Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012

Keanekaragaman Hayati Laut dipilih menjadi tema dalam perayaan IDB (The International Day for Biological Diversity; Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati) 2012. Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati sendiri akan diperingati besok, 22 Mei 2012.

Penetapan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (IDB) 2012 dengan mengambil tema Keanekaragaman Hayati Laut (Marine Biodiversity) didasari luas permukaan bumi yang 71 persen diantaranya berupa laut. Diharapkan tumbuh ketertarikan pada kehidupan laut dan meningkatkan kesadaran akan kelestarian keanekaragaman hayati di laut.

Laut sendiri mempunyai tingkat keanekaragam hayati yang sangat tinggi. Tim ‘Census of Marine Life‘ yang melibatkan 2.700 ilmuan dari 80 negara di dunia yang telah bekerja pada tahun 2000 – 2010 menyimpulkan bahwa laut sedikitnya diisi oleh satu juta spesies. Dan baru 250.000 diantaranya yang teridentifikasi. Di mana jumlah tersebut belum termasuk berbagai mikroba yang hidup di laut. Bahkan berbagai pihak memperkirakan jumlah keanekaragaman hayati di laut bisa jadi dua kali lipat jumlahnya ketimbang perkiraan tim Census of Marine Life.

Logo dan Tema Hari Keanekaragaman hayati 2012

Logo dan Tema Hari Keanekaragaman hayati 2012 dalam bahasa Indonesia

Kehadiran manusia terkadang merugikan keanekaragaman hayati laut. Seperti penurunan paus biru (Balaenoptera musculus) akibat perburuan serta langkanya berbagai spesies penyu dan berbagai spesies laut lainnya. Saat ini, dunia telah kehilangan hingga 30 persen dari total luas padang lamun. Pun, sekitar 35 % mangrove dan terumbu karang pun telah rusak oleh aktivitas manusia.

Selain oleh perburuan berbagai spesies laut, aktivitas manusia lainnya pun menjadi ancaman besar akan kelestarian keanekaragaman hayati laut. Dampak lain aktivitas manusia itu diantaranya adalah:

  • Pencemaran laut berupa senyawa kimia dan logam berat dapat mempengaruhi reproduksi, pertumbuhan, dan perilaku burung laut, ikan dan satwa laut lainnya.
  • Pencemaran nutrisi, pupuk dan kotoran hewan yang memasuki perairan pantai dapat menyebabkan fenomena eutrofikasi; berkurangnya tingkat oksigen di dalam air.
  • Kebisingan yang dihasilkan oleh aktivitas transportasi dan industri dapat mengganggu sistem komunikasi spesies seperti ikan paus.
Ancaman Keanekaragaman hayati laut

Keanekaragaman hayati di laut terancam oleh berbagai aktivitas manusia

Padahal laut dengan keanekaragaman hayatinya mempunyai peran sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sebagai sumber makanan, terumbu karang yang sebagai pelindung daerah pesisir, mangrove yang melindungi dari kerusakan pantai, obyek wisata, dan lain sebagainya. Berbagai spesies laut potensial digunakan sebagai bahan obat.

Laut juga menjadi tempat hidup fitoplankton. Sebagaimana tumbuhan di darat, fitoplankton pun melakukan fotosintesis dan menghasilkan oksigen. Bahkan diperkirakan, separo dari total oksigen di bumi dihasilkan oleh fitoplankton.

Selamat Hari Keanekaragaman hayati 2012. Mari kita selamatkan keanekaragaman hayati laut, karena bisa jadi; Tanpa kehidupan di laut, tidak akan ada kehidupan di Bumi.

Referensi dan Logo: www.cbd.int/idb/2012

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup. Tandai permalink.

