Aneka Nama Latin yang Berbau Seks

Aneka nama latin spesies yang berbau seks ini bukan dimaksudkan untuk nembak keyword. Dan saya mohon maaf sebelumnya jika artikel tentang nama latin ini terkesan vulgar. Namun harus kita akui, entah lantaran keusilan para taksonom, beberapa hewan dan tumbuhan ternyata mempunyai nama ilmiah yang berbau seks.

Beberapa nama latin hewan dan nama latin tumbuhan yang berbau seks itu diantaranya adalah:

Amorphophallus titanum

Amorphophallus titanum atau bunga bangkai (gambar: commons.wikimedia.org)

  • Amorphophallus. Amorphophallus adalah nama genus dari bunga bangkai atau suweg yang diantara jenisnya adalah A. titanum dan A. gigas. Phallus mempunyai arti sebagai ‘lingga’ atau penis yang sedang dalam keadaan ereksi. Sedangkan “Amorphos” merupakan bahasa Yunani Kuno yang berarti “cacat, tanpa bentuk”. Tampaknya nama ilmiah ini diilhami oleh bentuk tongkol bunganya yang menjulang tegak lurus.
Alysicarpus vaginalis

Tanaman Alysicarpus vaginalis, (gambar: indonesia.tropicalforages.info)

  • Alysicarpus vaginalis (L.) DC. Tumbuhan ini di Indonesia kadang disebut sebagai brobos, barobos, gude oyod, atau sesenep. Merupakan Tanaman merambat semusim yang terkadang dianggap sebagai gulma dan kerap dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Unsur seksnya tidak usah saya bahas lagi.
  • Cypraecassis testiculus (Linnaeus 1758); merupakan nama latin dari siput ‘Reticulated Cowry Helmet‘ yang hidup di pantai berbatu di Samudera Atlantik, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia. Testiculus merupakan bahasa latin yang menjadi asal usul kata testis (nama kelenjar pada alat kelamin pria).
Eroticoscincus graciloides

Kadal dari genus Eroticoscincus (gambar: http://www.arod.com.au)

  • Eroticoscincus Wells & Wellington, 1984. Adalah kadal hutan hujan subtropis yang hidup di Queensland, Australia dan biasa dikenal sebagai Elf skink atau Kadal Asmara. 
Labia minor

Serangga Labia minor (gambar: commons.wikimedia.org)

  • Labia minor Linnaeus. Mendengar nama ini tentunya akan langsung teringat akan bagian dari alat kelamin perempuan yang terletak di belakang labia mayora. Ternyata istilah ini digunakan juga sebagai nama latin serangga sejenis ‘earwig’ yang di Sunda dikenal sebagai Cocopét.
  • Orchidaceae. Merupakan nama suku dari berbagai jenis anggrek. Orchidaceae diambil dari bahasa Yunani “orkhis” yang berarti ‘testis’. Ini mengacu pada penampilan umbi semu (pseudobulb) tanaman yang menggembung. Juga terkait mitos tentang anggrek terestrial yang muncul dari tumpahan air mani hewan kawin.
Phallus drewesii

Jamur Phallus drewesii (gambar: sciencedaily.com)

  • Phallus drewesii Desjardin, 2009. Nama ilmiah dari sejenis jamur kecil yang tumbuh menyamping dan menyerupai alat kelamin pria ini diberikan oleh penemunya, Denis Desjardin dan Brian Perry (San Fransisco State University), sebagai ungkapan rasa humor atas sahabat mereka Robert Drewes, seorang kurator Herpetologi yang bekerja di California Academy Of Sciences. Tentunya atas izin yang bersangkutan. Drewes banyak membantu memberikan penjelasan tentang pulau Sao Pome, habitat endemik jamur tersebut.
  • Penicillus vaginiferous Lamarck, 1818. Sejenis kerang laut yang hidup di pesisir Kepulauan Dampier, Australia Barat.
Verpa penis

Kerang Verpa penis

  • Verpa penis Linnaeus, 1798. Bersinonim dengan Penicillus penis, Brechites penis, dan Serpula penis, merupakan sejenis bivalvia (kerang-kerangan) yang tersebar di perairan Afrika hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Itulah beberapa nama latin unik yang berbau seks. Semoga dengan mengetahuinya tidak menambah ‘kotor pikirannya’ dengan hal-hal cabul. Justru menyadarkan kita bahwa di tengah keseriusan dalam mengklasifikasi hewan dan tumbuhan terkadang muncul keisengan dan keusilan.

