Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta merupakan tumbuhan khas yang menjadi maskot kota dan kabupaten masing-masing. Tumbuhan-tumbuhan ini melengkapi kepel yang ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut adalah daftar flora (tumbuhan) yang ditetapkan sebagai flora identitas 5 (lima) kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Kota Yogyakarta; Flora Identitas kota Yogyakarta adalah Kelapa Gading (Cocos nucifera “kultivar gading”)
  • Kabupaten Bantul; Flora Identitas kabupaten Bantul adalah Sawo kecik (Manilkara kauki)
  • Kabupaten Sleman; Flora Identitas kabupaten Sleman adalah Salak Pondoh (Salacca zalacca kultivar pondoh)
  • Kabupaten Kulon Progo; Flora Identitas kabupaten Kulon Progo adalah Manggis Kalagesing (Garcinia mangostana kultivar kalagesing)
  • Kabupaten Gunung Kidul; Flora Identitas kabupaten Gunung Kidul adalah pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Selain memiliki tumbuhan yang ditetapkan sebagai flora identitas, masing-masing kota dan kabupaten di DI Yogyakarta juga memiliki binatang yang ditetapkan sebagai fauna identitas kota dan kabupaten masing-masing sebagai mana pernah saya posting sebelumnya.

Tambahan: Kultivar merupakan sekelompok tumbuhan budidaya yang memiliki beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya dalam sebuah spesies. Contohnya seperti Kelapa yang merupakan spesies Cocos nucifera terdiri atas beberapa kultivar seperti kultivar gading dll. Meskipun berbeda, sering kali kultivar diartikan sebagai varietas.

Referensi:

  • bk.menlh.go.id/florafauna
  • gambar: commons.wikimedia.org dan laely-widjajati.blogspot.com (gambar kelapa gading)

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora, Indonesia dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

  1. Ping balik: Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta | Alamendah's Blog

  2. munir ardi WP berkata:

    fauna identitas yogya bertambah lagi pengetahuan tentang lingkungan mas

  3. Ping balik: Tweets that mention Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta | Alamendah's Blog -- Topsy.com

  4. Andrew berkata:

    kalau duriannya kira2 ada dimana..ya?

  5. roby berkata:

    hmmh, kalau maskot kota ku ampah, mungkin buah cempedak ya??

  6. Irawan berkata:

    dah lama ga ngincipin sawo kecik…. kebetulan lahir hingga remaja di yogyakarta…

  7. Wah…. Mas ini memang tahu bener tentang kota yang satu ini. Good job mas, dan makasih sdh mengangkat asal daerah kota tempat salah satu tempat faforitku.

    Dengan Mengatasi Permasalahan Yang Kecil; Maka, Kita Dapat Mengatasi Permasalahan Yang Besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  8. jangkrik berkata:

    jogja memang beragam,dari wisata hingga kuliner.siip deh buat dab-dab jogja 😀

  9. dHaNy berkata:

    Wah saya lama dijogja tapi baru tahu maskot masing2 kabupaten di jogja, info yang menarik mas Alamendah.
    Kalo saya asli wonogiri maskotnya Mete.

  10. wahyu nurudin berkata:

    enak semua. bikin lapar aja.

  11. bolang berkata:

    wah kalo maskot nya kayak gitu enak nih buat jujugan sapa tau tuan rumahnya juga berbaik hati nyuguhin itu buah 😀

  12. soebadri berkata:

    ada manggis ei…..

  13. tole berkata:

    buah maskot itu, sudah pasti jadi makanan wajib kalo mampir di kotanya..

    haha

  14. Kakaakin berkata:

    saya pilih manggis, Mas 🙂

Tinggalkan Balasan ke munir ardi WP Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.