Bunga Tetepok (Nymphoides indica) Sang Water Snowflake

Bunga tetepok atau Nymphoides indica memang pantas digelari “water snowflake”. Bunga tetepok yang putih kecil berbentuk bintang bagaikan serpihan salju yang tersebar di atas kolam.

bunga tetepok masih satu famili dengan bunga teratai yakni anggota familia Nymphaeaceae. Bersama teratai dan lotus (seroja), bunga tetepok merupakan tumbuhan air yang indah.

Pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2011 ini, bunga tetepok (Nymphoides indica) bahkan ditetapkan sebagai Puspa Nasional 2011, mendampingi katak api(katak darah) sebagai Satwa Nasional 2011. Puspa dan Satwa 2011 ini merupakan ikon dari HCPSN 2011 yang puncaknya akan diperingati besok 5 November.

Bunga tetepok (Nymphoides indica)

Bunga tetepok dengan daunnya yang seperti hati

Mengenal Tumbuhan Tetepok. Bunga tetepok dikenal juga sebagai bunga telepok atau telipuk. Bunga tetepok dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “water snowflake” karena warna bunganya yang putih mirip ‘serpihan salju’ di kolam. Pun disebut dan “floating hearth” lantaran bentuk daunnya yang seperti hati dan mengambang di permukaan air. Sedangkan nama latin bunga tetepok adalah Nymphoides indica yang mempunyai sinonim Nymphoides humboldtiana dan Nymphoides indicum.

Tumbuhan tetepok merupakan tumbuhan air dari famili Nymphaeaceae. Tanaman tetepok (Nymphoides indica) memiliki akar yang terendam di dalam air. Daunnya berwarna hijau, berbentuk hati, berukuran antara 5-20 cm, dan mengambang di permukaan air. Bunganya kecil berbentuk bintang dengan lima kelopak bunga berwarna putih dengan bagian berwarna kuning di tengahnya. Bunga dari tumbuhan tetepok mencuat di atas permukaan air dengan tangkai antara 2-4 cm.

Tumbuhan yang hidup di air tawar ini tumbuh di berbagai belahan dunia mulai dari Amerika, Eropa hingga Asia termasuk Indonesia. Tumbuhan tetepok atau “water snowflake” atau “floating hearth” atau Nymphoides indica ini termasuk tanaman yang gampang dibudidayakan. Untuk membudidayakan bunga tetepok atau telepok (Nymphoides indica) dapat dengan menggunakan biji atau dengan vegetatif yakni dengan stek daun dan batang yang nantinya akan tumbuh akar.

Tumbuhan Tetepok (Nymphoides indica)

Tumbuhan tetepok dengan daun dan bunganya di kolam

Mengingat keindahan dan keunikan bunga dan daun tetepok, telepuk, telepok, water snowflake, floating hearth, atau Nymphoides indica ini serta habitatnya yang tumbuh di air tawar maka pemerintah menetapkan ‘Si Serpihan Salju’ dan ‘Hati Mengambang’ ini sebagai Puspa Nasional 2011.

Klasifikasi ilmiah: Kingdom: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Solanales; Famili: Menyanthaceae; Genus: Nymphoides; Spesies: Nymphoides indica (L.) Kuntze

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang flora Indonesia dan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Bunga Tetepok (Nymphoides indica) Sang Water Snowflake

  1. Ping balik: Mengenal Bunga Seroja atau Bunga Lotus | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Bunga Air Mata Pengantin Si Perambat Indah | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s