Rangking Pulau Komodo Turun ke Peringkat 26

Rangking pulau Komodo turun ke peringkat 26 pada ranking terakhir New 7 Wonders of Nature minggu ini. Peringkat ini menjadikan pulau Komodo berada diurutan nomor tiga terbawah dari 28 finalis New 7 Wonderer.

Pulau Komodo dengan Taman Nasional Komodo-nya bersama 28 tempat lain di dunia menjadi finalis 7 keajaiban dunia bernuansa alam New 7 Wonders of Nature. Nantinya akan ditetapkan 7 tempat sebagai keajaiban dunia bernuansa alam (New 7 Wonders of Nature). Penentuan peringkat (ranking) dihitung berdasarkan dukungan (vote) yang diterima oleh http://www.new7wonders.com.

Dalam rilis rangking terakhir peringkat pulau Komodo terpuruk pada urutan ke-26. Menurut situs resmi, penghitungan peringkat ini didasarkan pada perolehan suara yang berasal dari luar negara asal.

“This week the ranking shows the finalists ranked according to how many votes they have received in the past four weeks from outside their country or countries of origin. The Official New7Wonders of Nature is a worldwide campaign, so finalists should try to achieve a minimum of 90% of international votes”. Demikian pengantar rilis rangking terbaru New 7 Wonders of Nature.

Butuh Vote dari Luar Negeri. Melihat posisi rangking terakhir pulau Komodo ini setiap kita akan merasa miris dan cemas akan terulangnnya peristiwa tersisihnya Candi Borobudur sebagai 7 Keajaiban Dunia Buatan yang diselenggarakan organisasi yang sama ini.

Dari semua dukungan yang masuk, 90% diantaranya disyaratkan berasal dari luar negara asal. Dan hingga saat ini dukungan yang berasal dari luar negeri untuk pulau Komodo baru 72,11 persen. Hal ini membuat rangking pulau Komodo terpuruk ke peringkat 26. Untuk tetap menjaga kans, pulau Komodo musti mendapatkan banyak dukungan (vote) yang berasal dari luar negeri.

Saya yang tidak pernah sekalipun menginjakkan kaki di luar negeri ini hanya bisa sedikit berharap kepada;

  • Sobat yang tinggal atau tengah berada di luar negeri untuk ikut serta memberikan vote-nya dan mendukung pulau Komodo dengan mengirimkan email sebanyak-banyaknya. Juga melakukan kampanye kepada teman dan orang disekitarnya untuk ikut mendukung pulau Komodo.
  • Sobat yang mempunyai kenalan, sahabat, saudara yang tengah berada di luar negeri untuk ikut mengajak mereka melakukan dukungan.
  • Sobat-sobat blogger terutama yang memiliki blog berbahasa asing untuk mem-posting kampanye dukungan terhadap pulau Komodo di blognya masing-masing.
  • Para anggota Dewan (yang terhormat) yang suka melakukan studi banding ke luar negeri untuk meluangkan sedikit waktunya guna membuat beberapa akun email baru yang kemudian digunakan untuk memberikan dukungan kepada pulau Komodo.

Bagaimana cara dan prosedur memberikan dukungan (vote) terhadap pulau Komodo bisa sobat simak di artikel Vote Komodo Jadi New 7 Wonders.

Meskipun sedikit risau, tetapi dengan banyaknya jumlah TKI, TKW, pelajar ataupun wisatawan Indonesia yang berada di luar negeri ditambah dengan anggota DPR kita yang rajin studi banding ke luar negeri, jika kesemuanya sudi meluangkan sedikit waktu saya yakin, peringkat pulau Komodo mampu kembali melejit. Dan kita boleh sedikit berbangga negeri kita memiliki salah satu dari 7 keajaiban dunia bernuansa alam (New 7 Wonders of Nature).

Referensi: http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/latest_ranking

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

91 Balasan ke Rangking Pulau Komodo Turun ke Peringkat 26

  1. ahsanfile berkata:

    Aku yakin pasti karena tidak dirawat dengan baik..

  2. Lucky dc berkata:

    Saya juga mengkhawatirkan hal yang sama pak, saya juga sudah membuat postingan tentang Pulau Komodo ini di http://luckydc.wordpress.com/2010/09/04/dukung-pulau-komodo-%20%20sebagai-7-keajaiban-dunia-baru, semoga lebih banyak lagi blogger yang memvoting buat Pulau Komodo 🙂

  3. Darin berkata:

    Hmm, sebenarnya itu sistem perhitungan yg cukup fair, mengingat kompetisi itu adalah wujud apresiasi dari voter di berbagai negara tentang situs yang dikompetisikan.

    Kalau dilihat dari kronologinya, saya bisa mengasumsikan bahwa memang kendala utama bangsa ini mengenai pengembangan wisata sejak dahulu kala tetap sama, yaitu promosi.

    Betul kita memiliki keindahan alam yg melimpah dan betul kita sangat2 merawatnya, namun bila orang dari seberang tak pernah mendengar hal itu, lalu apalah gunanya?

    Dan akhirnya, semoga tips2 dalam artikel di atas dapat mendongkrak Pulau Komodo!

  4. Dinohp berkata:

    Saya ikut memvoting juga mas, agar kekayaan alam indonesia dikenal seluruh dunia dimulai dari pulau komodo

  5. Multibrand berkata:

    Halo teman,
    Semoga voters diluar negeri anak meningkat
    sehingga ranking Pulau Komodo dapat naik lagi.

    multibrand.blogspot.com

  6. bundadontworry berkata:

    aku dah pernah ikut mem vote ,Mas Alam.
    apakah perlu dilakukan lagi?
    salam

  7. cenya95 berkata:

    sekedar berkunjung… dah lama tak bersua… pa khabar?
    mo menang… dibutuhkan promosi pulau komodo di LN.

    salam superhangat

  8. waduuuh harus dari luar ya?
    hmmmm… cuma kenal 1 org aja neh diluar
    ntar kuberitahu

    salam attayaya dari pura tanah lot bali

    • alamendah berkata:

      Biar satu kalau mau kirim 10 email, terus bisa ngajak 10 teman lagi, ke-10 temannya itumansig-masing ngajak 10 teman lagi. Masing2 kirim 10 email, sudah ada 1110 dukungan, tuh…

  9. Blogseven77 berkata:

    yah sayang banget ya…

  10. ~jayaros berkata:

    Rangking pulau Komodo turun ke peringkat 26 …
    gak mengapalah – asal jangan rangking mas alam … 😀

  11. yayan ruchyana berkata:

    trima kasih mas..atas semua infonya…salam hormat dan saluuut untuk alamendah’s 🙂

  12. danknerazurri berkata:

    wah,,, hrs d dukung trz tu biar jd no 1
    salam knal ya…
    http://danknerazurri.wordpress.com

  13. masndol berkata:

    ikut vote mas maju terus pariwisata indonesia

  14. Nohara berkata:

    mari voting….semangat!

  15. Yetty Haning berkata:

    Apa saja criteria pemilihan? sudah sampai sejauh mana publikasi dan campaign yg dilakukan. Apa ada campaign2 didalam bahasa asing?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.