Angklung Ditetapkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO

Angklung ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia (The Intangible Heritage) oleh UNESCO. Penetapan alat musik angklung ini menyusul Wayang, Keris, dan Batik yang telah terlebih dulu ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Pengukuhan angklung sebagai warisan budaya dunia dilakukan oleh UNESCO hari ini, Kamis, 18 Nopember 2010 di Nairobi, Kenya. Angklung ditetapkan sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” (Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia).

Anak SMP sedang memainkan angklung

Anak SMP sedang memainkan angklung

Angklung yang merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini dinilai dan ditetapkan dalam Sidang ke-5 Komite Antar-Pemerintah tentang Perlindungan Warisan Budaya Takbenda (Inter-Governmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IGC-ICH) yang berlangsung di Kenya. Menurut UNESCO, angklung memenuhi kriteria sebagai warisan budaya takbenda dunia antara lain karena, angklung merupakan bagian penting identitas budaya masyarakat di Jawa Barat dan Banten. Seni musik ini mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan keharmonisan sosial.

Situs Warisan Dunia. Penetapan angklung sebagai Budaya Takbenda Warisan Manusia, menambah panjang daftar warisan dunia yang terdapat di Indonesia. Di dunia saat ini tercatat 911 situs yang diakui sebagai warisan dunia. Dari seluruh situs tersebut, 11 diantaranya dimiliki Indonesia.

Kesebelas warisan dunia (World Heritage) yang terdapat di Indonesia sebanyak 4 di antaranya berupa alam (natural site), 3 cagar budaya (cultural site), dan 4 karya budaya takbenda (Intangible Heritage).

Warisan dunia berupa alam di Indonesia terdiri dari Taman Nasional Ujung Kulon (1991), TN Komodo (1991), TM Lorentz (1999), dan Hutan Tropis Sumatera yang meliputi TN Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan (2004). Sedangkan untuk warisan dunia berupa cagar budaya (cultural site) meliputi Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), dan situs prasejarah Sangiran (1996).

Selain 7 warisan dunia alam dan cagar budaya, Indonesia memiliki 4 warisan budaya dunia (The Intangible Heritage) yang terdiri atas:

  • Wayang (The Wayang Puppet Theatre) ditetapkan pada 2008.
  • Keris (The Indonesian Kris) ditetapkan pada 2008.
  • Batik (Indonesian Batik); ditetapkan pada 2009.
  • Angklung (Indonesia Angklung) ditetapkan pada 2010.

Semoga dengan diakuinya angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia (The Intangible Heritage) semakin menyadarkan kita semua akan kekayaan budaya Indonesia. Juga mampu menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada budaya bangsa Indonesia terutama angklung.

Referensi:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, Indonesia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

53 Balasan ke Angklung Ditetapkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO

  1. Jasa SEO berkata:

    Akhirnya diresmikan sebagai warisan dunia. Semoga masyarakat semakin mencintai kekayaan budaya sendiri sebelum diklaim lagi..

    Jadi tringat, dulu jaman sekolah ada satu set angklung di kelas, sayang krn ngga ada pelatihnya, cuma bisa goncreng2in aja.. =D harusnya setelah ada momen spt ini, pemerintah bangga dan bekerja keras untuk semakin memperluas kecintaan masyarakat thd angklung 🙂

  2. Ikkyu_san berkata:

    HORREEEEEEEE. Aku cinta angklung sejak SD!

    EM

  3. Bumi Al Fattah berkata:

    Saya bangga jadi warga Indonesia.

    @Jasa SEO: Lho kok, nasib kita sama mas.
    Share, demen bgt sama angklung, tapi kalau saya mainan angklung, alunan yg keluar malah jadi amburadul. Teringat kelas 2 SMA, waktu tes kesenian. Hahaha.

  4. Common Cyber berkata:

    Kalau kata mbah Surip: Indonesia, I love you pull.
    Jujur, saya barukenal angklung saat SMP (parah bener ya..).

    Semoga dg dikukuhkannya angklung bg warisan dunia, benar-benar akan memberikan genjotan rasa untuk mencintai kebudayaan Indonesia. Sekolah-sekolah juga wajib baginya untuk memberikan pendidikan seni yang memadahi. Kyk sekolah saya, walau waktu saya di sana, paglearan seni dan budaya belum diadakan, sepeninggal saya, hemh…5 jempol deh.

  5. Mood berkata:

    Mantaplah, kalo angklung sudah dijadikan salah satu warisan dunia. Semoga keberadaanya jadi makin banyak yang mencintai dan menikmatinya. Salam.. .

  6. Selamat atas pengukuhan angklung sebagai warisan budaya dunia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak warisan budaya yang diakui oleh dunia dan sekaligus mencegah bangsa lain untuk mengklaim warisan asli budaya bangsa Indonesia

  7. abifasya berkata:

    alhamdulillah akhirnya tidak kehilangan angklung negeri ini, semoga warisan budaya yang lainpun bernasib sama seperti angklung.

    Tapi yang satu lagi perlu ditetapkan sebgai warisan dunia dari indonesia engga yang mas ?
    ❓ ❓ ❓

  8. rumahsehatafiat berkata:

    musik angklung adalah musik yang indah dan enak di deger dan siapa lagi yang mempromosikan kalo bukan kita2 yang melestarikan dan sebaiknya sering mengikuti acara2 yang sifatnya internasional agar masyarakat dunia mengetahuinya.

  9. icaZpus berkata:

    semoga untuk selanjutnya Topeng yg diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia.

  10. Lilis berkata:

    Semoga anak-anam muda Indonesia jadi semakin mencintai angklung

  11. Heru Purwanto berkata:

    ikut banga, semoga warisan budaya yang lain dia kui juga 🙂

  12. TuSuda berkata:

    saatnya bersama2 menginventarisir warisan budaya nasional agar bisa diakui dunia internasional..

  13. tunsa berkata:

    lestarikan dulu, baru kalo ada yg ngerebut kita boleh komplen, hehe…
    salam

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.