Mobil Irit Bahan Bakar Indonesia Juara se-Asia

Indonesia menjadi juara dalam kompetisi mobil irit bahan bakar (Shell Eco-Marathon; SEM) se Asia 2010. Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Indonesia menjadi juara pertama dalam kompetisi Mobil Irit Bahan Bakar Shell Eco-Marathon se-Asia yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 8-10 Juli 2010. Tim ITS dengan mobil Sapu Angin 2, mencatat rekor mobil teririt dengan jarak tempuh 237,6 kilometer setiap satu liter bensin.

Sapu Angin 2 Mobil Paling Irit Bahan Bakar. Mobil Sapu Angin 2 yang menjadi mobil paling irit dalam kategori urban concept berukuran panjang 260 cm, lebar 125 cm, dan tinggi 114 cm dengan berat 93 kg. Mobil Sapu Angin 2 mirip mobil roda empat yang konvensional, namun hanya berisi 1-2 penumpang dengan target satu liter bensin untuk jarak tempuh 300 kilometer.

Mobil Sapu Angin 2 juara mobil irit BBM se-Asia (dok: shell)

Dalam race pertama, Sapu Angin 2 hanya berhasil menempuh jarak 72 km dengan satu liter gasoline (bensin). Sedangkan pada race kedua mobil dari ITS ini mampu melaju sejauh 237,6 km dengan satu liter bensin. Hingga kompetisi berakhir, rekor itu tidak terkalahkan oleh peserta lainnya.

Shell Eco-Marathon (Kompetisi Mobil Irit Bahan Bakar). Shell Eco-Marathon merupakan ajang untuk menciptakan kendaraan masa depan yang irit bahan bakar (mampu menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar minimum). Kompetisi Mobil Irit Bahan Bakar yang pertama kali digelar di Asia ini dibagi dalam dua kategori kendaraan, yaitu prototipe futuristis dan urban concept.

Kategori prototype design umumnya diikuti oleh kendaraan yang memiliki bentuk sangat aerodinamis dan memakai 3 buah roda, sementara kategori urban concept umumnya dikuti oleh kendaraan seperti layaknya kendaraan roda empat biasa namun berukuran lebih kecil.

Kompetisi mobil irit bahan bakar ini diikuti oleh 81 tim dari 15 universitas terkemuka dari berbagai negara di Asia yang meliputi Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Tiongkok, Pakistan, India, Filipina, Iran, dan Indonesia. Indonesia sendiri diwakili oleh 9 tim. Tim itu berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebanyak tiga tim (Cikal, Rajawali, dan Heave), Universitas Indonesia (UI) dengan 3 tim (Keris, Equator, dan Pasopati), Universitas Gadjah Mada (UGM) satu tim (Semar), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 2 tim (Sapu Angin 1 dan Sapu Angin 2)

Informasi ini memang agak telat diposting, tetapi paling tidak ini akan menyadarkan kita semua bahwa Indonesia sebenarnya mampu merancang mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan terutama mengurangi polusi udara. Sekarang tinggal menunggu kepedulian dan keseriusan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan mobil-mobil ramah lingkungan tersebut.

Referensi: edukasi.kompas.com

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, pendidikan dan tag , , , , . Tandai permalink.

73 Balasan ke Mobil Irit Bahan Bakar Indonesia Juara se-Asia

  1. bundadontworry berkata:

    bunda juga lihat sewaktu ditayangkan di tv.
    alhmdulillah, ternyata ada anak bangsa yg berprestasi di negeri ini.
    salam

  2. muhasabahcinta berkata:

    semoga dengan prestasi yang dimilikinya tidak menjadi manusia yang sombong dan angkuh… ^^ (hehe salam kenal mas alamendah)

  3. Brotoadmojo berkata:

    sayangnya mobil hanya buat lomba, coba kalau diproduksi dan pasarkan secara luas, pasti lebih membanggakan.. 🙂

  4. Annas Tupank berkata:

    amazing!!!
    selamat buat pemenang,
    namun sayang keberhasilan anak bangsa seperti tidak mendapat dukungan yang maksimal dari pemerintah untuk mengembangkannya.

  5. endar berkata:

    yang masih jadi ganjalan saya, apakah bisa diproduksi masal dan dapat diterima pasar

  6. citromduro berkata:

    karena namanya itu yang bikin irit
    pakai bahan bakar angin kali ya kang

  7. doris berkata:

    Wah,keren nih mobilnya…

  8. karya anak bangsa ( putra putri ) Indonesia menghasil mobil irit Bahan Bakar cukup menggembirkan, ini membuktikan bahwa Bangsa indonesia siap bersaing dengan bangsa lain di dunia, dan salut buat para penciptanya. khusus buat sahabat kami Alamendah , ya artikel ini kita cuplik diudarakan di zonamedan agar pembaca mengetahui info terbaru dari anda. wasalam.

  9. kita harapkan mobil iri bahan bakar hasil karya putra-putri Indonesia bisa mendominasi pasaran mobil khusus di Indonesia , bisa di pakai konsumen kita di seluruh NKRI. Kami doakan semoga hasil karya ini terus ditingkatkan.

  10. Emang mantep deh, sy sempet liat liputannya tapi sayang berita yang membanggakan gini pasti selalu kalah sama berita yang ga mutu contohnya kasus video parno yang bener2 ga mutu abis. Padahal masih banyak prestasi2 anak bangsa yang ga terekspose media

  11. Roulette Casino berkata:

    Hey, ok, I get it, I guess – but does this really work?

  12. Ping balik: Tips Sederhana Hemat Bahan Bakar | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Tingkat Pencemaran Udara Di Indonesia | Alamendah's Blog

  14. Blog Mobil berkata:

    nama mobilnya koq nggag keren gitu ya. btw selamat dah bwt indonesia.. jgn asal juara koruptornya ya..

  15. Ping balik: Plasmulator, Alat Murah Kurangi Emisi Kendaraan | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.