Mengkudu (Pace) Tak Seksi Tapi Sejuta Khasiat

Mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) memiliki bentuk buah yang tak seksi bahkan baunya menyengat. Namun buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) mempunyai sejuta khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Pohon mengkudu atau pace yang diyakini sebagai tanaman asli Asia Tenggara sejak lama telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, reumatik, darah tinggi, diabetes, ginjal, kanker, alergi, asma, dan lainnya. Khasiat ini disebabkan mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki kandungan vitamin, kalsium, kalium, protein, antioksidan, dan lainnya.

Mengkudu atau pace di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai keumeudee (Aceh), pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu, cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah, wengkudu (Bali). Nama latin tanaman mengkudu adalah Morinda citrifolia yang bersinonim dengan Bancudus latifolia. Di Hawaii dan Tahitti Mengkudu yang mempunyai sejuta khasiat ini mempunyai nama unik; Noni dan Nono.

Ciri-ciri Mengkudu. Pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) berukuran sedang dengan tinggi sekitar 6 meter. Dahannya kasar dengan batang bengkok-bengkok. Kulit kayu berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan.

Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)

Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)

Daun mengkudu tebal, besar, berwarna hijau mengkilat dengan bentuk lanset. Bagian tepi rata, ujung daun meruncing. Bunga pohon mengkudu atau pace berbentuk bonggol dengan gagang sepanjang 1-4 cm yang tumbuh di ketiak daun. Bunga pace ini berwarna putih dengan bau harum.

Dari kelopak bunga tumbuh menjadi buah berbentuk lonjong dengan diameter hingga 10 cm. Permukaan buah mengkudu seperti bersegi banyak dengan bintik-bintik seperti kutil. Saat muda buah berwarna hijau kemudian menjadi putih kekuningan saat menjelang masak. Setelah masak warna buah mengkudu menjadi putih transparan dan lunak. Daging buah tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat kemerahan. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya tengik seperti keju busuk.

Khasiat Mengkudu. Meskipun bentuk buah mengkudu tidak seksi dan buruk serta mempunyai bau yang tidak sedap ternyata mengkudu (Morinda citrifolia) mempunyai multi fungsi dan sejuta khasiat sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit.

Zat nutrisi yang terkadung dalam buah mengkudu sangat lengkap. Mulai dari protein, vitamin, hingga berbagai mineral terkadung dalam buah ini. Berbagai senyawa yang dimiliki buah pace antara lain xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terpenoid, scolopetin, hingga antioksidan semisal selenium, dan zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin.

Kandungan nutrisi dan senyawa yang dimiliki buah mengkudu mampu menyembuhkan hingga puluhan jenis penyakit mulai dari darah tinggi, kolesterol, stroke, kanker, asam urat, diabetes, kelemahan seksual, rasa nyeri, depresi, gangguan ginjal, dan stres, hingga menyembuhkan gangguan pencernaan, obesitas, alergi, sulit tidur, meningkatkan daya konsentrasi hingga daya seksual.

Kini, buah mengkudu banyak dikemas dalam bentuk jus atau sari buah. Sehingga buah mengkudu yang semula berasa kurang enak dan beraroma kurang sedap, diolah sedemikian rupa sehingga lebih nikmat diminum seperti halnya sirup atau jus buah biasa. Ada juga yang diolah dalam bentuk kapsul. Di samping untuk keperluan obat yang dikonsumsi dalam bentuk jus, buah mengkudu juga dikemas dalam bentuk sampo, conditioner, hair tonic, dan hair treatment.

Untungnya pohon mengkudu dengan buahnya yang meskipun tidak seksi tetapi memiliki sejuta manfaat ini bukan tergolong pohon yang langka. Selain itu untuk membudidayakan pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) ini juga mudah. So, tertarik untuk ikut menanam pohon dengan sejuta khasiat.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Ordo: Gentianales; Famili: Rubiaceae; Genus: Morinda; Spesies: Morinda citrifolia.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang tumbuhan dan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Mengkudu (Pace) Tak Seksi Tapi Sejuta Khasiat

  1. hanfi berkata:

    saya sudah merasakan khasiat mengkudu ini untuk mengobati maag saya. alhamdulillah sembuh dan tak kambuh lagi.

  2. hanfi berkata:

    memang hebat mengkudu ini.dan saya sudah merasakan khasiatnya.

  3. Asop berkata:

    Ini dia, yang dulu rutin dikonsumsi ayah dan ibu saya. 😀
    Sebagai anak kecil, saya gak suka baunya. 😆
    Tapi sekarang bagi saya biasa2 aja. 😉

  4. Nuraeni berkata:

    emmmpht….

    di daerah aku banyak tuch pohon mengkudu
    tapi banyak yang berjatuhan jadi gax ke pakai…

    • Misbahul irhas berkata:

      Bisnis kecil-kecilan gan.
      Gua menerima
      “buah mengkudu ”
      tanpa batas
      -warna putih
      -gak luka
      -gak gores
      -gak benjut
      -gua beli 1500/kg
      anterin ke tempat gua
      -p0sisi puger.
      Sms gua
      087757657303

  5. Ping balik: Tumbuhan Sarang Semut dengan Simbiosis yang Unik | Alamendah's Blog

  6. KASAN berkata:

    Ya, buah mengkudu sekalipun bau dan bentuknya kurang simpatik, Alhamdulillah terbukti telah menyembuhkan sakit kembung, kurang darah dan sulit tidur saya. Terimakasih ya Allah yg telah menciptakan buah mengkudu untuk kemaslahatan umat manusia.

  7. nayla berkata:

    beberapa tahun lalu – buah ini menjadi trend di kampung saya, masyarakat rame-rame menanamnya, tapi saat ini pada kurang terurus, dibiarkan begitu saja, padahal kalo serius mungkin bisa dibudidayakan dan bisa berpeluang menjadi bisnis yang bagus prospeknya jika memiliki lahan yang cukup :-)..

  8. sonya berkata:

    mau mengolah pace menjadi buah yang enak rasanya tapi juga khasiatnya tidak hilang tetep luar biasa.masih susah nich untuk mengurangi bau dari buah pace yang menyengat, tapi rasanya udah nikmat looh…!Insya Allah anak kecilpun akan suka dg olahanku ini hehe…

  9. Ping balik: Daftar Nama Tumbuhan (Tanaman) dan Nama Latin | Alamendah's Blog

  10. Heldazya Nabila berkata:

    luar biasa sekali khasiat dan manfaat dari si ratu buah pace atau mengkudu ini, setelah meminum buah ini khasiat nya benar-benar langsung terasa.

  11. Ping balik: Mahkota Dewa Tanaman Obat Sejuta Manfaat | Alamendah's Blog

  12. Ping balik: Sembung, Daun dan Akar Kaya Manfaat | Alamendah's Blog

  13. Raras berkata:

    sangat bagus ternyata khasiat mengkudu, namun memang kaang banyak orang yang gak tahan dengan baunya yang agak menyengat, kadang mengkonsumsi kapsul, namun menurut saya, kapsul bisa saja kurang khasiatnya karena selama pemrosesan biasanya ada zat-zat berguna yang terbuang, makasyih

  14. Inzanami berkata:

    biar khasiatnya terasa, apa perlu dikonsumsi setiap hari?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s