Berus Mata Buaya (Bruguiera hainesii) Bakau Cantik Langka

Berus Mata Buaya atau Bruguiera hainesii menjadi salah satu jenis tanaman bakau (mangrove) yang sangat langka dan terancam kepunahan di dunia. Jenis pohon bakau yang mempunyai bunga yang cantik dan indah ini oleh IUCN Redlist diberi status konservasi Critically Endangered (Kritis).

Bruguiera hainesii merupakan anggota family Rhizophoraceae. Masyarakat Melayu umumnya mengenalnya sebagai Berus Mata Buaya atau Bakau Mata Buaya. Sedangkan dalam bahasa Inggris di samping penyebutannya menggunakan nama latin, tumbuhan ini acapkali disebut sebagai Eye of the Crocodile atau Orange Mangroves.

Diskripsi Bakau Mata Buaya. Pohon bakau jenis ini tumbuh cukup tinggi mencapai 30 meter. Batang berdiameter hingga 70 cm. Kulit batang berwarna coklat hingga abu-abu, dengan lentisel besar berwarna coklat-kekuningan dari pangkal hingga puncak.

Daun berwarna hijau dengan bentuk elips hingga bulat memanjang dengan ujung daun meruncing. Panjang daun berkisar antara 9 – 16 cm dengan lebar antara 4 – 7 cm. Bunga tumbuh pada ujung atau ketiak tangkai dengan mahkota berwarna putih dan berukuran panjang antara 7 – 9 mm. Bunga Bruguiera hainesii berambut pada tepi bawah dan agak berambut pada bagian atas cuping. Kelopak Bunga berwarna hijau pucat. Buah hipokotil dengan bentuk cerutu atau agak melengkung dan menebal menuju bagian ujung. Ukuran panjang hipokotil sekitar 9 cm dengan diameter 1 cm.

Bakau Mata Buaya (Bruguiera hainesii)

Bakau Mata Buaya (Bruguiera hainesii)

Umumnya bakau mata buaya tumbuh di tepi hutan mangrove. Pada daerah yang relatif kering dan hanya tergenang air laut beberapa jam sehari saja pada saat terjadi pasang tertinggi. Tumbuhan dengan nama latin Bruguiera hainesii ini tumbuh tersebar mulai dari Indonesia, Singapura, Malaysia, hingga ke Papua Nugini.

Belum ada penelitian yang mengungkap secara detail baik persebaran maupun populasi flora ini di wilayah pesisir Indonesia. Namun secara global, IUCN Redlist menganggapnya sebagai salah satu tumbuhan yang sangat terancam kepunahan akibat semakin rusaknya daerah pesisir pantai terutama oleh aktivitas manusia. Karena itu kemudian IUCN Redlist mendaftar flora ini dalam status Critically Endangered atau Kritis (Sangat Terancam Punah).

Pemanfaatan jenis mangrove ini bagi manusia secara langsung belum banyak yang terungkap. Tentunya di samping sebagai salah satu komponen hutan mangrove dan kaitannya dalam ekosistem. Padahal Si Berus Mata Buaya bunga yang indah ini semakin hari semakin langka dan terancam punah.

Klasifikasi Ilmiah: Kingdom: Plantae. Phylum: Tracheophyta. Class: Magnoliopsida. Order: Rhizophorales. Family: Rhizaphoraceae. Genus: Bruguiera. Spesies: Bruguiera hainesii

Referensi dan gambar: 
www.iucnredlist.org/details/178834/0; 
www.wildsingapore.com/wildfacts/plants/mangrove/bruguiera/hainesii.htm; 
www.theplantlist.org/browse/A/Rhizophoraceae/Bruguiera/; 
gambar : www.wildsingapore.com

Baca artikel tentang hewan dan tumbuhan langka lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Berus Mata Buaya (Bruguiera hainesii) Bakau Cantik Langka

  1. Tanaman ini termasuk langka ya Kang, namun terlihat cantik dari bunga-bunganya.

    Salam,

  2. donopo berkata:

    Makasih atas bantuannya boos !

  3. Dani Aulia berkata:

    Baru denger bunga ini. makasih infonya kang

  4. aryakmdn berkata:

    dulu sering mancing kepelosok sungai berair payau hingga kehulu……jadi sering mendapati pohon bakau, tapi belum pernah melihat yang seperti digambar.

  5. Dengar berita terbaru tentang matinya beberpa hewan di kebun binatang.Jadi semakin miris,semoga pemerintah semakin memberi perhatian demi kelangsungan hidup satwa di tanah air tercinta ini

  6. Ping balik: Buaya Muara, Terbesar, Terpanjang, dan Terganas | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s