Jenis Hewan (Binatang) untuk Kurban

Jenis hewan (Binatang) untuk Kurban (Qurban) sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Hajj ayat 34 hewan yang dapat disembelih untuk ibadah kurban adalah dari jenis Bahiimatul Al An’aam (hewan ternak). Dalam bahasa arab, yang dimaksud Bahiimatul Al An’aam hanya mencakup tiga binatang yaitu onta, sapi atau kambing.

Menurut qoul (pendapat) sebagian besar ulama, selain menggunakan onta, sapi, dan kambing, binatang lainnya yang dapat disembelih adalah domba dan kerbau. Domba (biri-biri) disamakan dengan kambing sedangkan kerbau disamakan dengan sapi.

Pengertian hewan ternak menurut para ahli fiqih (ulama) berbeda dengan pengertian binatang ternak pada umumnya. Karena itu hewan-hewan seperti ayam, angsa, kuda, ikan, maupun burung unta meskipun diternakkan tetapi tidak dapat digunakan sebagai hewan kurban. Apalagi jika menggunakan binatang liar semisal rusa, kancil, dan kijang.

  • Kambing ternak
Kambing jantan bisa digunakan kurban

Kambing jantan bisa digunakan kurban

Kambing ternak dalam bahasa latin disebut Capra aegagrus hircus merupakan subspesies kambing liar yang tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing telah dibudidayakan oleh manusia semenjak 8000 hingga 9000 tahun yang lalu.

Kambing ternak ini menjadi salah satu jenis hewan yang bisa disembelih dalam kurban. Seekor kambing dapat digunakan untuk berkurban oleh satu orang saja.

Klasifikasi ilmiah kambing ternak: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Bovidae; Upafamili: Caprinae; Genus: Capra; Spesies: Capra aegagrus; Upaspesies: Capra aegagrus hircus (Linnaeus, 1758)

  • Domba peliharaan

Domba atau biri-biri peliharaan yang dalam bahasa latin disebut Ovis aries diperkirakan keturunan dari moufflon liar dari Asia Tengah selatan dan barat-daya. Domba (biri-biri) termasuk diantara hewan yang pertama dipelihara manusia. Diperkirakan binatang ini mulai diternakkan sejak 11.000 tahun yang silam di Mesopotamia

Domba peliharaan ini menjadi salah satu jenis hewan yang bisa disembelih dalam kurban. Sebagaimana kambing, satu ekor domba dapat digunakan untuk kurban satu orang.

Klasifikasi ilmiah domba peliharaan: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Bovidae; Upafamili: Caprinae; Genus: Ovis; Spesies: Ovis aries (Linnaeus, 1758).

  • Sapi
Sapi

Sapi telah diternakkan sejak tahun 9500 SM

Sapi ternak yang dalam bahasa latin disebut Bos taurus merupakan keturunan dari jenis sapi liar yang dikenal sebagai “Auerochse” atau “Urochse” (Bos primigenius) di Eropa yang sudah punah sejak 1627. Sapi telah dipelihara manusia sejak jaman Neolitik atau sekitar tahun 9.500 SM di daerah Timur Tengah. Selain Bos taurus juga terdapat sapi bali yang merupakan domestikasi dari banteng (Bos javanicus).

Sapi termasuk salah satu jenis hewan yang bisa disembelih dalam kurban. Satu ekor sapi dapat digunakan untuk kurban oleh 7 orang secara bersama-sama.

Klasifikasi ilmiah sapi: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Bovidae; Upafamili: Bavinae; Genus: Bos; Spesies: Bos taurus (Linnaeus , 1758); Sinonim: Bos indicus.

  • Kerbau

Kerbau yang dalam bahasa latin disebut Bubalus bubalis asal usulnya (termasuk taksonominya) masih menjadi perdebatan. Kerbau diperkirakan telah dipelihara manusia sejak 5000 tahun yang lalu.

Kerbau dapat dijadikan sebagai binatang qurban. Seperti halnya sapi, seekor kerbau dapat digunakan untuk kurban oleh 7 orang secara bersama-sama.

Klasifikasi ilmiah kerbau: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Bovidae; Upafamili: Bavinae; Genus: Bubalus; Sepesies: Bubalus bubalis (Kerr, 1792).

  • Onta
Kurban dapat menggunakan Onta

Kurban dapat menggunakan Onta

Unta atau onta merupakan anggota genus Camelus yang terdiri atas dua spesies yaitu Unta berpunuk tunggal (Camelus dromedarius) dan unta berpunuk ganda (Camelus bactrianus). Unta dipelihara manusia (domestikasi) sejak 5.000 tahun yang lalu.

