Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy)

Mengenal pengertian ekonomi hijau atau green economy sebenarnya tidak sulit, demikian paling tidak menurut salah satu teman saya. Menurut dia apa yang disebut dengan ekonomi hijau adalah perekonomian yang tidak merugikan lingkungan hidup.

Program Lingkungan PBB (UNEP; United Nations Environment Programme) dalam laporannya berjudul Towards Green Economy menyebutkan, ekonomi hijau adalah ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Ekonomi hijau ingin menghilangkan dampak negatif pertumbuhan ekonomi terhadap lingkungan dan kelangkaan sumber daya alam.

Dari definisi yang diberikan UNEP, pengertian ekonomi hijau dalam kalimat sederhana dapat diartikan sebagai perekonomian yang rendah karbon (tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan), hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial.

Kemudian apa bedanya ekonomi hijau (green economy) dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development)?. Konsep ekonomi hijau melengkapi konsep pembangunan berkelanjutan. Sebagaimana diketahui prinsip utama dari pembangunan berkelanjutan adalah “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan”. Sehingga dapat dikatakan bahwa ekonomi hijau merupakan motor utama pembangunan berkelanjutan.

Ekonomi Hijau

Ekonomi Hijau (Green Economy)

Ekonomi Hijau Tema Hari Lingkungan Hidup 2012. UNEP menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 adalah Green Economy: Does it include you?”. Dalam konteks Indonesia, tema tersebut diadaptasi sebagai Tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2012 menjadi “Ekonomi Hijau: Ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan”.

Dari sini terlihat pentingnya perubahan paradigma dan perilaku untuk selalu mengambil setiap kesempatan dalam mencari informasi, belajar dan melakukan tindakan demi melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Dengan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pola hidup masyarakat modern telah membuat pembangunan sangat eksploitatif terhadap sumber daya alam dan mengancam kehidupan. Pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan produksi terbukti membuahkan perbaikan ekonomi, tetapi gagal di bidang sosial dan lingkungan. Sebut saja, meningkatnya emisi gas rumah kaca, berkurangnya areal hutan serta musnahnya berbagai spesies dan keanekaragaman hayati. Di samping itu adalah ketimpangan rata-rata pendapatan penduduk negara kaya dengan negara miskin.

Konsep ekonomi hijau diharapkan menjadi jalan keluar. Menjadi jembatan antara pertumbuhan pembangunan, keadilan sosial serta ramah lingkungan dan hemat sumber daya alam. Tentunya konsep ekonomi hijau baru akan membuahkan hasil jika kita mau mengubah perilaku.

Referensi:

  • http://www.unep.org/wed/greeneconomy
  • Sambutan Menteri Lingkungan Hidup Kepada Pemimpin Daerah Dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012
  • gambar: content.ll-0.com/altamimi/altamimi_e_a001432217.JPG?i=051909065337

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan Indonesia lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy)

  1. mariasunarto berkata:

    Sayangnya belum bisa terealisasi sebagian besar di Indonesia , terutama pada masarakat yang masa bodo pada linkungannya. terima kasih mas Alam share infonya.

  2. giewahyudi berkata:

    Pada prinsipnya ekonomi memang harus mengambil filosofi alam, semua yang ada di bumi ini dihasilkan untuk kemaslahatan umat namun manusia juga harus menjaga alam agar tetap lestari..

  3. Oyen berkata:

    trus pegimane entu program wat minimalin karbon? bukannya buanyaknya kendaraan nyang mbikin matjet juga ningkatin karbon?

  4. Ping balik: Selamat Hari Lingkungan Hidup 2012 | Alamendah's Blog

  5. prih berkata:

    Terimakasih Mas ikut belajar ekonomi hijau, (sambil komat-kamit wujudkan ubah perilaku sesuai anjuran membuahkan konsep ini), Salam

  6. house residence berkata:

    ekonomi juga berperngaruh dengan alam memang tata letak atau tempat pepohonan di kota – ktoa juga kurang strategis menurutku moga pemerintah memberi ruang untuk tempat pohon di pinggir jalan

  7. Yustina berkata:

    Selamat Hari Lingkungan Hidup, semoga hal ini bukan hanya semboyan tetapi kita bisa berbuat sesuatu walaupun kecil untuk di lingkungan sekitar kita, tetapi berdampak baik dan besar dikemudian hari. Salam Lingkungan

  8. Ina Herdiana berkata:

    selamat hari lingkungan hidup, semoga dapat menumbuhkan kesadaran bagi kita sebagai warga Indonesia untuk membudayakan “Green Economy” mengubah perilaku dan meningkatkan kualitas lingkungan dengan cara hemat air, energi, serta menanam pohon.

  9. Andi M berkata:

    Ketika daya dukung (sumber daya) alam dan daya tampung lingkungan sudah tidak seimbang dan tidak kuat lagi dalam menampung dan memfasilitasi kegiatan penduduk (kualitas, kuantitas, dan mobilitas penduduk), maka otomatis kehidupan kita dan kehidupan generasi mendatang akan terancam karena kesalahan kita akibat kerusakan lingkungan.
    Agar tidak terjadi hal itu, memang dibutuhkan pemahaman, kesadaran, dan pembelajaran (pemberdayaan) kepada sesama akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
    Dan semoga program ekonomi hijau ini, juga bisa jadi model dan pedoman dalam setiap langkah kegiatan manusia di Bumi ini.
    Selamat Hari Lingkungan Hidup,
    Salam kenal, dan salam peduli lingkungan.
    Note: Oh iya, saya pinjam gambarnya untuk ilustrasi tulisan saya ya Mas Alam.
    Terima Kasih

  10. lia berkata:

    izin share

  11. Ping balik: Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy) « menata bersama

  12. lia berkata:

    izin share sebagian

  13. kami melakukan ekonomi hijau dengan Program I-Gist “International Green Investment System”, ini sangat mebantu global worming dan peningkatan ekonomi, 1 tujuan 2 dampak kita dapatkan, lebih lanjut buka youtube “search” Hutan Tanaman Jabon I-GIST dan masuk dalam ekonomi mikro, jika ingin mengetahui lebih detail tentang I-GIST hubungi: Arman Setia Budi, ST, HP: 081805067450, 08125297543. Mari Bergabung dengan Program kami di I-GIST dari PT. Global Media Nusantara “GMN”, Terimakasih

  14. Ping balik: sigitari95

  15. Ping balik: Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy) | BLHD Kabupaten Ende

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.