Melengkapi keisengan dalam taksonomi sobat bisa membaca juga artikel “Nama Latin yang Unik dan Aneh“. Sedangkan untuk daftar nama ilmiah lainnya dapat dibaca di:

Referensi dan Gambar: http://www.curioustaxonomy.net dan beberapa lainnya.

Baca artikel tentang flora dan fauna lainnya:


Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Aneka Nama Latin yang Berbau Seks

  1. yoriyuliandra berkata:

    Heheh… postingan dw
    But nice overall… btw, Duranta erecta nggak masuk ya mas…? :mrgreen:

  2. anny berkata:

    Pernah lihat tayangan di tv beberapa ilmuwan ngasih nama klasifikasi tumbuhan dan hewan ini pakai referensi berbagai buku dan informasi lainnya, terlihat sangat ribet dan dibutuhkan kejelian agar tak terjadi dobel kasih nama 😀
    btw keisengan ini mungkin sedikit membuat mereka punya kesegaran saat bekerja hehehe 😀

  3. yadibarus berkata:

    sumpah mas, aku ndak bisa cium bau sexnya….hahahahah but thanks anyway

  4. Applausr berkata:

    eh iya ya … betul juga kok berbau unsur unsur itu… hehehe… kalau nembak keyword juga yang ke blog ini juga langsung males ya khan… di suguhi pohon pohonan gitu ya… hehehhe

  5. Buku Baru berkata:

    baru tahu saya kang, ternyata nama latinnya sperti itu

  6. Ismail Agung berkata:

    nama-namanya pas banget. langsung kebayang bentuknya kalo tahu arti namanya.

    nice

  7. marsudiyanto berkata:

    Meski nama itu berbau seks tapi karena latin, maka bagi telinga Jawa saya masih asyik2 saja…
    Yang nggak asyik adalah kalau pakai bahasa daerah…
    Bahasa Pragola Pati gitu

  8. Idah Ceris berkata:

    Ilmu Baru lagi untuk idah. . )

    Nama dalam latin memang berbau seks, tapi itu kenyataan. 🙂

  9. Blogger Biasa berkata:

    Di Ujungkulon juga ada sejenis tripang yang diberi nama berbau sex: “kontol kolot” yang artinya penis orangtua.. dinamai demikian karena bentuknya yang memang mirip penis dan hewan laut itu biasanya langsung menyemburkan cairan putih mirip sperma ketika ditangkap.. mirip penis orang lemah syahwat.. peltu, begitu nempel langsung metu.. ha ha ha.. ; ))

  10. Imelda berkata:

    paling ngga suka yg labia minor deh… kayaknya serangga yang jahat tuh

  11. fitr4y berkata:

    mungkin awalnya mereka memberi nma asal jadi dan main-main, ternyata nama itu digunakan oleh dunia.. hehehe lucu juga..

    salam sukses 🙂

  12. kaget berkata:

    Satu kata mas,… paling suka liat gambar jamur Phallus, tegar terus…
    :p

  13. agus heryana berkata:

    hoho…. eractus, bagus mas … !!!

  14. komuter berkata:

    mantaps kk
    walaupun ilmiah, tapi karena berbau seks maka bisa SEO juga sih

  15. R-Wasp berkata:

    Karena bentuknya dianggap mirip alat kelamin manusia, maka kemudian dipilihlah nama latin yang ‘menjurus’ 😆

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.