Pohon Dewandaru Kayu Pembawa Wahyu Dewa

Pohon dewandaru dalam terminologi jawa dapat diartikan sebagai kayu ‘Pembawa Wahyu Dewa’. Kata dewandaru banyak dijumpai dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah bahasa Jawa Kuno maupun sansakerta. Karenanya tidak mengherankan jika kemudian pohon bernama dewandaru ini kemudian sarat dengan mitos.

Pohon dewandaru dikenal juga sebagai asem selong, belimbing londo, ceremai londo, atau cereme asam. Dalam bahasa Inggris pohon yang dipercaya mempunyai kekuatan magis ini disebut dengan Surinam Cherry, Brazilian Cherry, atau Cayenne Cherry. Sedangkan nama ilmiah tumbuhan ini adalah Eugenia uniflora L., yang mempunyai beberapa sinonim diantaranya Eugenia michelii Lam., Eugenia oblongifolia, Eugenia zeylanica Willd.

Diskripsi Pohon Dewandaru. Dewandaru (Eugenia uniflora) merupakan tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 5 meter dan hidup menahun. Batang pohon dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat dengan kulit kayu berwarna coklat.

Buah dan daun dewandaru

Buah dan daun dewandaru (Eugenia uniflora). Dari bentuk buahnya inilah pohon ini kerap disebut belimbing londo.

Daun dewandaru merupakan daun tunggal, berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun berukuran sekitar 5 sentimeter dengan tepi daun yang rata dan pertulangan menyirip. Bunga tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning sedangkan benang sari dan putik berwarna putih. Buahnya buni (bulat) dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah. Bijinya kecil, keras, berwarna coklat.

Tumbuhan dewandaru tersebar di daerah Amerika Selatan seperti Suriname, Brazil, Argentina, Urugay, dan Paraguay. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat ditemukan di beberapa tempat di pulau Jawa, Sumatera, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Salah satu daerah yang dikenal sebagai habitat dewandaru adalah kepulauan Karimunjawa. Di tempat terakhir, kayu dewandaru sangat kental nuansa magisnya. Sejarah persebaran pohon dewandaru (Eugenia uniflora) hingga ke Indonesia belum diketahui secara pasti. Kecuali berbagai mitos turun temurun yang berkembang di masyarakat.

Mitos, Khasiat, dan Pemanfaatan. Terutama pada masyarakat jawa, keberadaan pohon dewandaru sarat dengan mitos. Mulai dari mitos soal asal-usulnya hingga berbagai khasiat magis sebagai kayu sakti dan bertuah. Karenanya, kayu dewandaru kerap kali dimanfaatkan untuk membuat aksesoris semisal tasbih, gelang, akik (batu cincin), dan kalung. Beberapa mitos terkait pohon dan kayu dewandaru diantaranya adalah:

Kayu (batang) dewandaru (Eugenia uniflora)

Kayu (batang) dewandaru (Eugenia uniflora) yang kerap dipercaya sebagai kayu sakti dan bertuah.

  • Pohon dewandaru di tanam oleh Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria, setelah mendapatkannya dari Cina.
  • Seorang bernama dewandaru yang menjadi rebutan antara Kurawa dan Pandawa lantaran dipercaya menjadi kunci untuk menguasai dunia. Agar tidak dapat diperebutkan, orang ini berubah menjadi pohon.
  • Aroma kayu dewandaru sebagai sarana pencapaian kesempurnaan dalam ilmu kanuragan.
  • Dipercaya memiliki khasiat sebagai pengasihan, menambah kharisma, dan pengusir gangguan gaib.

Di balik khasiat mistis yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, pohon dewandaru ternyata memiliki berbagai manfaat yang teruji secara klinis. Buah dewandaru selain mengandung air juga mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin C. Kulit kayunya mengandung tanin. Sedangkan daunnya banyak mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid.

Dengan berbagai kandungan yang dipunyainya, dewandaru (Eugenia uniflora) dapat dimanfaatkan sebagai peningkat kualitas astringent, mengurangi tekanan darah tinggi, penurun kolestrol, penurun metabolisme lipid, dan antioksidan.