Unta menjadi salah satu binatang yang dapat digunakan sebagai hewan kurban. Seekor unta dapat digunakan kurban oleh 10 orang bersama-sama.

Klasifikasi ilmiah unta: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Camelidae; Genus: Camelus; Spesies: Camelus dromedarius dan Camelus bactrianus (Linnaeus, 1758).

Selain dengan menggunakan binatang ternak yang telah ditentukan tersebut, hewan qurban memiliki beberapa syarat lain. Syarat itu seperti keadaan hewan kurban yang tidak cacat fisik, usia hewan yang telah cukup umur (satu tahun lebih untuk domba; dua tahun lebih untuk kambing, sapi, dan kerbau; dan 5 tahun lebih untuk unta).

Nah, adakah diantara sobat yang tahun ini ikut melaksanakan kurban?. Kalau Alamendah mungkin sekedar ikut memakan daging kurban saja dulu.

Referensi: http://www.anneahira.com/qurban-idul-adha.htm dan beberapa artikel lain termasuk dari wikipedia. Gambar: wikipedia.

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

69 Balasan ke Jenis Hewan (Binatang) untuk Kurban

  1. Fadhly berkata:

    Segenap Keluarga Besar Fadhly Mhd mengucapkan:

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H. Mohon Maaf Apabila Selama Ini, Ada Perkataan Saya Yang Pernah Menyakiti Perasaan Mas Alamendah. Baik Secara Sengaja Maupun Tidak Sengaja ^^

  2. yang jadi pertanyaan, kenapa semuanya gak pakai pakaian, alis telanjang bullllaaaatttt… dasar hewan gak tau aturan

  3. Anton wijaya berkata:

    Capra aegagrus hircus enak tuh direndang.

  4. anny berkata:

    Binatang kerbau itu sejenis sapi bertanduk beda sama banteng ya kang alam ? 🙂

  5. M A Vip berkata:

    nenek saya dulu biasanya selalu ketika idul adha menyembelih ayam kemudian setelah masak dibagikan pada tetangga, saya pikir itu kurban juga.

  6. Assalaamu’alaikum Kang Alam…

    Sahabat…. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
    Di bulan Zulhijjah, Iedul Adha kembali menyapa hari
    Kemaafan dipohon untuk khilaf dan salah jika mengkhianati
    Sebuah pengorbanan tulus jadi iktibar membaiki diri

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam keindahan Iedul Adha 1431 H dari saya di Sarikei, Sarawak.

  7. arkasala berkata:

    betul Kang memang kelima itu yang saya juga peroleh infonya dari beberapa pengajian, hanya yang baru saya lihat sebatas sapi, kambing dan domba 🙂
    Trims atas infonya

  8. Common Cyber berkata:

    Kalau di desa saya yang paling umum dijadikan hewan kurban itu kambing. Mungkin karena lebih terjangkau dan mudah didapat.

    BTW, Met idul adha

  9. Bumi Al Fattah berkata:

    apa jenis ternaknya. klo idul adha, saya adlh org plg bingung mkn apa. sebab, saya ndak doyan daging dih.
    hehehehe.

    jd klo idul adha, cuma cengar-cengir klo ada org nawarin sate kambing.
    oh ya, post yg lengkap, bermanfaat, dan jelas nilai 100

  10. budiarnaya berkata:

    Untuk kegiatan kali ini saya mengawasi pelaksanaannya mas, dan ditempat saya telah terkumpul 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing, ngak tau sampai nanti sore

  11. jumialely berkata:

    selamat idul adha mas alam.. semoga semakin diberkahi

    salam

  12. Guru Go!Blog berkata:

    Alhamdulillah, saya baru bisa belajar untuk niat berkorban mas.

  13. BuABe berkata:

    Saya belum bisa mas, do’akan saja tahun depan, karena butuh persiapan. Selamat makan korban mas. Jangan sampai jadi korban ya jijinya? 😆

  14. zee berkata:

    Insya Allah mampu berqurban ya Mas. Karena gimanapun jg itu kewajiban bagi yg sudah berpenghasilan, karena berarti dia mampu toh. Sedikit demi sedikit disisihkan u/ beli kambing yg kecil jg tdk apa asal bisa berkurban..
    Met Idul Adha mas.. 🙂

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.