7 Jenis Bunga yang Paling Mudah Perawatannya

Indonesia memiliki berbagai ragam jenis bunga, baik tanaman hias di dalam ruangan maupun bunga luar ruangan. Berbagai spesies bunga introduksi (bukan asli Indonesia) pun dengan mudah dapat ditanam dan dikembangkan di Indonesia. Namun tentunya masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Ada bunga yang mudah perawatannya dan sebaliknya ada pula jenis bunga yang membutuhkan perawatan yang lebih khusus.

Kali ini Blog Alamendah, berusaha mendaftar 7 bunga yang paling mudah perawatannya. Jenis-jenis bunga yang tidak terlalu membutuhkan perhatian ekstra untuk menanam, memelihara, dan merawatnya. Meskipun tanpa perawatan yang khusus, bunga-bunga ini mampu hidup dan berkembang dengan baik.

Yang dimaksud bunga di sini adalah tanaman-tanaman hias yang menghasilkan bunga. Sehingga tanaman hias yang mengandalkan keindahan daun, tajuk, dan batang tidak termasuk dalam daftar ini. Tanaman seperti lidah mertua, keladi hias, dan sirih gading, meskipun sangat mudah ditanam dan dirawat tidak dimasukkan dalam daftar ini.

Tujuh Bunga Jenis Bunga yang Paling Mudah Dirawat

Berikut ini daftar tujuh bunga yang paling mudah ditanam dan dirawat :

1. Melati

Bunga Melati

Bunga Melati

Melati merupakan salah satu bunga yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan salah satu jenis melati, Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia bersama dengan Rafflesia arnoldii dan bunga anggrek bulan. Melati dengan bunganya yang berwarna putih dan berbau harum menjadi salah satu bunga yang paling bandel dan mudah perawatannya. Tanaman perdu ini tidak memerlukan perawatan khusus. Dapat ditanam di halaman maupun di dalam pot. Perhatian yang diperlukan hanya dengan melakukan pemangkasan sekali-kali untuk mengendalikan ukuran tanamannya.

2. Asoka

Bunga Asoka

Bunga Asoka

Meskipun bukan bunga asli Indonesia, Asoka cukup populer di Indonesia. Bunga yang memiliki nama latin Saraca indica dan bunga khas ini perawatannya sangat gampang. Tumbuhan ini mampu hidup normal di tempat yang terik (dengan banyak sinar matahari) maupun tempat yang teduh.

Klik pada gambar “<–” untuk ke halaman sebelumnya

Halaman sebelumnya Halaman berikutnya

Klik pada gambar “–>” untuk ke halaman berikutnya

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke 7 Jenis Bunga yang Paling Mudah Perawatannya

  1. ysalma berkata:

    Iya, ke tujuhnya tanaman perawatan mudah, kalau sudah tumbuh, malah kalau mau ‘dimusnahkan’ yang susah 🙂

  2. Lidya berkata:

    model saya yang gak bisa merawat bunga haru smerawat bunga yang mudah perawatannya nih

  3. Evi berkata:

    Punya bunga melati di halaman itu menyenangkan pastinya. Apa lagi saat bunganya mekar, wanginya suka sembriwing di bawa angin ke dalam rumah

  4. anton berkata:

    selamat pagi ,, salam kenal sebelumnya..
    saya mau tanya kalo untuk bunga mawar sama melati mana yang lebih mudah ya perawatannya?
    sekalian saya mau kasih info nih ada blog kompetisi di kompetisimenulis.com

  5. Putri berkata:

    benar sekali 7 bunga tersebut memang tdk terlalu sulit perawatannya

  6. mangKoko berkata:

    Di depan rumah pernah tumbuh sebatang pohon bunga kenanga.
    Suatu saat ketika lagi berbunga semerbak harum …. seorang tetangga bilang :
    “Mas, pohon kenanga itu suka dihuni makhluk halus lho !”
    He he … ternyata ada juga yang takut dan ngeri dengan bau semerbak kenanga 🙂

  7. Tiarani berkata:

    Ke 7 bunga itu mudah merawatnya 🙂

  8. Kholid berkata:

    salam kenal…. ini saya mau tanya, alna saya punya tanaman bunga, kata penjualnya sih dulu perawatannya mudah, namun trnyata banyak hama yg kayak putih2 itu lo…. gmna ya cara menanganinya…

  9. bagus nih gan artikelnya mantap thanks..

  10. Melilea berkata:

    Iya kalau tanaman itu mah ga perlu perawatan khusus,,orang di depan rumah saya aja ga di tanam tau-tau tumbuh sendiri.

  11. onlyprint berkata:

    Kenapa dijakarta bunga-bunga tsb makin jarang ya?

  12. Ping balik: Bunga Air Mata Pengantin Si Perambat Indah | Alamendah's Blog

  13. butiran debu berkata:

    wah,, bener.. hampir sebagian Nenekku pernah ngerawat bunga bunga itu, apa lagi Kembang Sepatu.. paling awet dan gampang banget idupnya 😀 Melati juga.. nah Aku baru tau nama bunga Asoka xixixi biasanya Aku bilang Bunga Jarum (bentuknya benean kaya jarum :D)..

  14. Ping balik: Koleksi Wallpaper Gambar Bunga Indonesia | Alamendah's Blog

  15. dapat bunga melati dari maana

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.