Sepertinya kita tidak boleh terlalu terlena dengan berbagai khasiat mistis yang dipunyai pohon dewandaru (dan pohon ‘bertuah’ lainnya). Sebaliknya, berbagai keyakinan yang berkembang di masyarakat tersebut hendaknya memacu kita untuk mengeksplorasi kandungan dan khasiatnya secara klinis dan ilmiah. Bisa jadi, para pendahulu kita mencoba memberitahu kita tentang manfaat besar suatu spesies, faktor tingkat pemahaman dan pengetahuan lah yang kemudian merubah pesan tersebut menjadi serangkaian kisah mistis dan magic.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Spermatophyta. Subdivisi: Angiospermae. Famili: Myrtaceae. Genus: Eugenia. Spesies: Eugenia uniflora.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang tumbuhan dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Pohon Dewandaru Kayu Pembawa Wahyu Dewa

  1. Junaidi M berkata:

    di rumah saya ada buahnya kalau berminat datang aja ini alamatnya Jln Sunan Giri No 4 Kel Pondok pucung Kec Karang Tengah Kota Tangerang

  2. sandy berkata:

    kalau di bali bisa di temukan dimana?

    • hadi berkata:

      Setahu saya di bali yg kusus jual dewadaru tidak ada pak,saya biasa kirim ke bali kalo ada pesanan untuk taman. Jika bapak minat di tempat saya sedia bibit maupun yg sudah besar, juga sovenir kayu dewadaru.

      • Gung Tio berkata:

        Kemaren sya ketemu pohon ini..di desa Penebel Tabanan..tepatnya berada di Pura Muncak Sari..,
        buahnya kemaren sangatt lebatt..pohonnya ada di area Pura..dan memang harus ijin dulu kalo mau memetik buahnya ..

    • hadi berkata:

      Setahu saya di bali yg kusus jual dewadaru tidak ada pak, saya jg pernah beberapa kali kirim ke bali pesanan buat taman tp yg sudah besar. Jika bapak minat bs hub, BB2698C662, 081217379664 kami sediakan bibit, juga tanaman yg umurnya dah puluhan tahun.

  3. radityo seto dewandaru berkata:

    dewandaru nama belakang saya…

  4. tcc berkata:

    kalo tentang kayu garu itu gimana bro? kayu garu juga banyak dicari, harganya juga mahal. teman saya ada yang berkebun pohon garu.

  5. Riskha berkata:

    dewandaru (Eugenia uniflora) sama dewadaru (Crystocalyx macrophyla) itu perbedaannya apa ya?

  6. Aksan daboo berkata:

    Aq punya beberapa pohon dewa ndaru umur skitar 5 thn ada dlm pot bunga,,klo ada yg berminat hubungi 085735200078

  7. hadi,, berkata:

    kalu btuh buah ma daun dewandaru bsa d liat d sini d griya parung panjang bogor
    hub saya di 085720116411

  8. hadi berkata:

    Jika agan2 minat sama dwwadaru bs hub, BB 2698****,08560429****,08121737****. kami juga sedia bibit dan tumbuhan/ pohon yg umur puluhan tahun serta suvenir dari kayu dewadaru

  9. cahnusam berkata:

    kalo punya saya tinggal ambil sama pohon2nya jg boleh

  10. win berkata:

    Memang pohon tersebut, gampang – gampang susah di jakarta. saya pernah dengar cerita-cerita pohon tersebut bahwa banyak magis dan mitos. cuma saya belum tahu cara menanamnya pohon tersebut, barangkali sobat-sobat tahu cara menanamnya, thanks

  11. di tempatku banyak …

  12. MOHD.YUSRI BIN MOHSIN berkata:

    Assalammualaikum’. Pokok DEWANDARU & pokok MAHKOTADEWA adakah sama?? dimanakah terdapat pokok/pohon DEWANDARU yang sebenar?

  13. Ping balik: Pohon Damar Penghasil Damar Asli Indonesia | Alamendah's Blog

  14. Ping balik: Parijoto Membuat Anak Cantik atau Ganteng | Alamendah's Blog

  15. Ping balik: Bidara Dari Khasiat Gangguan Jin Hingga Herbal | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s