Jambu Semarang (Syzygium samarangense) Si Manis Mengkilap

Jambu Semarang (Syzygium samarangense) dengan berbagai kultivar dan ragam namanya, menjadi salah satu tanaman buah asli Indonesia. Jambu Semarang terkenal dengan penampilannya yang cantik, mengkilap, dan rasanya yang manis. Keunggulan Jambu Semarang ini membuat tanaman buah ini banyak dimuliakan sehingga menghasilkan berbagai kultivar yang tersebar baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Jambu Semarang (Syzygium samarangense) mirip dengan Jambu Air (Syzygium aqueum), bahkan kultivar keduanya sulit dibedakan. Sehingga antara keduanya kerap kali disebut dengan nama Jambu Air atau bahkan Jambu saja.

Nama latin tumbuhan asli Indonesia dari famili Myrtaceae ini adalah Syzygium samarangense (Blume) Merr. & L.M.Perry. Nama ini memiliki beberapa sinonim seperti Eugenia javanica Lam., Eugenia javanica var. parviflora, Eugenia javanica var. roxburghiana, Eugenia samarangensis (Blume) O.Berg, Jambosa javanica (Lam.) K.Schum. & Lauterb., Jambosa samarangensis (Blume) DC., Myrtus javanica (Lam.) Blume, Myrtus samarangensis Blume, dan Syzygium samarangense var. parviflorum.

Dalam bahasa Ingrris memiliki beberapa penamaan seperti Java Apple, Wax Apple, Wax Jamboo, Water Apple, Macopa, Samarang Rose Apple, dll. Di Indonesia, selain dinamai Jambu Semarang juga kerap disebut dengan berbagai nama seperti Jambu Lilin, Jambu Cincalo, Jambu Camplong, atau Jambu Klampok. Belum lagi beberapa nama untuk kultivarnya seperti Cincalo Merah, Cincalo Hijau, Lilin Merah, Lilin Hijau, Citra, Black Diamond, Black Pearl, dan King Rose.

Pohon Jambu Semarang

Pohon Jambu Semarang

Diskripsi Jambu Semarang (Syzygium samarangense)

Pohon Jambu Semarang mempunyai tinggi antara 5-15 meter, tajuk melebar tidak beraturan. Batang pendek dan bengkok-bengkok dengan diameter mencapai 25-50 cm, batang sering memiliki percabangan di dekat pangkal batang. Daun tunggal, berhadapan, berbentuk jorong atau jorong melonjong dengan ukuran panjang 10-25 cm dan lebar 5-12 cm, sedikit menjangat dengan tepi tipis, berbintik tembus cahaya, serta berbau khas  apabila diremas. Daun memiliki tangkai sepanjang 3-5 mm.

Karangan bunga muncul di ujung ranting atau di ketiak daun yang telah gugur. Bunga bergerombol dalam karangan bunga yang berisikan 3-30 kuntum. Diameter kuntum bunga sekitar 3-4 cm, berbentuk bundar sampai sudip, dan berwarna kuning keputihan. Terdapat banyak benang sari yang mudah berguguran.

Buah Jambu Semarang bertipe buah buni, dengan bentuk buah pir yang melebar dengan lekuk atau alur-alur dangkal membujur di sisinya. Bermahkotakan kelopak berdaging dengan cuping melekuk ke dalam, berukuran antara 3,5-5,5 cm x 4,5-5,5 cm. Bagian luar buah mengkilap seperti lilin. Warna kulit buah bervariasi dari merah tua, merah, kehijauan, sampai putih, tergantung kultivarnya. Daging buah seperti spon berwarna putih, mengandung banyak air, aromatik, dan berasa manis. Biji berjumlah 0-2 butir, berbentuk bulat, berdiameter 8 mm.

Buah Jambu Semarang

Buah Jambu Semarang

Saat ini buah Jambu Semarang memiliki banyak kultivar dengan warna kulit buah yang berbeda-beda. Beberapa kultivarnya antara lain Cincalo Merah, Cincalo Hijau, Lilin Merah, Lilin Hijau, Citra, Black Diamond, Black Pearl, dan King Rose.

Jambu Semarang merupakan tanaman asli Indonesia meskipun bukan tumbuhan endemik Indonesia. Diperkirakan tumbuhan ini berasal dari Kepulauan Sunda Besar (Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi), Semenanjung Malaya, dan Kepulauan Andaman dan Nikobar. Jambu Semarang atau Java Apple kini tersebar di berbagai wilayah di Asia Tenggara, China, India, Amerika Tengah dan Selatan, hingga pulau-pulau di Pasifik. Tumbuh baik di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter dpl.

Jambu Semarang, seperti halnya kerabat dekatnya, Jambu Air dan Jambu Bol, kerap dimanfaatkan buahnya baik dimakan segar ataupun bahan rujak. Pun bisa dibuat menjadi asinan.

Klasifikasi Ilmiah Bidara. Kerajaan : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas : Magnoliopsida. Ordo : Myrtales. Famili : Myrtaceae. Genus : Syzygium. Spesies : Syzygium samarangense (Blume) Merr. & L.M.Perry.

Referensi dan gambar :
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/9731046/source/tree
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-200262
www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/java_apple.html
commons.wikimedia.org/wiki/Syzygium_samarangense (gambar)
tropicalbonsainursery.net/tropical_fruit_tree/wax-apple.html (gambar)

Baca artikel tentang buah dan flora Indonesia lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Jambu Semarang (Syzygium samarangense) Si Manis Mengkilap

  1. jambu ini juga sebagai penghilang haus

  2. Abi Sabila berkata:

    Kalau nda salah ingat, di kampung saya ada yang nyebut Jambu Dersana, apakah ini jenisnya ya, Pak?

  3. Herdiansyah Hamzah berkata:

    Pengen nyoba rasanya gimana…..

  4. Ping balik: Gowok atau Kupa, Buah Asli Indonesia yang Dilupa | Alamendah's Blog

  5. Adipati berkata:

    Kalau jambu air yang berwarna hijau itu sama enggak ya?

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.