Hewan yang Paling Banyak Dikonsumsi

Hewan apa yang paling banyak dikonsumsi manusia di seluruh dunia?. Sebuah artikel sederhana di situs National Geografic Indonesia mengungkapnya. Meski tidak menyebutkan dengan pasti sumber data tentang hewan yang paling banyak dikonsumsi (dimakan) manusia tersebut, tetapi jumlah binatang untuk konsumsi ini gak ada salahnya kita ketahui.

Berdasarkan data National Geographic Indonesia, selama tahun 2009 hewan terbanyak yang dikonsumsi manusia di seluruh dunia adalah ayam yang mencapai 52 miliar ekor. Disusul kemudian oleh bebek dan babi dengan masing-masing 2,6 miliar dan 1,3 miliar.

Selengkapnya dapat dilihat dengan meng-klik gambar berikut.

Hewan untuk konsumsi

Jumlah hewan untuk konsumsi. Klik untuk memperbesar gambar

Atau biar mudah saya sajikan dalam tabel Jumlah Binatang untuk Konsumsi Seluruh Dunia Tahun 2009 sebagai berikut:

No

Nama Umum

Nama Ilmiah

Jumlah (ekor)

1

Ayam

Gallus gallus domesticus

52 miliar

2

Bebek

Famili Anatidae

2,6 miliar

3

Babi

Sus sp.

1,3 miliar

4

Kelinci

Famili Leporidae

1,1 miliar

5

Kalkun

Meleagris sp.

633 juta

6

Domba

Ovis aries

518 juta

7

Kambing

Capra aegagrus hircus

398 juta

8

Sapi

Bos taurus

293 juta

9

Kerbau

Bubalus bubalis

24 juta

10

Unta

Camelus sp.

1,7 juta

Kira-kira berapa banyak binatang-binatang tersebut yang masuk ke perut sobat selama setahun?.

Sumber artikel dan gambar:

  • nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1064/santapan-dalam-renungan

Baca artikel tentang hewan dan alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Hewan yang Paling Banyak Dikonsumsi

  1. dmilano berkata:

    saleum,
    Kalau saya lebih suka bebek ketimbang ayam, beda enaknya…. 🙂
    saleum

  2. rizkyzone.com berkata:

    kalau aq paling suka dengan ayam sob, hari ini bunda q juga masak ayam

  3. hudaesce berkata:

    Saya paling suka Nom 7, ti za palingan makannya genap pas idul adha za. hahahah…, 😆

  4. Belajar Forex berkata:

    gile ayam banyak amat tw

  5. bundadontworry berkata:

    aku gak ikutan ngacung ,Mas Alam 🙂
    karena aku dah lama gak makan hewan2 ini……..
    tapi, mungkin sewaktu kecil dulu, ketika masih makan hewan2 ini, udah ribuan ekor juga ya yg aku makan …hehehhehe… 🙂
    salam

  6. Asop berkata:

    Hohoho ayam memang yang paling aman. 🙂
    Mudah didapat, kandugngan gizi bagus, dan bisa dimasak bervariasi. 🙂

  7. ARSYADI berkata:

    UNTUK KEBUTUHAN DAGING, DIBANDINGKAN DENGAN HEWAN YANG LAIN, MEMANG AYAM HARGA LEBIH TERJANGKAU.

  8. melly berkata:

    emang kelinci boleh dimakan yah mas?

  9. adipras berkata:

    emang tuh ayam emang banyak yang nyari….
    pa lagi sekarang ng TREND…. warung AYAM cepat saji…

  10. wah yangh paling banyak adalah pencarian ayam ya gan .makasih banyak buat infonya, semoga bermanfaat gan

  11. purwanto berkata:

    sepakat mas, ayam mudah didapat, terjangkau, masaknya gampang…
    spesis ayam juga tambah banyak ya mas.. ada ayam kampus, ayam abu-abu dan entah ayam apa lagi

  12. dhila13 berkata:

    ayam memang menjadi hewan peternakan sejuta umat ya pak 😀

  13. tas etnik berkata:

    wow betapa banyaknya jumlah hewan yang di konsumsi oleh manusia selama setahun. setelah membaca blog ini saya terperangah serta terkejut ternyata jumlah hewan yang di konsumsi manusia selama setahun begitu besar jumlahnya. betapa hebat-Nya beliau dapat mengatur kelahiran dan kematian yang begitu tepat sehingga manusia tidak kekurangan untuk mengkonsumsi hewan_nya. terima kasih yah Tuhan atas karuniaMu ini.

  14. dewifatma berkata:

    Pastilah ayam….*sudah kuduga*

    Kateringan kantor aja, saban hari ayam…hehehe…

  15. hanif mahaldy berkata:

    ayam pak, kalau gak ya telur ayam. wes paling sering itu. hehehe. tempe tahu, ikan paling klo lagi bosen sama ayam-ayaman.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.