Nama Latin yang Unik, Lucu, dan Aneh

Nama latin yang unik, lucu, dan aneh ini mungkin bisa membuat kita tersenyum atau geleng-geleng kepala. Dan mungkin pula kita tidak pernah menyangka jika sebuah nama latin (baik nama latin tumbuhan ataupun nama latin hewan) yang menjadi nama resmi sebuah spesies ternyata mempunyai kesan unik, lucu, bahkan aneh.

Mungkin para taksonom pun disela-sela keseriusannya meneliti sebuah organisme muncul keisengan-keisengan yang kemudian menciptakan nama latin yang lucu, unik, dan aneh. Berikut beberapa nama latin yang unik, lucu, dan aneh.

Nama ilmiah yang terpanjang

  • Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides; merupakan nama sejenis lalat. Coba hitung, 42 huruf hanya untuk menyebut nama seekor lalat.

Nama ilmiah (latin) terpendek

  • Ia io (Thomas, 1902); merupakan nama Kelelawar China (Great Evening Bat) yang hidup di Cina , India, Laos, Nepal, Thailand, dan Vietnam.

Nama latin dari tokoh fiksi

  • Calumma tarzan; Merupakan nama latin dari spesies Bunglon si Madagaskar
  • Pteropus vampyrus; Tokoh fiksi vampir mengilhami nama latin kelelawar pemakan buah yang sering disebut juga sebagai Kalong, Kalang, atau Large Flying Fox. Hewan ini bisa ditemui di Asia Tenggara termasuk di Indonesia(Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara).

    Pteropus vampyrus

    Pteropus vampyrus

  • Hortipes terminator; merupakan sejenis laba-laba yang hidup di Kongo.

Yang Unik dan Aneh Lainnya

  • Abracadabrella spp.; merupakan genus laba-laba yang hidup di Australia. Laba-laba ini terdiri atas tiga spesies yakni Abracadabrella Birdsville, Abracadabrella, dan Abracadabrella Lewiston.
    Membaca nama genusnya kita pasti langsung ingat dengan sulap, abrakadabra!
  • Amorphophallus; adalah sekelompok tumbuhan yang dikenal sebagai bunga bangkai. Spesiesnya antara lain Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai Raksasa) dan Amorphophallus gigas (bunga Bangkai Sumatera). Kata Amorphophallus berasal dari bahasa Yunani Kuno “Amorphos” yang berarti “cacat, tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”.

    Amorphophallus titanum

    Amorphophallus titanum

  • Oedipus komplex (Dunn, 1924); merupakan sinonim dari Oedipina komplex yakni sejenis Salamander (sejenis amphibi yang berekor dan berkaki) yang hidup di Amerika Selatan. Kedua nama latin tersebut pasti langsung mengingatkan kita pada tahapan perkembangan psikoseksual di masa anak-anak atau bahkan pada salah satu jenis kelainan jiwa.
  • Corydalis aeaeae; Adalah tanaman yang di China dikenal sebagai ‘yan wu dao zi jin’. Perhatikan nama spesiesnya, hanya terdiri atas huruf “ae” yang diulang tiga kali.
  • Scilla mischtschenkoana; Hati-hati membaca nama bunga ‘white squill’ asal Rusia ini jika tidak ingin lidahnya keseleo lantaran mengeja 7 huruf konsonan berurutan.
  • Salacca zalacca; Nama latin untuk kelapa sawit inipun tergolong unik, hanya berbeda huruf depannya saja.
  • Babyrousa babirussa; Nama latin untuk Babirusa ini antara nama genus dan spesiesnya sangat mirip apalagi dalam hal pegucapannya.
  • Xanthocephalus xanthocephalus; Burung Yellow-headed Blackbird asal Amerika Latin.

Ternyata keisengan terkadang juga muncul saat pembuatan nama ilmiah.

Baca artikel tentang fauna, flora, dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora, satwa dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke Nama Latin yang Unik, Lucu, dan Aneh

  1. riez berkata:

    Maka dari itu kenapa saya memilih masuk IPS waktu SMA dulu….heheh sulit-sulit namanya

  2. wah kalongnya memang mirip sama vampir mas ….

  3. Danu Akbar berkata:

    Ia io
    singkat banget ya mas. 😀

  4. Dhenok Habibie berkata:

    nama2 latin itu mengingatkan saya dengan film Harry Potter mas, hehe.. sekilas mah hampir2 mirip gitu bacanya.. 😀

  5. dey berkata:

    lidahnya belibet ya kalo ngucapin nama2 latin itu .. hehe

  6. CHIPMEDIA berkata:

    Lidahku meh keseleo merapal nama nama latin itu sob….. 😀 😀 😀 …..

  7. Jadi ingat waktu belajar biologi di SMA. Menghafalkan nama latin merupakan hal yg paling ribet coz selain pelafalannya yg sulit juga bukan bahasa kita he he. Tapi mengetahui nama-nama latin tumbuhan dan binatang yg unik dan lucu merupakan hiburan tersendiri. Makasih ilmunya mas

  8. arif berkata:

    saya ga sampe geleng2 kepala kang alam, cuma senyum2 saja, namanya unyu2 hehehehe …

  9. anny berkata:

    Mas Alam, terus terang saja itu nama latin suka bikin keriting otak saya untuk mengingatnya hehehe…..inget pel biologi saat SMA saya masuk jurusan A2 hihi makanannya nama2 latin gini 😀

  10. choirul berkata:

    Yang aeaeae itu lho bikin ketawa aja… kayak nyanyi aja ya waktu buat…

  11. kakaakin berkata:

    Bener-bener unik dan kocak nama-nama latinnya ya, Mas… 😀
    Ntar kalo mau ngasih nama anak, jangan sampe pengen asal keren aja. Sok kebarat2an, eh… malah dikasih nama Amorphophallus, panggilannya ‘amor’, hahaha…

  12. HALAMAN PUTIH berkata:

    Nama latin memang sulit diucapkan apalagi diingat. Saya malah teringat ada nama latin yang cantik untuk tanaman garut “Maranta Arundinaceae”. Besok ngebahas tanaman pangan alternatif di Indonesia mas.

  13. Purwanto berkata:

    paling sangar Hortipes terminator… lihat namanya membayangkan sang laba-laba itu besar dan cool kayak terminator…

  14. XAMthone Plus berkata:

    meskipun nama latin sering muncul tapi artikel nya sangat menarik

  15. Lamunadi berkata:

    nama latin untuk padi = oryza sativa
    melinjo = gnetum gnemon
    ….. 😎 …..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.