Mengkudu (Pace) Tak Seksi Tapi Sejuta Khasiat

Mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) memiliki bentuk buah yang tak seksi bahkan baunya menyengat. Namun buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) mempunyai sejuta khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Pohon mengkudu atau pace yang diyakini sebagai tanaman asli Asia Tenggara sejak lama telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, reumatik, darah tinggi, diabetes, ginjal, kanker, alergi, asma, dan lainnya. Khasiat ini disebabkan mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki kandungan vitamin, kalsium, kalium, protein, antioksidan, dan lainnya.

Mengkudu atau pace di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai keumeudee (Aceh), pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu, cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah, wengkudu (Bali). Nama latin tanaman mengkudu adalah Morinda citrifolia yang bersinonim dengan Bancudus latifolia. Di Hawaii dan Tahitti Mengkudu yang mempunyai sejuta khasiat ini mempunyai nama unik; Noni dan Nono.

Ciri-ciri Mengkudu. Pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) berukuran sedang dengan tinggi sekitar 6 meter. Dahannya kasar dengan batang bengkok-bengkok. Kulit kayu berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan.

Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)

Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)

Daun mengkudu tebal, besar, berwarna hijau mengkilat dengan bentuk lanset. Bagian tepi rata, ujung daun meruncing. Bunga pohon mengkudu atau pace berbentuk bonggol dengan gagang sepanjang 1-4 cm yang tumbuh di ketiak daun. Bunga pace ini berwarna putih dengan bau harum.

Dari kelopak bunga tumbuh menjadi buah berbentuk lonjong dengan diameter hingga 10 cm. Permukaan buah mengkudu seperti bersegi banyak dengan bintik-bintik seperti kutil. Saat muda buah berwarna hijau kemudian menjadi putih kekuningan saat menjelang masak. Setelah masak warna buah mengkudu menjadi putih transparan dan lunak. Daging buah tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat kemerahan. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya tengik seperti keju busuk.

Khasiat Mengkudu. Meskipun bentuk buah mengkudu tidak seksi dan buruk serta mempunyai bau yang tidak sedap ternyata mengkudu (Morinda citrifolia) mempunyai multi fungsi dan sejuta khasiat sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit.

Zat nutrisi yang terkadung dalam buah mengkudu sangat lengkap. Mulai dari protein, vitamin, hingga berbagai mineral terkadung dalam buah ini. Berbagai senyawa yang dimiliki buah pace antara lain xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terpenoid, scolopetin, hingga antioksidan semisal selenium, dan zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin.

Kandungan nutrisi dan senyawa yang dimiliki buah mengkudu mampu menyembuhkan hingga puluhan jenis penyakit mulai dari darah tinggi, kolesterol, stroke, kanker, asam urat, diabetes, kelemahan seksual, rasa nyeri, depresi, gangguan ginjal, dan stres, hingga menyembuhkan gangguan pencernaan, obesitas, alergi, sulit tidur, meningkatkan daya konsentrasi hingga daya seksual.

Kini, buah mengkudu banyak dikemas dalam bentuk jus atau sari buah. Sehingga buah mengkudu yang semula berasa kurang enak dan beraroma kurang sedap, diolah sedemikian rupa sehingga lebih nikmat diminum seperti halnya sirup atau jus buah biasa. Ada juga yang diolah dalam bentuk kapsul. Di samping untuk keperluan obat yang dikonsumsi dalam bentuk jus, buah mengkudu juga dikemas dalam bentuk sampo, conditioner, hair tonic, dan hair treatment.

Untungnya pohon mengkudu dengan buahnya yang meskipun tidak seksi tetapi memiliki sejuta manfaat ini bukan tergolong pohon yang langka. Selain itu untuk membudidayakan pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) ini juga mudah. So, tertarik untuk ikut menanam pohon dengan sejuta khasiat.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Ordo: Gentianales; Famili: Rubiaceae; Genus: Morinda; Spesies: Morinda citrifolia.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang tumbuhan dan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Mengkudu (Pace) Tak Seksi Tapi Sejuta Khasiat

  1. susisetya berkata:

    mengkudu itu gak ebak dilihat dan gak enak dirasa tapi ternyata berjuta manfaat…

  2. sayang bgt, walopun khasiat nya banyak, tapi one sama sekali gak suka..
    Hadoohh

  3. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Bentuk tidak seseksi pisang ambon, harum tak sewangi duren, tapi khasiatnya pisang dan duren jauh dibawah buah mengkudu, Pernah lihat buahnya tapi baru sedikit tahu khasiatnya kang, disini saya jadi tau kasiat lain dari buah pace, makasih kang Alam
    Salam Takzim Batavusqu

  4. Uchan berkata:

    wah mengkudu baunya mang ngga banget

    cuma kalo inget khasiat alaminya, saya tetep minum sarinya 😀

  5. Rahad berkata:

    dulu waktu SMP benci banget sama buah yg satu ini. gara2 banyak berjatuhan di halaman sekolah, jd rawan keinjek. dan kalo udh keinjek baunya kemana mana
    tapi ternyata khasiatnya mantap sekali

  6. Belajar Komputer berkata:

    banyak manfaat, tapi saya tidak tahan dengan baunya mas, ada tips ya biar tidak berbau saat di konsumsi 🙂

  7. Sofyan berkata:

    ternyata khasitanya seksi banget ya Mas meski bentuknya tak seksi hehehe…ditempat saya pohon mengkudu banyak Mas..kadang² dibuat rujakan,,

  8. Kakaakin berkata:

    Haha.. pohon ini ada di samping rumah saya, Mas.
    Kebetulan om saya beberapa hari ini merebus buah bengkudu bersama bahan tanaman obat yang lain, untuk menjaga kesehatan.
    Tapi baunya itu loh, Mas… Serumahan kena imbasnya 😀

  9. Guusn berkata:

    memang kebanyakan tanaman khas indonesia memiliki khasiat, salah satunya mengkudu ini. tapi baunya kurang suka 😀

  10. arif berkata:

    dulu depan rumah, tetangga punya, memang katanya berkahsiat meski saya tak suka baunya 😀

  11. gadgetboi berkata:

    udah lama enggak liat pohon mengkudu

  12. mama-nya Kinan berkata:

    Wah manfaatnya banyak yah pak..saya juga sering dikasih tahu ibuk saya bahwa khasiatnya banyak tapi sayang saya tidak tahan sama bau mengkudu yang dah mateng..jadi masih blom doyang mengkonsumsi buah langsungnya..kalo berupa pil ekstraksi nya mungkin ok lah..:)
    makasih sharingnya pak..:)

  13. Baju Tanah Abang berkata:

    seumur-umur saya belum perna ngerasain bagaimana rasanya buah mengkudu…tapi boleh jua tu dicoba…

  14. Baju Tanah Abang berkata:

    wahh saya belum pernah makan yang namanya mengkudu…rasanya gmana ya…tapi boleh jua tu..banyak manfaatnya…

  15. Baunya ampun, gimana kl di kerinkan lalu buat kapsul.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.