Antara Tahun Hijriyah, Laba-laba dan Burung Dara

Tahun Hijriyah adalah sebuah sistem penanggalan (kalender) yang digunakan umat islam. Kalender hijriyah ini menggunakan sistem lunar (komariyah) yang didasarkan atas perhitungan fase bulan. Setiap hari dalam penanggalan ini menandakan satu lokasi bulan dalam berevolusi terhadap bumi. Berbeda dengan sistem kalender Masehi, pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut. Ada hubungan apa dengan Laba-laba dan Burung Dara?

Disebut sebagai tahun Hijriyah karena penetapan awal patokan sistem penanggalan ini adalah tahun di mana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 M. Penetapan ini dilakukan pada masa Khalifah Umar bin Khatab, 17 tahun kemudian.

Hijrah Nabi Muhammad merupakan perintah dari Allah lantaran semakin gencarnya tentangan yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy hingga mengancam keselamatan Nabi Muhammad. Dalam perjalanan hijrahnya, Nabi Muhammad bersama sahabatnya Abu Bakar Ash Shidiq bersembunyi terlebih dahulu di gua Thur untuk berlindung dan mengamati keadaan selama tiga hari tiga malam.

Gua ini bukannya bebas dari kecurigaan orang-orang Quraisy. Mereka mencari ke segenap penjuru termasuk ke gua Thur ini. Namun mereka yang menaiki gua di lereng bukit ini urung untuk menjenguk ke dalam gua lantaran di mulut gua terdapat laba-laba (Araneae sp.) yang membuat sarang juga dua ekor burung Dara atau Merpati (Columbidae sp.). Pikir mereka, dengan kondisi yang seperti itu tidak mungkin Nabi Muhammad berada di dalamnya.

Laba-laba sendiri adalah sekumpulan hewan berbuku-buku (Arthropoda) yang dikelompokkan dalam ordo Araneae. Ordo ini terdiri atas sedikitnya 111 suku (Famili) yang terdiri atas sekitar 40.000 spesies (jenis) yang telah teridentifikasi. Bahkan para ahli meyakini kemungkinan jenis laba-laba di seluruh dunia dapat mencapai hingga 200 ribu spesies.

Sedangkan Burung Merpati merupakan kelompok burung yang digolongkan dalam famili Columbidae. Famili ini terdiri atas sekitar 300-an jenis (spesies). Salah satu spesies burung Merpati yang sering kita temui dipelihara di Indonesia adalah Merpati Karang (Columba livia).

Kekuasaan Allah-lah yang telah menggerakkan laba-laba (Araneae sp.) dan Burung Dara  atau Merpati (Columbidae sp.) yang membuat sarang di mulut gua Thur, sehingga para orang Quraisy tidak dapat menemukan Nabi Muhammad yang bersembunyi di dalamnya.

Terakhir saya berfikir; Allah tidak sungkan-sungkan memberikan peranan kepada binatang dalam sebuah peristiwa penting. Kenapa kita tidak?

Gambar: wikipedia

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di Daftar Catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

119 Balasan ke Antara Tahun Hijriyah, Laba-laba dan Burung Dara

  1. Sekamat tahun baru muharam yach…..

    jabat erat selalu

  2. wi3nd berkata:

    slamat tahun baru 1 muharam 1431 H

    hihihii..dapet ajah postin9annya yan9 nyambun9..
    teutep alam teaaaa.. 🙂

    **jempolllllllllllllllllllllllll

  3. Yessi berkata:

    mas Alam pa kabar? lama ga maen kesini… 🙂

  4. chokey berkata:

    Met Tahun baru Ya Bang Alamendah…. Btw saya add blognya di blog binsis baruku.siapa tahu bisa Join ntar : di http://travelhaji.wordpress.com . di add ya Mas

  5. Ruang Hati berkata:

    selamat tahun baru semua !!
    Semangat baru, kesuksesan baru

  6. Ruang Hati berkata:

    postingan berikutnya gimana kalo antara macan (tiger) dengan rumput golf dan selingkuh, gimana kang alam?

  7. haris ahmad berkata:

    selamat tahun baru bang

  8. mahardhika berkata:

    wow… ini salah satu contoh keajaiban nyata kebesaran ALLAH……
    SUBAHANALLAH 🙂

    ehem kreatif euy buat postingan hijriah trus disambung2 ke binatang hwehwee…

  9. Pencerah berkata:

    Selamat tahun baru kang, semoga taun esok lebih baik dari tahun kemarin

  10. 7 taman langit berkata:

    salam sejahtera
    maaf yach baru berkunjung lagi ke mari
    saya amankan yang ke-85
    he..he..he..

  11. radesya berkata:

    selamat tahun baru hijriyah kak…

    semoga di tahun ini jadi lebih baik 🙂

  12. bre berkata:

    maaf baru bisa mampir nih bos.. hihihihihi

    saya kalo sama laba-laba mau seecil kutu juga jatohnya geli banget.. ga’ deh.. jauh-jauh aja..

    kalo sama merpati saya baru sukaa.. tapi tetep ga mau miaranya, heheheh males ngurusin pupnya…

    Selamat tahun Baru ya…

  13. Dinoe berkata:

    Nice post mas..met weekend

  14. melly berkata:

    selamat tahun baru Hijriah mas Alam 🙂
    semoga ditahun ini kita semua mendapatkan kebaikan lebih dari Allah 🙂

  15. FaiS berkata:

    sLamat taHun bRu 1431H ya mass…
    soWRy teLat,..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.