Aneka Nama Latin yang Berbau Seks

Aneka nama latin spesies yang berbau seks ini bukan dimaksudkan untuk nembak keyword. Dan saya mohon maaf sebelumnya jika artikel tentang nama latin ini terkesan vulgar. Namun harus kita akui, entah lantaran keusilan para taksonom, beberapa hewan dan tumbuhan ternyata mempunyai nama ilmiah yang berbau seks.

Beberapa nama latin hewan dan nama latin tumbuhan yang berbau seks itu diantaranya adalah:

Amorphophallus titanum

Amorphophallus titanum atau bunga bangkai (gambar: commons.wikimedia.org)

  • Amorphophallus. Amorphophallus adalah nama genus dari bunga bangkai atau suweg yang diantara jenisnya adalah A. titanum dan A. gigas. Phallus mempunyai arti sebagai ‘lingga’ atau penis yang sedang dalam keadaan ereksi. Sedangkan “Amorphos” merupakan bahasa Yunani Kuno yang berarti “cacat, tanpa bentuk”. Tampaknya nama ilmiah ini diilhami oleh bentuk tongkol bunganya yang menjulang tegak lurus.
Alysicarpus vaginalis

Tanaman Alysicarpus vaginalis, (gambar: indonesia.tropicalforages.info)

  • Alysicarpus vaginalis (L.) DC. Tumbuhan ini di Indonesia kadang disebut sebagai brobos, barobos, gude oyod, atau sesenep. Merupakan Tanaman merambat semusim yang terkadang dianggap sebagai gulma dan kerap dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Unsur seksnya tidak usah saya bahas lagi.
  • Cypraecassis testiculus (Linnaeus 1758); merupakan nama latin dari siput ‘Reticulated Cowry Helmet‘ yang hidup di pantai berbatu di Samudera Atlantik, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia. Testiculus merupakan bahasa latin yang menjadi asal usul kata testis (nama kelenjar pada alat kelamin pria).
Eroticoscincus graciloides

Kadal dari genus Eroticoscincus (gambar: http://www.arod.com.au)

  • Eroticoscincus Wells & Wellington, 1984. Adalah kadal hutan hujan subtropis yang hidup di Queensland, Australia dan biasa dikenal sebagai Elf skink atau Kadal Asmara. 
Labia minor

Serangga Labia minor (gambar: commons.wikimedia.org)

  • Labia minor Linnaeus. Mendengar nama ini tentunya akan langsung teringat akan bagian dari alat kelamin perempuan yang terletak di belakang labia mayora. Ternyata istilah ini digunakan juga sebagai nama latin serangga sejenis ‘earwig’ yang di Sunda dikenal sebagai Cocopét.
  • Orchidaceae. Merupakan nama suku dari berbagai jenis anggrek. Orchidaceae diambil dari bahasa Yunani “orkhis” yang berarti ‘testis’. Ini mengacu pada penampilan umbi semu (pseudobulb) tanaman yang menggembung. Juga terkait mitos tentang anggrek terestrial yang muncul dari tumpahan air mani hewan kawin.
Phallus drewesii

Jamur Phallus drewesii (gambar: sciencedaily.com)

  • Phallus drewesii Desjardin, 2009. Nama ilmiah dari sejenis jamur kecil yang tumbuh menyamping dan menyerupai alat kelamin pria ini diberikan oleh penemunya, Denis Desjardin dan Brian Perry (San Fransisco State University), sebagai ungkapan rasa humor atas sahabat mereka Robert Drewes, seorang kurator Herpetologi yang bekerja di California Academy Of Sciences. Tentunya atas izin yang bersangkutan. Drewes banyak membantu memberikan penjelasan tentang pulau Sao Pome, habitat endemik jamur tersebut.
  • Penicillus vaginiferous Lamarck, 1818. Sejenis kerang laut yang hidup di pesisir Kepulauan Dampier, Australia Barat.
Verpa penis

Kerang Verpa penis

  • Verpa penis Linnaeus, 1798. Bersinonim dengan Penicillus penis, Brechites penis, dan Serpula penis, merupakan sejenis bivalvia (kerang-kerangan) yang tersebar di perairan Afrika hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Itulah beberapa nama latin unik yang berbau seks. Semoga dengan mengetahuinya tidak menambah ‘kotor pikirannya’ dengan hal-hal cabul. Justru menyadarkan kita bahwa di tengah keseriusan dalam mengklasifikasi hewan dan tumbuhan terkadang muncul keisengan dan keusilan.

Melengkapi keisengan dalam taksonomi sobat bisa membaca juga artikel “Nama Latin yang Unik dan Aneh“. Sedangkan untuk daftar nama ilmiah lainnya dapat dibaca di:

Referensi dan Gambar: http://www.curioustaxonomy.net dan beberapa lainnya.

Baca artikel tentang flora dan fauna lainnya:


Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Aneka Nama Latin yang Berbau Seks

  1. Orin berkata:

    alasan penamaannya logis ya mas, tapi keknya beneran iseng deh para toksonomnya hihihihi

  2. Ping balik: Nama Ilmiah Satwa yang Memakai Nama Tokoh Dunia | Alamendah's Blog

  3. fahmyramdani berkata:

    informasi nya sangat manfaat gan,,, saya salut ama kreatifitas nya

  4. duanaud berkata:

    hehehe.. kurang lengkap tanpa memasukkan si Kembang Telang (Clitoria ternatea).. yang udah belajar biologi pasti langsung tau arti dari nama genus itu yaa.. sementara itu nama penunjuk jenis (ternatea) mungkin karena pertama kali di candra dari Ternate atau species type nya berasal dari Ternate.. Baru-baru ini saya dapet info dari teman yg berasal dari Halmahera, katanya nama ‘Kembang Telang’ itu juga artinya (kata-kata ‘Telang’) berbau seks juga.. bahkan sang teman itu terlihat begitu ‘ragu-ragu’ kalo harus menyebutkan nama jenis kacang-kacangan perambat ini dalam bahasa daerah.. Tapi si sinilah serunya, setidaknya nama-nama latin yg unik membantu kita mudah menghafal/mengingat nya… 🙂

  5. jujubandung berkata:

    judulnya sangat menggoda..:)

  6. Joe berkata:

    haha mirip mirip alat kelamin pria yah bentuknya :))
    nico post sob

  7. jasa keren berkata:

    info yg sangat luar biasa dan menambah info yg cukup untuk di share lagi. hehehehehehehehe

  8. khaidir berkata:

    itu mn nama hewan

  9. Mesin Kasir Top berkata:

    hahahahaaa .. .
    namanya aneh aneh gan 😀

  10. Riska Amelia berkata:

    ma’af gan, tolong dong plea……..s deh. saya pengen tau nama nama bahan jamu istilah latin nya terlebih yang berkaitan dengan itu tuuuuuh…. contoh nya: epimedium, cuscuta, ginko biloba dll.
    afdol nya sama asiat nya juga ya……. hehehehehe
    mks ya gan sblm nya.

  11. misnawati berkata:

    bisa nya ya ada nama latin seperti itu,,,membuat orang kurang enak nyebutnya……

  12. njowotenan berkata:

    Iso mesum juga ternyata,hahaha

  13. Suroso berkata:

    Adakah informasi nama2 pohon tersebut dibukukan?..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s