29 Balasan ke Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012

  1. mamacalvin berkata:

    Laut jakarta tuh harus dibenahi 🙂

  2. Agung Rangga berkata:

    wuah, besok ya hari peringatannya? 😯
    bahas tentang laut deh besok~ :mrgreen:

  3. Bila laut kita terjaga, hmmmm…. betapa indahnya…

  4. Yudhi Hendro berkata:

    Laut juga punya potensi penghasil energi ramah lingkungan dari gelombang dan angin, namun belum banyak dimanfaatkan.

    • alamendah berkata:

      Bicara soal energi terbarukan, bukan hanya laut, berbagai potensi energi terbarukan yang kita punyai masih belum termanfaatkan secara maksimal. Contohnya kita punya matahari yang bersinar sepanjang tahun, angin yang tiada henti bertiup, serta biofuel yang bahannya melimpah.

  5. Ibnu waladin berkata:

    Bukan hanya melestarikan alam dan lingkungan, tetapi kita wajib tahu tentang keseimbangan alam. Dimana semua saling berkait dan bergantung. Demikian secuil komentar saya dan salam blogger.
    Terima kasih

  6. ysalma berkata:

    Indonesia adalah negara kepulauan yang berarti dikelilingi oleh laut,
    tetapi sekitar Jakarta lautnya gak ada yang biru hiks..

    • alamendah berkata:

      Laut bisa jadi menjadi salah satu kekayaan kita yang terus terbaikan. jangankan untuk melestarikan keanekaragaman hayatinya, sekedar untuk menjaga ikannya dari pencurian yang dilakukan nelayan asing saja kita masih tidak mampu

  7. Belajar Komputer berkata:

    bagai mana dengan laut kita, yang notabene banyak spesies yang belum ditemukan laut lain justru dilaut kita banyak jumlahnya, kayaknya perlu dipublikasikan nih mas keanekaragaman laut kita nih

    • alamendah berkata:

      Benar sekali, banyak spesies laut kita yang belum terungkap jenisnya apalagi manfaatnya. Sayangnya, pengetahuan saya tentang itu tergolong kurang juga 🙂

  8. arif berkata:

    mantap nian rupanya ada Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati 😀

    • alamendah berkata:

      Hari Keanekaragaman Hayati diperingati sejak tahun 1993. Memang tidak setenar Hari Lingkungan Hidup, Hari Bumi, atau Hari Air.

      • arif berkata:

        kalau begitu, ayo semakin dibuat tenar, wujud kepedulian terhadap lingkungan, semoga pihak2 terkait seperti pemerintah makin peduli

  9. Abi Sabila berkata:

    Jujur, saya malah baru tahu adanya peringatan Hari Keanekaragaman Hayati, Pak. Juga baru tahu kalau diperkirakan separo dari total oksigen di bumi dihasilkan oleh fitoplankton yang hidupnya di laut. Mm…betapa akan meruginya kita bila kita tak selamatkan laut dan keanekaragaman hayatinya.

    Terima kasih informasinya, Pak. Salam hangat untuk keluarga tercinta

  10. penuliscemen berkata:

    jaga laut, jaga bumi. besok saya meu ngetweet tentang laut ah

  11. anny berkata:

    Keragaman laut kita sangat kaya dan berharap akan menjadi negara maritim yang berkualitas, ditunggu artikel mengenai lautnya lagi mas alam 🙂

  12. Orin berkata:

    Kemarin sempat snorkeling di pulau Oar mas, dan berharap dengan sangat di sana tidak terkena imbas pencemaran laut yg merusak terumbu karang dan teman2nya yg indah itu. Aamiin

  13. m-amin berkata:

    Selamat hari keanekaragaman hayati, semoga hari ini dapat menjadi penumbuh semangat untuk menganekaragamkan hayati di bumi tercinta ini.

  14. Imam Fahruddin berkata:

    baru tahu kalau ada hari keaneragaman hayati,

  15. kakaakin berkata:

    Semoga keragaman hayati tak berkurang. Gak kebayang, nantinya rantai makanan bisa terganggu bila ada jenis yang hilang…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.