Din Syamsudin: Umat Muslim Wajib Menyelamatkan Bumi

Din Syamsudin mengatakan bahwa umat muslim wajib menyelamatkan bumi. Pernyataan Ketua Umum PP Muhammadiyah tentang kewajiban umat muslim dalam menyelamatkan bumi ini Alamendah lansir dari http://www.antaranews.com (19/04/2011). Dalam menyelamatkan bumi termasuk memerangi orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi.

Wajib bagi umat muslim untuk menyelamatkan bumi juga menjegal orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, begitu disampaikan Din Syamsudin saat membuka Seminar dan Rakernas Majelis Lingkungan Hidup di Yogyakarta.

Kenapa umat muslim wajib menyelamatkan bumi?. Karena bumi saat ini tidak lagi lestari, tetapi sudah rusak, bahkan tokoh dunia menyebutkan bahwa saat ini terjadi keruntuhan ekologikal, ujar Din Syamsudin.

Cara Menyelamatkan Bumi. Din Syamsudin menyebutkan salah satu upaya yang bisa dilakukan umat muslim dalam menyelamatkan bumi adalah seperti yang dilakukan Muhammadiyah melalui program ‘shodaqoh sampah’. Pada prinsipnya, program shodaqoh sampah mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai dan uang yang dihasilkan diberikan kepada yang dibutuhkan.

“Selain itu juga dilakukan aksi hijau di kantor yakni melakukan efisiensi terhadap penggunaan kertas, energi maupun penggunaan straples setiap harinya di kantor,” jelas dia.

Ketua Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah Muhjidin Mawardi mengatakan, saat ini sampah telah mengancam kehidupan manusia. “Dampaknya sudah kita rasakan saat ini seperti pemanasan global maupun perubahan iklim. Ini efek dari gagalnya pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan,” kata dia.

Karena itu, lanjutnya, yang diperlukan saat ini adalah langkah konkrit bukan seremoni belaka. Majelis Lingkungan Hidup telah bekerjasama dengan Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) untuk merintis jurusan Teologi Lingkungan. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengubah cara pandang terhadap pengelolaan lingkungan.

Majelis Lingkungan Hidup. Dalam struktur organisasi Muhammadiyah terdapat 13 Majlis. Majlis ini adalah unsur Pembantu Pimpinan Persyarikatan yang diserahi tugas sebagai penyelenggara amal usaha, program, dan kegiatan sesuai dengan kebijakan Pimpinan Persyarikatan di masing-masing tingkat. Salah satu dari ke-13 Majlis tersebut adalah Majelis Lingkungan Hidup.

Tugas dari Majelis Lingkungan Hidup sebagaimana Alamendah’s Blog kutip dari situs resmi Muhammadiyah, antara lain:

  • Mengembangkan aktivitas pendidikan dan dakwah lingkungan yang dimotori oleh majelis terkait, guna memberi pengertian tentang pengelolaan lingkungan yang benar dan membangun kesadaran tentang pentingnya kelestarian lingkungan hidup.
  • Mendorong tumbuhnya kesadaran baru etika lingkungan di kalangan masyarakat luas, termasuk dunia usaha, yang cenderung mengabaikan etika lingkungan.
  • Melakukan kampanye sadar lingkungan secara luas bekerjasama dengan berbagai instansi, baik pemerintah mau

Salut pada Muhammadiyah sebagai salah satu ormas islam terbesar di Indonesia dan dunia ternyata mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan lingkungan hidup. Alamendah program ‘shodaqoh sampah’ sebagai bentuk kepedulian pada bumi jauh lebih bermakna ketimbang program ‘shodaqoh bom’.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Din Syamsudin: Umat Muslim Wajib Menyelamatkan Bumi

  1. Hafid Junaidi berkata:

    pagi mas alam, shodaqoh bom? apa tuh? ato aq salah baca? maklum, pake opera mini mas

  2. Adi Nugroho berkata:

    untuk saat ini tidak perduli apapun keyakinannya wajib menjaga bumi..

  3. putri berkata:

    wah sepkat ni ma om din

  4. riez berkata:

    Selamatkan Bumi demi generasi penerus

  5. bundamahes berkata:

    kewreeeen! seorang Din Syamsudin pun peduli sama bumi!

  6. rezaprama berkata:

    muhammadiyah??

    mas alamendah, juga dari ormas muhammadiyah??

    salam kenal,,

  7. burung malam berkata:

    yah memang sih saya setuju dengan ide brillian macam demikian karena sudah lama banget muslim tidur kalau malam hari….

    kalau masalah berbicara dengan kaum hewan dan paham bahasa binatang adalah ilmu warisan dari nabi Sulaiman dan ini hanya kekhususan tidak setiap orang mampu menguasai ilmu ini, karena ilmu rahasia itu pedang bermata dua, kalau diberikan kepada orang jahat maka rusaklah dunia, sebagai jawabannya adalah diam….

    dan yah memang hanya aku adalah aku dan kalian adalah kalian, kalian berada dalam ruang kalian sendiri sebagaimana aku hidup dalam duniaku sendiri, duh romantis banget lagunya hihihi,,,,,

  8. Necky berkata:

    sebenarnya kalau orang beragama menjalankan perintah yang telah ditulis…niscaya alam ini akan ikut terjaga. Kita tidak boleh menyiksa binatang, menggunakan air secukupnya, menjaga kebersihan, dll…. kalau semua orang mau dan punya niat… bumi ini akan tersenyum lihat kita

  9. komuter berkata:

    betul om saya sangat setuju sekali. karena itu bersepeda lah………

  10. achoey el haris berkata:

    Sudah ada dalam kita suci kita bahwa kerusakan di muka bumi ini penyebabnya adalah manusia itu sendiri
    Moga kita bukan termasuk manusia perusak ya 🙂

  11. Mabruri Sirampog berkata:

    gerakan bersepeda & jalan kaki….. 😀

  12. kita mulai menyelamatkan bumi dari hal yang kecil di lingkungan kita,tidak membuang sampah sembagarangan dan perbanyak menanam pohon

  13. Iksa berkata:

    Mantap …
    Semua harus berupaya menyelamatkan Bumi ..

  14. obat asam urat berkata:

    wah mantap bener nih gan informasinya, mari kita dari mulai sekarang selammatkan bumi kita

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.