Aneka Tanaman Air Penghias Kolam

Terdapat beraneka tanaman air yang bisa digunakan untuk penghias kolam. Kolam kecil sebagai aksen taman, akan tampak semakin indah dan menawan dengan keberadaan aneka tanaman air. Selain mempercantik kolam, berbagai tumbuhan air tersebut pun dapat berfungsi sebagai pembersih air kolam. Tanaman air disebut juga sebagai tanaman akuatik (aquatic plant).

Inilah daftar tanaman air yang bisa menjadi pilihan untuk menghias dan mempercantik kolam air. Pun, sekaligus mampu menjadi pembersih air kolam.

1. Teratai (Nymphaea)

Teratai adalah nama bagi sekumpulan tanaman air anggota genus Nymphaea (famili Nymphaeaceae). Jumlah spesiesnya mencapai 50 jenis. Dalam bahasa Inggris, tanaman berbunga dari genus Nymphaea ini dikenal sebagai water-lily atau waterlily.

Teratai (Nymphaea)

Teratai (Nymphaea)

Tanaman teratai tumbuh di permukaan air dengan daun dan bunga mengapung. Daun nya berwarna hijau dengan bentuk bundar atau oval yang lebar dan membentuk potongan pada jari-jari menuju ke tangkai.

Selengkapnya mengenai bunga teratai baca : Teratai Tanaman Air dengan Bunga Mempesona.

2. Lotus atau Seroja (Nelumbo nucifera)

Lotus disebut juga Seroja. Tidak jarang dianggap sebagai tanaman yang sama dengan teratai. Padahal antara keduanya merupakan spesies yang jauh berbeda. Jika teratai merupakan anggota genus Nymphaea maka lotus merupakan anggota genus Nelumbo (famili Nelumbonaceae). Nama latin tumbuhan air ini adalah Nelumbo nucifera Gaertn, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indian Lotus, Sacred Lotus, atau Bean of India.

Seroja (Nelumbo nucifera)

Lotus atau Seroja (Nelumbo nucifera)

Meskipun sama-sama tanaman air, namun lotus gampang dibedakan dengan teratai. Jika daun dan bunga teratai terapung di permukaan air, maka bunga seroja (lotus) tumbuh di atas permukaan air (tidak mengambang) dengan tangkai yang kokoh.

Selengkapnya mengenai bunga Seroja baca : Mengenal Bunga Seroja atau Bunga Lotus.

3. Apu-apu (Pistia stratiotes)

Tanaman air selanjutnya yang tidak kalah menawan sebagai penghias kolam adalah Apu-apu. Apu-apu dikenal juga sebagai Kapu-kapu atau kayu apung. Nama latin bunga ini adalah Pistia stratiotes (famili Araceae). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Water Cabbage, Water Lettuce, Nile Cabbage, atau Shellflower.

Apu-apu (Pistia stratiotes)

Apu-apu (Pistia stratiotes)

Tumbuhan air yang tersebar secara alami di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia ini, mengapung di permukaan air dengan daun berwarna hijau. Daun tersusun melingkar dan kadang bertumpuk-tumpuk. Pada bagian atas permukaan daunnya memiliki bulu-bulu halus putih yang sekilas nampak seperti beludru. Selain indah dan eksotis, apu-apu (Pistia stratiotes) termasuk bunga yang mudah perawatannya, sehingga tidak heran menjadi salah satu favorit tanaman air penghias kolam ataupun pot air.

Untuk memperingan pemuatan (loading) halaman, kumpulan gambar Kenari ini dibagi dalam dua halaman. Klik tulisan ““HALAMAN BERIKUTNYA >>” atau “<< HALAMAN SEBELUMNYA” di bagian bawah.

HALAMAN BERIKUTNYA >>

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Aneka Tanaman Air Penghias Kolam

  1. Bisnis Online berkata:

    enceng gondok yg hiasi kolam ikanku kok ga disebut pa yah? hehe lam knal buat ya

  2. outbound berkata:

    keren infonya kang
    up date terus ya

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s