Energi Panas Bumi (Geothermal Energy) di Indonesia

Energi panas bumi atau geothermal energy menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang diyakini melimpah dan ramah lingkungan, termasuk energi panas bumi di Indonesia. Indonesia bahkan menjadi negara dengan kandungan panas bumi yang besar, 40% potensi panas bumi dunia terdapat di Indonesia. Sayangnya, besarnya cadangan panas bumi di Indonesia tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Dan Indonesia masih saja bergantung dengan sumber energi dari fosil.

Energi panas bumi atau geothermal energy adalah energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Geothermal berasal dari bahasa Yunani “Geo” yang  berarti “bumi” dan ‘therm‘ yang berarti kalor atau panas. Energi dihasilkan dari aktivitas tektonik yang terjadi di dalam bumi. Di samping itu dapat pula berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Lebih lanjut proses terbentuknya energi panas bumi (geothermal) dipicu oleh aktivitas tektonik di dalam perut bumi. Inti bumi memiliki magma yang temperaturnya mencapai 5.400 derajat celcius. Magma ini membuat lapisan bumi di sebelah atasnya mengalami peningkatan temperatur. Ketika lapisan ini bersentuhan dengan air maka akan menjadi uap panas bertekanan tinggi. Inilah energi potensial yang kemudian dikenal sebagai energi panas bumi atau geothermal energy.

Pemanfaatan energi panas bumi diyakini menjadi salah satu sumber energi alternatif. Kelebihan energi yang dihasilkannya adalah pertama, panas bumi merupakan salah satu sumber energi terbersih. Kedua, merupakan jenis energi terbarukan yang relatif tidak akan habis. Ketiga, ramah lingkungan yang tidak menyebabkan pencemaran (baik pencemaran udara, pencemaran suara, serta tidak menghasilkan emisi karbon dan tidak menghasilkan gas, cairan, maupun meterial beracun lainnya). Keempat, dibandingkan dengan energi alternatif lainnya seperti tenaga surya dan angin, sumber energi ini bersifat konstan sepanjang musim.

Peta Potensi Panas Bumi Indonesia

Peta Potensi Panas Bumi Indonesia

Potensi dan Pemanfaatan Sumber Energi Panas Bumi di Indonesia

Berbicara tentang potensi, Indonesia memiliki potensi energi panas bumi (geothermal) yang besar. Menurut data PT Pertamina Geothermal Energy (pge.pertamina.com), Indonesia memiliki 40% dari seluruh potensi panas bumi di dunia. Sumber-sumber tersebut tersebar di 251 lokasi Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, hingga ujung barat Papua. Kementerian ESDM (2013) memperkirakan kapasitas seluruh cadangan dan sumber daya energi panas bumi di Indonesia mencapai 28.994 MWe (megawatt listrik). Jumlah energi tersebut, jika menggunakan BBM, setara lebih dari 200 milyar barrel minyak.

Sayangnya dari potensi besar energi panas bumi di Indonesia tersebut, baru kurang dari 4 persen saja yang telah dimanfaatkan. Tidak banyak pembangkit listrik tenaga panas bumi yang telah beroperasi di Indonesia. Dari yang sedikit tersebut antara lain : PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Salak (Jawa Barat), PLTP Dieng (Jawa Tengah), dan PLTP Lahendong (Sulawesi Utara).

Memang sungguh disayangkan jika potensi panas bumi yang sedemikian besarnya, belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh Indonesia. Indonesia masih memilih kekeuh dengan sumber energi berbahan bakar fosil yang berdampak besar pada pemanasan global, itupun belum mencukupi kebutuhan energi nasional. Dan menyiakan 28,9 ribu MW sumber energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan yang disediakan panas bumi.

Referensi dan gambar :
pge.pertamina.com/index.php?option=com_content&view=article&id=19&Itemid=8
www.otp-geothermal.co.id/id/energi-geothermal/energi-panas-bumi-di-indonesia.html
energitoday.com/2014/07/12/mengenal-lebih-dekat-geothermal-apa-itu
https://alamendah.org/2014/09/09/8-sumber-energi-terbarukan-di-indonesia
www.otp-geothermal.co.id (gambar)

Baca artikel tentang energi dan lingkungan hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Energi Panas Bumi (Geothermal Energy) di Indonesia

  1. orangbiasaji berkata:

    di Indoe kebanyakan politisi sih … insinyurnya pada kemana? ya direksut asing hehehe
    ato hanya dijadiin karyawan bisa aja, inovasi kita hanya di acara lomba2 saja 🙂

    tapi terus semangat kawans 😀

  2. mesin laundry berkata:

    kayanya indonesia masih blm pake energi panas bumi

  3. nelsonabsonybarus berkata:

    Ini menyangkut mafia importir bbm yg tdk mau kehilangan pemasukan berkurang akibat listrik panas bumi yg tdk butuh bbm

  4. apa arti geotermal berkata:

    apa arti geotermal

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s