Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom

Pecinta binatang wajib memahami Animal Welfare dan Five of Freedom sebagai keharusan dasar dalam memperlakukan hewan peliharaan. Five of Freedom merupakan pelaksanaan dari konsep kesejahteraan satwa (animal welfare) yang harus dipenuhi oleh setiap animal lovers (pencinta satwa) untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi binatang peliharaan.

Animal welfare atau kesejahteraan hewan adalah suatu usaha yang timbul dari kepedulian kita sebagai manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk binatang. Tujuannya agar dapat meningkatkan kwalitas hidup hewan peliharaan, khususnya yang terikat dan terkurung.

Prinsip kesejahteraan binatang ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis binatang. Baik binatang yang hidup bersama manusia seperti hewan ternak, hewan kesayangan, hewan percobaan, binatang untuk kerja, dan binatang pertunjukkan. Bahkan berlaku juga untuk binatang yang hidup di alam liar.

Dalam Animal welfare dikenal Five of Freedom atau lima kebebasan yang harus dimiliki hewan peliharaan untuk dapat hidup layak dan normal. Five of Freedom yang dicetuskan oleh Inggris pada tahun 1992 itu terdiri atas;

  • Freedom from hunger and thirst.

Freedom from hunger and thirst atau bebas dari rasa lapar dan haus dilakukan dengan pemberian pakan (makanan dan minuman) yang tepat, proporsional, higienis dan memenuhi kandungan gizi sesuai kebutuhan masing-masing binatang.

  • Freedom from thermal and physical discomfort.

Freedom from thermal and physical discomfort atau bebas dari panas dan rasa tidak nyaman secara fisik dilakukan dengan menyediakan lingkungan, tempat tinggal, tempat istirahat dan fasilitas lainnya yang nyaman dan sesuai dengan perilaku hewan tersebut. Paling tidak hewan memerlukan dua tempat yang berbeda yakni tempat terbuka untuk beraktifitas dan tempat tertutup untuk beristirahat.

  • Freedom from injury, disease and pain.

Freedom from injury, disease and pain atau bebas dari luka, penyakit dan sakit dapat dilakukan dengan melakukan perawatan, tindakan untuk pencegahan penyakit, diagnosa penyakit serta pengobatan yang tepat terhadap binatang peliharaan.

  • Freedom to express most normal pattern of behavior.

Freedom to express most normal pattern of behavior atau bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami dilakukan dengan penyediaan ruang dan kandang yang memadai dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku alami hewan. Termasuk penyediaan teman (binatang sejenis) atau bahkan pasangan untuk berinteraksi sosial maupun melakukan perkawinan.

  • Freedom from fear and distresss.

Freedom from fear and distresss atau bebas dari rasa takut dan penderitaan dilakukan dengan memastikan bahwa kondisi dan perlakuan yang diterima hewan peliharaan bebas dari segala hal yang menyebabkan rasa takut dan stress seperti konflik dengan spesies lain dan gangguan dari predator.

Animal Welfare di Indonesia. Di Indonesia konsep Animal Welfare dengan Five of Freedom –nya masih menjadi hal yang asing. Mungkin lantaran banyak yang menganggap binatang sekedar makhluk yang tidak dapat merasakan apa-apa dan bertindak tanpa kesadaran. Artinya, hewan tidak membutuhkan kesejahteraan.

Padahal, harus diakui binatang pun memerlukan lingkungan yang alamiah, aman dan nyaman untuk dapat hidup secara normal. Setiap perlakuan yang tidak wajar, dapat mengakibatkan stres, gangguan kesehatan, perubahan perilaku, gangguan pertumbuhan dan perkembangan hingga bahaya kematian.

Sobat seorang pecinta binatang, merasa sayang dan peduli pada binatang?. Sudahkah melaksanakan Animal Welfare dengan memberikan Five of Freedom kepada binatang-binatang kita?.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di renungan, satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom

  1. haryadi be berkata:

    Waaah…jdi inget tetangga yg mudik…trus lupa lepasin monyet kecilnya…tuh monyet kelaparan..kehausan 2hari.lalu saya lepasin rantainya..eeh malah kabur ke hutan…..wakakakakakak….pas empunya pulang, simonyet dtg lagi……

  2. Hafid Junaidi berkata:

    wah, pelanggaran HAM kalo tidak ya mas? eh HAH deng (Hak Asasi Hewan) he6

  3. Ping balik: Tweets that mention Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom | Alamendah's Blog -- Topsy.com

  4. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Saya nggak melihara binatang kang saat ini, walau saya sebenarnya suka sekali dengan ikan, nanti kalau ada waktu saya coba memperlakukan ikan sesuai saran kang alam deh
    Salam Takzim Batavusqu

  5. andipeace berkata:

    hmmmm…yang seperti ini berguna saat kemarin-kemarin masih dikampung lapindo kang 😀 memelihara kucing..
    tapi sekarang djakarta sudah tidak memelihara binatang lagi 😀

    salam yang kelimaxx ya kang 😀

  6. mood berkata:

    Saya punya ikan diakuarium dan rasanya saya sudah melakukan lima freedom diatas.
    Walaupun kadang telat / malas mengganti airnya 😛

  7. Danu Akbar berkata:

    wah.. mas endah emang TOP BGT dah..
    tulisan2nya selalu berkualitas. 🙂

  8. segawon berkata:

    undang2 udah ndak berlaku kali ya?

  9. munir ardi WP berkata:

    memang kadang kala sang pemilik tidak memperdulikan keselamatan atau kesehatan petnya ya pak

  10. obat herbal berkata:

    bahasan yang sangat bagus,saya jadikan pelajaran.tks

  11. Masbro berkata:

    Semoga yang dipelihara adalah hewan ternak atau hewan yang emang layak dipelihara. Kalau seperti monyet, kasihan. Salam hangat Mas;

  12. joe berkata:

    wah baru tahu ni gan, thanks atas share nya

  13. andinoeg berkata:

    kalau saya suka kuching

  14. budiarnaya berkata:

    Berani memelihara harus siap dengan segala konsekwensinya ya mas

  15. Kakaakin berkata:

    Alhamdulillah, ayam di samping rumah diberi makan cukup teratur 🙂
    Kata ustadz, hewan2 yang tersiksa karena ulah kita, kelak di akhirat akan diberikan kesempatan untuk membalas perbuatan kita…
    Serem ya…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.