Ubur-ubur Kakaban, Unik Tanpa Sengat

Ubur-Ubur Danau Kakaban, ubur-ubur yang unik lantaran tidak memiliki sengat. Berbeda dengan ubur-ubur lain yang biasa ditemukan di laut yang mempunyai kemampuan menyengatkan racun, pada ubur-ubur di danau Kakaban kelenjar sengat (nematosit) telah tereduksi sehingga tidak lagi membahayakan bagi manusia.

Ubur-ubur unik tanpa sengat ini bisa ditemukan di danau Kakaban, danau unik yang terdapat di pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Unik karena danau Kakaban merupakan danau prasejarah dengan air laut yang terperangkap di dalamnya sejak 2 juta tahun silam.

Keunikan pada danau Kakaban berimbas pada berbagai organisme yang hidup di dalamnya. Lantaran evolusi yang cukup lama air laut yang terperangkap di dalam danau Kakaban menjadi lebih tawar dibandingkan air laut di sekitarnya. Perubahan ini mengakibatkan berbagai faunayang hidup di dalamnya meski melakukan adaptasi termasuk ubur-ubur.

Danau Kakaban di pulau Kakaban

Danau Kakaban di pulau Kakaban

Di seluruh dunia hanya terdapat dua tempat seperti danau Kakaban ini. Selain di danau Kakaban, satu tempat lainnya terdapat di pulau Palau di Mikronesia.

Uniknya Ubur-ubur Danau Kakaban. Di danau Kakaban terdapat empat spesies ubur-ubur yakni ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur ubur totol (Mastigias papua), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata).

Ubur-ubur bulan (Aurelia aurita). Ubur-ubur yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai moon jellyini merupakan jenis ubur-ubur terbesar di Kakaban dengan ukuran antara 5-40 cm. Bentuk tubuhnya seperti mangkuk berwarna putih agak transparan dengan motif daun semanggi di ujung tudungnya.

Ubur-ubur totol (Martigias papua) Kakaban

Berenang di antara ubur-ubur totol (Martigias papua) Kakaban

Ubur-ubur totol (Mastigias papua). Ubur-ubur yang dikenal juga sebagai spotted jelly atau lagoon jelly ini mempunyai ukuran antara 1-20 cm. Ubur-ubur ini merupakan jenis ubur-ubur yang paling banyak jumlahnya di Danau Kakaban. Yang unik, ubur-ubur totol danau Kakaban mempunyai karakter yang berbeda dengan ubur-ubur totol pada umumnya. Selain pola totol pada tubuhnya yang mulai memudar, warna tudungnya yang berubah kemerahan, pun tentakelnya yang mengalami pengecilan. Nematosit (kelenjar sengat) pada ubur-ubur totol tereduksi menjadi sangat kecil sehingga kehilangan kemampuannya untuk menyengat.

Ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora). Ubur-ubur dengan nama Inggris merupakan ubur-ubur terkecil yang berukuran sekitar 0,7-1 cm. Meski kecil, di habitatnya di laut lepas, ubur-ubur kotak menjadi salah satu ubur-ubur yang sangat mematikan dengan bisa sengatnya. Namun sebagaimana ubur-ubur totol danau Kakaban, ubur-ubur kotak yang terperangkap di danau Kakaban inipun telah kehilangan kemampuan sengatnya yang mematikan karena tereduksinya kelenjar nematosityang dimilikinya.

Ubur-ubur terbalik (Cassiopea ordata)

Ubur-ubur terbalik (Cassiopea ordata) di danau Kakaban

ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata) atau upside-down jellyfish pun tak kalah unik bahkan menjadi trade mark Pulau Kakaban. Ubur-ubur jenis ini berenang secara terbalik dengan tentakel di bagian atas atas. Ubur-ubur terbalik bersimbiosis dengan zooxanthella (sejenis ganggang) yang menempel di bagian bawah tudung dan tentakel ubur-ubur. Agar zooxanthella mampu berfotosintesis dan menghasilkan makanan, ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata) berjalan terbalik dengan tentakel di bagian atas dan tudung di bagian bawah.

Membelai ubur-ubur Kakaban

Membelai ubur-ubur Kakaban nan unik lagi 'ramah'

Nah jika ingin merasakan sensasi berenang bersama ubur-ubur bahkan membelai ubur-ubur tanpa perlu takut tersengat oleh racun yang dimiliki ubur-ubur silakan ke danau Kakaban. Ubur-ubur kakaban yang unik dan ‘ramah’ di danau yang juga unik ini siap menyambut sobat.

Klasifikasi ilmiah:

  • Ubur-ubur bulan: Kerajaan: Animalia; Filum: Cnidaria; Kelas: Scyphozoa; Ordo: Semaeostomeae; Famili: Ulmaridae; Genus: Aurelia; Spesies: Aurelia aurita.
  • Ubur-ubur totol: Kerajaan: Animalia; Filum: Cnidaria; Kelas: Scyphozoa; Ordo: Rhizostomeae; Famili: Mastigiidae; Genus: Mastigias; Spesies: Mastigias papua.
  • Ubur-ubur kotak: Kerajaan: Animalia; Filum: Cnidaria; Kelas: Cubozoa; Ordo: Cubomedusae; Famili: Carybdeidae; Genus: Tripedalia; Spesies: Tripedalia cystophora.
  • Ubur-ubur terbalik: Kerajaan: Animalia; Filum: Cnidaria; Kelas: Scyphozoa; Ordo: Rhizostomae; Famili: Cassiopeidae; Genus: Cassiopea; Spesies: Cassiopea ornate.

Referensi dan gambar:

  • en.wikipedia.org
  • travel.okezone.com/read/2011/01/11/408/412860/
  • finroll.com/baca/97/ (gambar Pulau Kakaban), travel.kompas.com (gambar ubur-ubur totol), zamrud-khatulistiwa.or.id/?p=1028 (gambar ubur-ubur terbalik)

Baca artikel tentang hewan dan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Ubur-ubur Kakaban, Unik Tanpa Sengat

  1. Ping balik: Penyu Belimbing Penyu Terbesar | Alamendah's Blog

  2. Jamin Safdimardi berkata:

    Subhanallah, Allah memang Maha kaya.

  3. ace maxs berkata:

    hihihi kecil banget ubur-uburnya, cantik pula..
    aku suka (y)

  4. gak salah memang benar-benar unik (y)

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s