yang merupakan proporsi Kementerian Pertanian.

Tema Hari Air Dunia di Indonesia ini tampaknya didasari atas rendahnya kualitas air minum di Indonesia. Kondisi ini membutuhkan sebuah konsep penanganan air minum yang tepat sejak mulai dari huli sampai hilir. Karena itu dalam rangkaian Hari Air Dunia 2012 ini salah satu kegiatan yang digelar adalah lokakarya “Rencana Pengamanan Air” (Water Safety Plan) yang akan dilaksanakan di Bogor.

Air memang masih menyisakan berbagai masalah yang pelik di Indonesia. Padahal dengan rata-rata curah hujan yang mencapai 2.779 milimeter pertahun, Indonesia seharusnya mampu menjadi negara yang kaya akan air. Sayangnya, 66% dari air hujan tersebut justru berubah menjadi bencana (banjir dan tanah longsor) yang menyengsarakan rakyat. Dan saat kemarau tiba, negara kaya air ini pun kekurangan air. Sebuah ironi.

Referensi:

Baca artikel tentang Air dan Lingkungan Hidup Lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Peringatan Hari Air Dunia 2012 di Indonesia

  1. Ping balik: Kekeringan Tamu Rutin di Indonesia | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Selamat Hari Air Dunia 2013 | Alamendah's Blog

  3. Hemat air ynag ada dan gunakan dengan bijak

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s