Pohon Malaka atau Kemloko – Phyllanthus emblica

Pohon malaka, melaka atau kemloko yang dalam bahasa latin disebut sebagai Phyllanthus emblica adalah nama sejenis pohon dan buah yang masih berkerabat dekat dengan ceremei. Konon dari nama tumbuhan inilah asal usul nama Kesultanan Melaka yang menguasai semenanjung Malaysia dan pesisir timur Sumatera pada 1402 – 1511 M.

Kini malaka atau melaka menjadi nama kota dan negara bagian di Malaysia, juga nama selat yang memisahkan Sumatera dan Malaysia. Dari nama tumbuhan ini pula sejumlah nama kelurahan di Jakarta berasal. Seperti kelurahan Roa Malaka (Tambora, Jakarta Barat), Malaka Jaya, dan Malaka Sari (Duren Sawit, Jakarta Timur)

Pohon malaka atau kemloko di beberapa daerah di Indonesia mempunyai beberapa sebutan seperti malaka, melaka, kimalaka (Melayu), balaka (Minangkabau), malaka (Sunda, Betawi), kemloko (Jawa), malakah (Madura). Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut sebagai indian gooseberry atau myrobalan.

Nama ilmiah (latin) tumbuhan ini adalah Phyllanthus emblica yang mempunyai beberapa sinonim seperti Cicca emblica (L.) Kurz, Diasperus emblica (L.) Kuntze, Dichelactina nodicaulis Hance, Emblica arborea Raf., Emblica officinalis Gaertn, Phyllanthus mairei H.Lév., Phyllanthus mimosifolius Salisb., Phyllanthus taxifolius D.Don.

Diperkirakan tanaman ini berasal dari daerah India dan Nepal yang pada masa lalu karena khasiatnya sebagai tanaman obat banyak ditanam di Jawa, Suma

Buah Malaka atau Kemloko (Phyllanthus emblica)

Buah Malaka atau Kemloko (Phyllanthus emblica)

tera, dan semenanjung Malaya. Sekarang tumbuhan ini banyak tumbuh meliar di hutan-hutan dataran rendah yang kering.

Diskripsi dan Ciri-ciri. Pohon malaka atau melaka atau kemloko mirip pohon ceremei namun lebih besar dengan tinggi mencapai 18 meter. Batang pohon malaka (Phyllanthus emblica) tegak, bulat, berwarna coklat keputih-putihan.

Daun melaka atau malaka menyerupai daun majemuk, berwarna hijau, kecil-kecil memanjang, terletak berseling pada ranting yang kecil ramping. Pada waktu-waktu tertentu pohon malaka menggugurkan daunnya.

Bunganya berwarna kuning kehijauan, berkelompok, dan di ketiak daun. Buah malaka mirip buah ceremei dengan bentuk lebih bulat. Buah berwarna kuning, kuning kehijauan atau kecoklatan. Rasa buahnya masam (kecut) agak getir.

Manfaat Pohon Malaka. Berbagai bagian tumbuhan malaka atau kemloko dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Mulai pepagan, akar, daun, bunga, buah, hingga biji digdapat dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Menurut data yang dilansir Alamendah dari situs tanamanobat.org, buah, daun dan akar kemloko mengandung polifenol, di samping itu daun dan akarnya juga mengandung flavonoida dan daunnya juga mengandung saponin.

Karena itu buah malaka dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk batuk, batuk berdarah, demam, kencing manis, sariawan, dan sakit gigi. Sedangkan daun melaka bermanfaat untuk mengobati busung air, bisul, dan eksem. Akarnyapun berkhasiat dalam mengobati batuk darah, radang usus, sakit lambung, dan tekanan darah tinggi.

Sayangnya, di beberapa daerah, terutama di Jawa, tumbuhan melaka atau kemloko mulai menjadi tumbuhan langka akibat digantikan dengan tanaman-tanaman lain yang dianggap lebih bernilai ekonomis.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Phyllanthaceae; Genus: Phyllanthus; Spesies: Phyllanthus emblica L.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang tumbuhan dan alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Pohon Malaka atau Kemloko – Phyllanthus emblica

  1. putri berkata:

    iya saya juga br ngerti…
    nice

  2. Ping balik: Nama Tumbuhan Pada Kelurahan di Jakarta Selatan | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Tanaman sebagai Nama Kelurahan di Jakarta Timur | Alamendah's Blog

  4. Siti Julaicha, SE berkata:

    Bagus artikelnya, maaf mas apa saya bisa dibantu bagaimana mendapatkan pohon kemloko baik buah, akar, daun nya untuk obat. Mohon informasinya. Ini Penting sekali untuk penelitian adik saya. terimakasih atas bantuannya.

  5. Paramananda berkata:

    Saya baru balik dari India dan dapat info dari rekan-rekan disana bahwa buah Malaka (India : “Amla”) digunakan juga untuk pengobatan sakit jantung.

  6. Budi Subakti berkata:

    mas tolong minta alamat pembibitan pohon malaka

  7. Chad berkata:

    Howdy! This is my 1st comment right here therefore i wanted to present a quick shout out and let you know I must say i love reading your blogs. Are you able to advise any blogs

  8. hidayah berkata:

    Setauku buah ini sudah banyak dibuat manisan di sukabumi, seperti ceremai

  9. Daud berkata:

    mas tolong di kasih tau dimana saya dapat menemukan pohon malaka ini?

  10. Ping balik: Pohon Dewandaru Kayu Pembawa Wahyu Dewa | Alamendah's Blog

  11. junaidi berkata:

    saya sakit hepatitis a sekarang. disamping minum obat dari dr saya minum air dari parutan buah malaka karena teman-teman menyarankan seperti itu. di tempat saya banyak pohon malaka.

  12. ninja250 berkata:

    Ass…Slmt Pagi…knlan nama sy Noela dipanggil Ella…sy mau tanya kira2 msh adakah Pohon malaka didaerah bpk. Klu mmg msh byk sy bs hubungin bpk dimn ya. Tlg pak dikbrin sy secptnya. Wsslm.

  13. being berkata:

    Yg terhormat pemilik blog ini dan pembaca :
    bagi yg butuh buah atau daun malaka, bisa kontak ke :
    08888423500
    Tq

  14. muhtarfx berkata:

    terimakasih sobat ,atas infonya tentang buah malaka,selama ini saya sering lihat buah ini di kebun saya tapi nggak tahu namanya,sukses ya!(zuhdibiz.blogspot.com)

  15. Maaf bisa kasih info ga untuk cari buah malaka atau kemloko beli nya dimana
    Butuh banget untuk org tua sakit tolong di info ke nomor 085776986716
    Trima kasih

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.