Yuk Tanam Pohon di Hari Pohon Sedunia

Yuk, tanam pohon di Hari Pohon Sedunia. Ya, setiap tanggal 21 November dunia memperingati sebagai Hari Pohon Sedunia (World Tree Day). Sesuai dengan namanya, peringatan Hari Pohon menjadi kampanye untuk mengingatkan pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Setiap hari tidak terhitung berapa batang pohon yang ditebang hingga hutan-hutan pun mengalami deforestasi yang dasyat. Di sekiling kita, tidak terhitung berapa pohon yang telah ditumbangkan dengan berbagai dalih dan alasan.

menanam pohon

menanam pohon di Hari Pohon Sedunia

Padahal kita semua mafhum akan peran dan fungsi pohon bagi kehidupan setiap makhluk di bumi termasuk manusia. Untuk mengingatkan betapa pentingnya keberadaan pohon bagi kelangsungan kehidupan di bumi, sila baca artikel Alamendah’s Blog yang ini:

Untuk memperingati Hari Pohon Sedunia, menanam pohon merupakan pilihan utama yang tepat. Tentunya di samping berbagai hal-hal kecil lainnya yang bermanfaat bagi lingkungan seperti mengurangi pemakaian produk yang menghasilkan sampah, menghemat pemakaian kertas dan tissu, hingga melakukan aksi 3R dan pengolahan kompos di tingkat rumah tangga.

Atau jika anda mau, WWF mempunyai program #MyBabyTree, di mana setiap orang di manapun dapat berpartisipasi. Dengan donasi $15 siapapun bisa menanam pohon di berbagai belahan dunia dan mengawasi pertumbuhannya secara online. Info selelngkapnya kunjungi: http://www.mybabytree.org.

Dengan menanam sebatang pohon tepat di Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) 2013 ini, setidaknya kita telah turut melakukan sebuah tindakan kecil yang bermanfaat besar dan kontinyu. Karena waktu sejenak yang dipergunakan untuk menanam pohon hari ini akan terbalas, minimal oleh oksigen yang kita hirup gratis setiap hari hingga paru-paru kita lelah berkerja.

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Yuk Tanam Pohon di Hari Pohon Sedunia

  1. Mesin Kasir Top berkata:

    rawat bumi kita untuk anak cucu kita kelak

  2. islam berkata:

    Assalamualaikum, sebaiknya kita menanam pohon yang penting saja ya, dan jaga lupa pohon tua yang sudah berumur seratus tahun lebih dijaga dan dirawat dengan baik. waalaikumsalam.

  3. Obat Asma Alami berkata:

    Konsep sederhana adalah dengan menanam jenis pohon per wilayah. Misal di desa yang satu menanam pohon mangga, desa lain menanam pohon rambutan, desa lain menanam pohon yang lainnya. Selain menghijaukan dunia, akan tercipta sebuah komoditas baru bagi tempat itu yang akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

  4. habib berkata:

    rumah saya banyak sudah banyak pohon mas…pohon belimbing, pohon jarak (favorit tetangga), kumis kucing, sambiloto dll…heheh…htt*://kambingaqiqahh.blogspot.com

  5. Tatang Tox berkata:

    Mengingat banyaknya bencana banjir akhir2 ini, Sebaiknya program menanam pohon ini perlu lebih digalakkan lagi. Kalau perlu, diajarkan sejak masih kecil… Dari yang sederhana saja, misal menanam cabe di pot, sehingga anak2 akan terbiasa untuk menyayangi pohon.

    Dan pemerintah tidak mudah tergiur rupiah untuk merubah lahan hijau menjadi area konsumtif.

  6. Tiang antrian berkata:

    Benar sekali , menginggatnya banyak banyak di beberapa bulan belakangan ini. nampaknya kita harus peduli terhadap lingkung di sekitar halaman rumah

  7. obat asma berkata:

    pekerjaan yang gampang, yang dapat menyelematkan dunia.

  8. Obat Maag kronis Tradisional berkata:

    ayo kita tanam ,, kita jadikan 1 pohon sebabgai nyawa buat bumi ini…

  9. yu ahh kita bikin paru paru bumi kita sehat lgi,,,
    kita basmi penebangan liar

  10. Ping balik: Perda Perlindungan Pohon Kota Surabaya Pertama di Indonesia | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s