Jenis Spesies Babirusa (Babyrousa)

Dalam artikel tentang Babirusa terdahulu (baca : Babirusa Hewan Endemik Sulawesi Indonesia), Alamendah’s Blog menyebutkan jika Babirusa sebagai satu jenis atau spesies yaitu Babyrousa babirussa. Ternyata oleh beberapa pihak, hewan endemik ini diklasifikasikan menjadi beberapa spesies. Oleh The Integrated Taxonomic Information System (ITIS) Babirusa dikelompokkan menjadi empat spesies sedangkan oleh The IUCN Red List of Threatened Species, dibagi dalam tiga spesies.

Babirusa merupakan salah satu jenis mammalia yang digolongkan dalam famili Suidae. Memiliki badan menyerupai babi namun memiliki ciri khas berupa taring panjang yang mencuat menembus moncongnya. Kesemua jenis babirusa merupakan hewan endemik Sulawesi dan pulau sekitarnya.

Macam Jenis Babirusa

IUCN Red List, memisahkan babirusa dalam tiga spesies yang berbeda. Ketiga spesies tersebut adalah Babyrousa babyrussa, Babyrousa celebensis, dan Babyrousa togeanensis. Sedangkan ITIS menambahkannya dengan satu spesies yaitu Babyrousa bolabatuensis. Jenis terakhir ini oleh IUCN Red List dianggap sebagai spesies yang sama (sinonim) dari B. celebensis.

Babyrousa babyrussa (Hairy Babirusa atau Babirusa Buru)

Babirusa Buru (Babyrousa babyrussa)

Babirusa Buru (Babyrousa babyrussa)

Jenis pertama adalah Babirusa Buru. Nama latin hewan ini adalah Babyrousa babyrussa (Linnaeus, 1758) yang mempunyai beberapa nama sinonim. Nama sinonim tersebut diantaranya adalah Babyrousa alfurus (Lesson, 1827), Babyrousa babirousa (Jardine, 1836), Babyrousa babirusa (Guillemard, 1889), Babyrousa babirussa (Quoy & Gaimard, 1830), Babyrousa frosti (Thomas, 1920), Babyrousa indicus (Kerr, 1792), Babyrousa orientalis (Brisson, 1762), dan Babyrousa quadricornua Perry, 1811. Spesies ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Hairy Babirusa, Buru Babirusa, Babirusa, Deer Hog, atau Babiroussa.

Spesies babirusa ini mendiami Pulau Taliabu dan Mangoli (di Kep. Sula, Maluku Utara), dan di Pulau Buru, Maluku. Status konservasinya Vulnerable (Rentan).

Babyrousa celebensis (Babirusa Sulawesi)

Babirusa Sulawesi (Babyrousa celebensis)

Babirusa Sulawesi (Babyrousa celebensis)

Jenis kedua adalah Babirusa Sulawesi. Nama ilmiah hewan endemik ini adalah Babyrousa celebensis (Deninger, 1909) dengan nama sinonim Babyrousa bolabatuensis Hoojer, 1950; dan Babyrousa merkusi De Beaufort, 1964. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sulawesi Babirusa.

Spesies ini hidup di hampir semua wilayah Pulau Sulawesi, kecuali Sulawesi Selatan bagian selatan. IUCN Red List memberikan status Vulnerable (Rentan).

Babyrousa togeanensis (Babirusa Togean)

Jenis ketiga adalah Babirusa Togean. Nama latin hewan ini adalah Babyrousa togeanensis (Sody, 1949). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Togian Islands Babirusa. Spesies ketiga ini merupakan hewan endemik yang mendiami Kepulauan Togean yang meliputi pulau Batudaka, Togean, Talatakoh, dan Malenge (Sulawesi Tengah).

Itulah ketiga jenis (spesies) Babirusa. Ketiganya merupakan hewan endemik Indonesia yang langka dan unik. Pun termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah Babirusa : Kerajaan : Animalia. Filum : Chordata. Kelas : Mammalia. Ordo : Artiodactyla. Famili : Suidae. Genus: Babyrousa.

Baca artikel tentang satwa Indonesia lainnya :

Referensi dan gambar :
www.iucnredlist.org/details/2461/0
www.iucnredlist.org/details/136446/0
www.iucnredlist.org/details/136472/0
www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=624935
www.arkive.org (gambar Babirusa Buru)
commons.wikimedia.org (Gambar Babirusa Sulawesi)

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Jenis Spesies Babirusa (Babyrousa)

  1. dizaz berkata:

    Hewan yang unik, babi tapi punya tanduk seperti rusa,
    walaupun namanya ada kata rusanya, tetap tidak boleh dimakan dalam keyakinan saya 😀

  2. Lidya berkata:

    agak mirip kerbau ya sekilas

  3. ysalma berkata:

    Saya baru tau ternyata ada hewan langka dan endemik Indonesia bernama Babirusa, nama yang unik 🙂

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s