Coral Day 2011; Satu Hari untuk Terumbu Karang

Coral Day 2011, Satu Hari untuk Terumbu Karang, demikian nama dan gerakan ini. Coral Day atau Indonesia for Coral Day merupakan sebuah gerakan untuk menyelamatkan terumbu karang (coral). Gerakan Coral Day dicetuskan pertama kali pada tanggal 22 April 2010, bertepatan dengan pelaksanaan hari bumi, di desa Serangan, Bali.

Coral Day diharapkan menjadi gerakan lingkungan untuk membangkitkan kecintaan dan aksi nyata dalam usaha penyelamatan terumbu karang. Dengan Coral Day diharapkan kekayaan terumbu karang Indonesia dapat terselamatkan.

Coral Day 2011. Puncak aksi Corel Day 2011 akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2011 di Belitung. Pemilihan Belitung sebagai lokasi pelaksanaan Coral Day terkait dengan potensi tambang timah yang terdapat di pulauitu. Eksploitasi tambang timah sering kali menimbulkan kerusakan lingkungan yang sulit dipulihkan. Di samping itu, kawasan perairan di Belitung juga kaya akan terumbu karang.

Coral Day 2011

Coral Day 2011

Dikhawatirkan jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu dekat, penambangan timah tidak hanya akan dilaksanakan di darat saja. Melainkan juga merambah daerah perairan. Dan aktifitas penambangan timah di perairan Belitung tidak mungkin tidak mengancam kelestarian terumbu karang (coral) di sana.

Bentuk Kegiatan Coral Day 2011. Beberapa kegiatan akan diselenggarakan pada Coral Day 2011. Kegiatan utama adalah transplantasi karang oleh 100 orang penyelam, adopsi karang, dan pemasangan baliho apung untuk penandaan kebun karang.

Selain itu, beberapa kegiatan tambahan lain pun digelar, seperti pendidikan sumber daya laut bagi anak sekolah, upacara adat, pelepasan tukik, festival layang-layang, dan pembentukan wilayah konservasi terumbu karang di Belitung. Selain di Belitung, Coral Day 2011 juga akan digelar pada waktu yang samadi beberapa tempat lain seperti Bangka, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Kepulauan Seribu.

Cara Berpartisipasi dalam Aksi Coral Day 2011. Bagi sobat yang mampu menyelam dapat berpartisipasi menjadi volunteer diver taupun volunteer UW fotografer pada saat puncak acara di Belitung. Sedangkan yang mempunyai uang lebih dapat memberikan sumbangan dana dan menjadi pengadopsi karang.

Sedikit informasi dari panitia, panitia menyediakan konsumsi dan penginapan di Belitung dari tanggal 29 April hingga tanggal 1 Mei siang dan tabung bagi volunteer. Sedangkan untuk peralatan selam dan transportasi pergi pulang ditanggung volunteer masing-masing.

Untuk informasi aksi Coral Day 2011 lebih lanjut dapat menghubungi panitia Coral Day 2011 melalui Facebook di “Indonesia for Coral Day”, Twitter “@CoralDay2011”, atau lewat contact person: Sheila +62856-887-1996 atau sheila@telapak.org. Mumpung masih beberapa hari ke depan.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

28 Balasan ke Coral Day 2011; Satu Hari untuk Terumbu Karang

  1. pepito berkata:

    keren blognya bang..slm kenal..

  2. surat berkata:

    gerakan yang sangat baik.. sebab bisa juga untuk melindungi seluruh biota laut

  3. TuSuda berkata:

    Turut memberikan dukungan moril, semoga acara yang digelar berlangsung sukses, sehingga pertumbuhan terumbu karang untuk kehidupan biota lautan bisa lebih bagus lagi.
    SALAM hangat dari Kendari. 8)

  4. Mabruri Sirampog berkata:

    wah,, ga bisa ikut berpartisipasi langsung ni…
    ikut bantu doa aja lah, semoga acaranya sukses dan hasilnya jg nanti sesuai apa yang diharapkan sehingga terumbu karang terjaga kelestariannya dan laut Indonesia kembali menjadi indah..
    salam

  5. Newbie Blogger berkata:

    memang sangat terancam ya pak terumbu karang kita saya takut beberapa tahun ke depan tak ada lagi bunaken yang indah

  6. Ping balik: Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 | Alamendah's Blog

  7. Ping balik: Koleksi Gambar Terumbu Karang (Coral Reef) | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: 2012 Adalah Tahun Internasional Energi Terbarukan | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012 | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Kerusakan Lingkungan Tingkatkan Risiko Bencana | Alamendah's Blog

  11. Ping balik: sigitari95

  12. Ping balik: Kondisi Terumbu Karang di Indonesia | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Manfaat Terumbu Karang bagi Manusia dan Lingkungan | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s