Anggrek Dendrobium lasianthera atau D. ostrinoglossum

Anggrek Dendrobium lasianthera dan Dendrobium ostrinoglossum sama-sama tercatat dalam daftar anggrek yang dilindungi dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999. Anggrek Dendrobium lasianthera disebut sebagai anggrek stuberi (stroberi) sedangkan D. ostrinoglossum tercatat sebagai anggrek karawai. Tapi ternyata dua nama yang dianggap sebagai dua spesies tersebut sejatinya adalah satu spesies yang sama.

Saat kita masukkan nama latin Dendrobium ostrinoglossum di kotak pencarian di http://www.theplantlist.org (situs daftar botanical names spesies tanaman yang dibuat Kebun Raya Missouri dan Royal Botanic Garden, Kew), yang kemudian muncul adalah “Dendrobium ostrinoglossum Rupp is a synonym of Dendrobium lasianthera J.J.Sm. This name is a synonym of Dendrobium lasianthera J.J.Sm..”

Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan anggrek yang hidup di Indonesia (Papua) dan Papua New Guinea. Di Indonesia dikenal sebagai anggrek stuberi, stroberi, atau strawbery. Dalam bahasa Inggris biasa anggrek ini dikenal sebagai Wooly Pollina Dendrobium, atau dengan nama varietasnya semisal May River Red dan Sepik Blue.

Anggrek Dendrobium lasianthera

Anggrek Dendrobium lasianthera atau Wooly Pollina Dendrobium, spesies ini sebenarnya sama dengan D. ostrinoglossum (gambar: http://www.orchidspecies.com)

Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya. Di alam liar biasa ditemukan hidup di sekitar daerah aliran sungai, rawa-rawa, dan hutan di dataran rendah Papua.

Ukuran tanaman anggrek Dendrobium lasianthera cukup besar, bisa mencapai lebih dari 1 meter. Anggrek ini mempunyai bunga yang indah. Dalam satu tandon bunga bisa muncul antara 10 – 30 kuntum bunga. Warna bunganya pun sangat bervariasi mulai dari merah, putih, biru, dan kekuningan dengan gradasi indah.

Masing-masing varietas anggrek ini mempunyai gradasi warna yang berbeda. Pada varietas May River Red memiliki warna kuning kecoklatan pada dasar bunga dengan semburat warna merah tua ditengahnya serta warna kuning tipis pada tepi kuntumnya. Pada varietas Sepik Blue dengan warna putih dan merah kecoklatan pada bagian tengah dengan labellum berwarna ungu kebiruan. Untuk varietas Veronica Somare mempunyai warna putih pada bagian tengahnya yang bergradasi warna kuning dan ungu kemerahan pada ujungnya.

Anggrek Dendrobium lasianthera ini memang sangat indah dan menawan. Sayang jika hanya sekedar nama spesiesnya saja sudah dibuat rancu oleh peraturan yang seharusnya melindunginya.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida. Ordo: Asparagales. Famili: Orchidaceae. Genus: Dendrobium. Spesies: Dendrobium lasianthera.

Referensi dan sumber gambar:

Baca artikel tentang flora dan Indonesia lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Anggrek Dendrobium lasianthera atau D. ostrinoglossum

  1. prih berkata:

    cantik sekali dendro spesies ini seperti berpitakan spiral

  2. Ping balik: Anggrek Terbesar dan Terkecil di Dunia | Alamendah's Blog

  3. naila berkata:

    artikelnya sangat bermanfaat. terima kasih sudah berbagi.

  4. Ping balik: Phalaenopsis violacea (Anggrek Kelip) nan Harum | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Jenis Anggrek Spesies Papua dan Gambar | Alamendah's Blog

  6. Anggreknya keren banget, perpaduan warna dan bentuknya unik-unik,,, thanks

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s