Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012

Keanekaragaman Hayati Laut dipilih menjadi tema dalam perayaan IDB (The International Day for Biological Diversity; Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati) 2012. Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati sendiri akan diperingati besok, 22 Mei 2012.

Penetapan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (IDB) 2012 dengan mengambil tema Keanekaragaman Hayati Laut (Marine Biodiversity) didasari luas permukaan bumi yang 71 persen diantaranya berupa laut. Diharapkan tumbuh ketertarikan pada kehidupan laut dan meningkatkan kesadaran akan kelestarian keanekaragaman hayati di laut.

Laut sendiri mempunyai tingkat keanekaragam hayati yang sangat tinggi. Tim ‘Census of Marine Life‘ yang melibatkan 2.700 ilmuan dari 80 negara di dunia yang telah bekerja pada tahun 2000 – 2010 menyimpulkan bahwa laut sedikitnya diisi oleh satu juta spesies. Dan baru 250.000 diantaranya yang teridentifikasi. Di mana jumlah tersebut belum termasuk berbagai mikroba yang hidup di laut. Bahkan berbagai pihak memperkirakan jumlah keanekaragaman hayati di laut bisa jadi dua kali lipat jumlahnya ketimbang perkiraan tim Census of Marine Life.

Logo dan Tema Hari Keanekaragaman hayati 2012

Logo dan Tema Hari Keanekaragaman hayati 2012 dalam bahasa Indonesia

Kehadiran manusia terkadang merugikan keanekaragaman hayati laut. Seperti penurunan paus biru (Balaenoptera musculus) akibat perburuan serta langkanya berbagai spesies penyu dan berbagai spesies laut lainnya. Saat ini, dunia telah kehilangan hingga 30 persen dari total luas padang lamun. Pun, sekitar 35 % mangrove dan terumbu karang pun telah rusak oleh aktivitas manusia.

Selain oleh perburuan berbagai spesies laut, aktivitas manusia lainnya pun menjadi ancaman besar akan kelestarian keanekaragaman hayati laut. Dampak lain aktivitas manusia itu diantaranya adalah:

  • Pencemaran laut berupa senyawa kimia dan logam berat dapat mempengaruhi reproduksi, pertumbuhan, dan perilaku burung laut, ikan dan satwa laut lainnya.
  • Pencemaran nutrisi, pupuk dan kotoran hewan yang memasuki perairan pantai dapat menyebabkan fenomena eutrofikasi; berkurangnya tingkat oksigen di dalam air.
  • Kebisingan yang dihasilkan oleh aktivitas transportasi dan industri dapat mengganggu sistem komunikasi spesies seperti ikan paus.
Ancaman Keanekaragaman hayati laut

Keanekaragaman hayati di laut terancam oleh berbagai aktivitas manusia

Padahal laut dengan keanekaragaman hayatinya mempunyai peran sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sebagai sumber makanan, terumbu karang yang sebagai pelindung daerah pesisir, mangrove yang melindungi dari kerusakan pantai, obyek wisata, dan lain sebagainya. Berbagai spesies laut potensial digunakan sebagai bahan obat.

Laut juga menjadi tempat hidup fitoplankton. Sebagaimana tumbuhan di darat, fitoplankton pun melakukan fotosintesis dan menghasilkan oksigen. Bahkan diperkirakan, separo dari total oksigen di bumi dihasilkan oleh fitoplankton.

Selamat Hari Keanekaragaman hayati 2012. Mari kita selamatkan keanekaragaman hayati laut, karena bisa jadi; Tanpa kehidupan di laut, tidak akan ada kehidupan di Bumi.

Referensi dan Logo: www.cbd.int/idb/2012

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup. Tandai permalink.

29 Balasan ke Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012

  1. prih berkata:

    Kekayaan alam keanekaragaman hayati lautan yang luar biasa. Bioenergi pun berbasis kelautan melalui pengembangan algaefuel. Selamat terus berkarya bagi pelestarian lingkungan mas, salam

  2. Ping balik: Sungai-sungai Terpanjang di Indonesia | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Sungai-sungai Terpanjang di Indonesia | PENCINTA ALAM

  4. Ping balik: sigitari95

  5. Ping balik: Green Economy | BLHD Kabupaten Ende

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s