Linsang (Prionodon linsang) yang Bukan Berang-berang

Banyak masyarakat menyebut Linsang untuk menamai Berang-berang, hewan semi-akuatik. Padahal antara Linsang dan berang-berang adalah dua jenis hewan yang berbeda. Penampilan Linsang lebih mirip kucing sedangkan Berang-berang menyerupai musang. Secara taksonomi meskipun sama-sama anggota ordo Carnivora, namun sudah terpisah di tingkat famili, Linsang berfamili Viverridae sedangkan Berang-berang berfamili Mustelidae.

Bahkan dalam situs-situs jual beli hewan online, sering kali dijumpai penjual yang menawarkan Berang-berang tetapi dengan menyebutnya sebagai Linsang. Atau tidak jarang, keduanya dianggap sebagai spesies yang sama yaitu berang-berang.

Sebelum melanjutkan pembahasan ke Linsang, ada baiknya membaca dengan tuntas ciri-ciri, karakteristik, perilaku, daerah sebaran, dan jenis berang-berang dalam artikel : Berang-Berang Indonesia Bukan Pembuat Bendungan.

Mengenal Karakteristik dan Perilaku Linsang

Linsang atau Musang Congkok

Linsang atau Musang Congkok

Linsang terdiri atas dua spesies yaitu Prionodon pardicolor atau Spotted Linsang yang hidup di daratan Asia dan Prionodon linsang atau Banded Linsang yang hidup di Indonesia (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan), Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Jenis kedua inilah yang akan kita diskripsikan dalam artikel ini.

Linsang (Prionodon linsang) berukuran sedang dengan tubuh sepanjang 35-40 cm, ekor sepanjang 30-35 cm dan berat tubuh 700 gram. Tubuh langsing dengan kepala agak runcing, menyerupai kepala kucing. Tubuh ditumbuhi bulu berwarna kuning keputih-putihan dengan belang-belang berupa garis atau noda berwarna hitam. Ekor panjang berwarna kekuningan dengan garis belang-belang hitam. Linsang memiliki gigi taring yang tajam juga kuku-kucu tajam yang dapat disembunyikan di telapak kakinya.

Merupakan hewan nokturnal atau lebih aktif di malam hari. Gerakannya gesit dan cekatan, baik saat di daratan maupun saat memanjat di pepohonan. Makanan utama Linsang adalah mammalia kecil, burung, hewan-hewan pengerat (seperti tikus), katak, hingga serangga. Saat mengintai mangsa, hewan asli Indonesia ini mengendap-endap dan merangkak dengan perut menyentuh tanah untuk kemudian menerkam mangsanya dengan tiba-tiba. Dari karakteristiknya tersebut hewan dengan nama latin Prionodon linsang ini kerap juga dijuluki sebagai ‘Macan Luwak’ atau ‘Musang Congkok’.

Linsang menghuni hutan hujan tropis di dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian hingga 2000 meter dpl. Daerah sebarannya meliputi pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Selain itu dapat dijumpai juga di Malaysia, Brunei Darussalam, hingga bagian selatan Thailand dan Myanmar.

Seperti Berang-berang, Linsang juga termasuk salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999. Sedangkan IUCN Redlist memasukkan hewan karnivora ini dalam status konservasi Least Concern. Sedangkan oleh CITES didaftar sebagai Appendix II sejak tahun 1975.

Klasifikasi Ilmiah Linsang. Kerajaan : Animalia  Filum : Chordata  Kelas : Mamalia. Ordo : Carnivora. Famili : Viverridae. Genus : Prionodon. Spesies : Prionodon linsang (Hardwicke, 1821).

Referensi dan Gambar :
id.wikipedia.org/wiki/Linsang
www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=622000
www.iucnredlist.org/details/41705/0
arnivoraforum.com/topic/9978562/1 (gambar)

Baca artikel tentang hewan Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Linsang (Prionodon linsang) yang Bukan Berang-berang

  1. Kalau lihat hewan linsang seperti lucu ya Kang ? Jadi ingat waktu ketemu di hutan.

    Salam

  2. MY Rasjad berkata:

    Ada Otter ada juga Beaver, keduanya adalah spesies yg berbeda. Satu karnivor, satunya lagi herbivor. Masa iya sih keduanya diterjemahkan sebagai Berang-berang? Ada usul untuk terjemahan Beaver? Tikus air?

  3. ygjpn739 berkata:

    wah keren.. tetapi linsang yang saya dengan kok beda ya.. dia makhluk yang makan ikan. terus ini beda.. gimana menurut kawan2 ?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s