Angklung Ditetapkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO

Angklung ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia (The Intangible Heritage) oleh UNESCO. Penetapan alat musik angklung ini menyusul Wayang, Keris, dan Batik yang telah terlebih dulu ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Pengukuhan angklung sebagai warisan budaya dunia dilakukan oleh UNESCO hari ini, Kamis, 18 Nopember 2010 di Nairobi, Kenya. Angklung ditetapkan sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” (Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia).

Anak SMP sedang memainkan angklung

Anak SMP sedang memainkan angklung

Angklung yang merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini dinilai dan ditetapkan dalam Sidang ke-5 Komite Antar-Pemerintah tentang Perlindungan Warisan Budaya Takbenda (Inter-Governmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IGC-ICH) yang berlangsung di Kenya. Menurut UNESCO, angklung memenuhi kriteria sebagai warisan budaya takbenda dunia antara lain karena, angklung merupakan bagian penting identitas budaya masyarakat di Jawa Barat dan Banten. Seni musik ini mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan keharmonisan sosial.

Situs Warisan Dunia. Penetapan angklung sebagai Budaya Takbenda Warisan Manusia, menambah panjang daftar warisan dunia yang terdapat di Indonesia. Di dunia saat ini tercatat 911 situs yang diakui sebagai warisan dunia. Dari seluruh situs tersebut, 11 diantaranya dimiliki Indonesia.

Kesebelas warisan dunia (World Heritage) yang terdapat di Indonesia sebanyak 4 di antaranya berupa alam (natural site), 3 cagar budaya (cultural site), dan 4 karya budaya takbenda (Intangible Heritage).

Warisan dunia berupa alam di Indonesia terdiri dari Taman Nasional Ujung Kulon (1991), TN Komodo (1991), TM Lorentz (1999), dan Hutan Tropis Sumatera yang meliputi TN Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan (2004). Sedangkan untuk warisan dunia berupa cagar budaya (cultural site) meliputi Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), dan situs prasejarah Sangiran (1996).

Selain 7 warisan dunia alam dan cagar budaya, Indonesia memiliki 4 warisan budaya dunia (The Intangible Heritage) yang terdiri atas:

  • Wayang (The Wayang Puppet Theatre) ditetapkan pada 2008.
  • Keris (The Indonesian Kris) ditetapkan pada 2008.
  • Batik (Indonesian Batik); ditetapkan pada 2009.
  • Angklung (Indonesia Angklung) ditetapkan pada 2010.

Semoga dengan diakuinya angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia (The Intangible Heritage) semakin menyadarkan kita semua akan kekayaan budaya Indonesia. Juga mampu menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada budaya bangsa Indonesia terutama angklung.

Referensi:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, Indonesia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

53 Balasan ke Angklung Ditetapkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO

  1. syifa cammot brigdye berkata:

    syukurlah,,,kebudayaan kita bisa di akui oleh dunia

  2. smga saja tdak diklaim lagi oleh negara tetangga..

  3. Ping balik: Gunung Api Purba Nglanggeran Yogya Calon Geopark? | Alamendah's Blog

  4. Tesy haryani berkata:

    saya lagi memerlukan referensi mengenai Angklung untuk blog saya , terima kasih atas informasinya, paaaaas banget. mari kita lestarikan budaya dan kesenian negeri kita.

  5. Ping balik: Tahukah Anda : Indonesia Memiliki Warisan Dunia yang Diakui UNESCO Lebih Banyak dari Malaysia? « H I O T A

  6. angklung memang alat musik sederhana yang mungkin orang enggan untuk memainkannya. Namun, dengan cita rasa yang tinggi dan tangan emas (Udjo;saung angklung Udjo) ternya memiliki cita rasa yang sangat tinggi. Salam wisata

  7. Ping balik: Gunung Batur Bali Geopark Pertama di Indonesia | Alamendah's Blog

  8. renorasiwara8 berkata:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai batik indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi htt*://indonesia.gunadarma.ac.id

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s