Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom

Pecinta binatang wajib memahami Animal Welfare dan Five of Freedom sebagai keharusan dasar dalam memperlakukan hewan peliharaan. Five of Freedom merupakan pelaksanaan dari konsep kesejahteraan satwa (animal welfare) yang harus dipenuhi oleh setiap animal lovers (pencinta satwa) untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi binatang peliharaan.

Animal welfare atau kesejahteraan hewan adalah suatu usaha yang timbul dari kepedulian kita sebagai manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk binatang. Tujuannya agar dapat meningkatkan kwalitas hidup hewan peliharaan, khususnya yang terikat dan terkurung.

Prinsip kesejahteraan binatang ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis binatang. Baik binatang yang hidup bersama manusia seperti hewan ternak, hewan kesayangan, hewan percobaan, binatang untuk kerja, dan binatang pertunjukkan. Bahkan berlaku juga untuk binatang yang hidup di alam liar.

Dalam Animal welfare dikenal Five of Freedom atau lima kebebasan yang harus dimiliki hewan peliharaan untuk dapat hidup layak dan normal. Five of Freedom yang dicetuskan oleh Inggris pada tahun 1992 itu terdiri atas;

  • Freedom from hunger and thirst.

Freedom from hunger and thirst atau bebas dari rasa lapar dan haus dilakukan dengan pemberian pakan (makanan dan minuman) yang tepat, proporsional, higienis dan memenuhi kandungan gizi sesuai kebutuhan masing-masing binatang.

  • Freedom from thermal and physical discomfort.

Freedom from thermal and physical discomfort atau bebas dari panas dan rasa tidak nyaman secara fisik dilakukan dengan menyediakan lingkungan, tempat tinggal, tempat istirahat dan fasilitas lainnya yang nyaman dan sesuai dengan perilaku hewan tersebut. Paling tidak hewan memerlukan dua tempat yang berbeda yakni tempat terbuka untuk beraktifitas dan tempat tertutup untuk beristirahat.

  • Freedom from injury, disease and pain.

Freedom from injury, disease and pain atau bebas dari luka, penyakit dan sakit dapat dilakukan dengan melakukan perawatan, tindakan untuk pencegahan penyakit, diagnosa penyakit serta pengobatan yang tepat terhadap binatang peliharaan.

  • Freedom to express most normal pattern of behavior.

Freedom to express most normal pattern of behavior atau bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami dilakukan dengan penyediaan ruang dan kandang yang memadai dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku alami hewan. Termasuk penyediaan teman (binatang sejenis) atau bahkan pasangan untuk berinteraksi sosial maupun melakukan perkawinan.

  • Freedom from fear and distresss.

Freedom from fear and distresss atau bebas dari rasa takut dan penderitaan dilakukan dengan memastikan bahwa kondisi dan perlakuan yang diterima hewan peliharaan bebas dari segala hal yang menyebabkan rasa takut dan stress seperti konflik dengan spesies lain dan gangguan dari predator.

Animal Welfare di Indonesia. Di Indonesia konsep Animal Welfare dengan Five of Freedom –nya masih menjadi hal yang asing. Mungkin lantaran banyak yang menganggap binatang sekedar makhluk yang tidak dapat merasakan apa-apa dan bertindak tanpa kesadaran. Artinya, hewan tidak membutuhkan kesejahteraan.

Padahal, harus diakui binatang pun memerlukan lingkungan yang alamiah, aman dan nyaman untuk dapat hidup secara normal. Setiap perlakuan yang tidak wajar, dapat mengakibatkan stres, gangguan kesehatan, perubahan perilaku, gangguan pertumbuhan dan perkembangan hingga bahaya kematian.

Sobat seorang pecinta binatang, merasa sayang dan peduli pada binatang?. Sudahkah melaksanakan Animal Welfare dengan memberikan Five of Freedom kepada binatang-binatang kita?.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di renungan, satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom

  1. Ping balik: Perizinan Mengambil (Menangkap) Tumbuhan dan Satwa Liar | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Perdagangan Satwa Dilindungi di Jawa dan Bali | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: TPA Pati, Alternatif Wisata Lokal Warga Pati | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Ayat Al Quran Tentang Pelestarian Satwa dan Keseimbangan Ekosistem | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s