3 Pulau Indonesia Dijual

pulau kandui indonesiaTiga (3) pulau Indonesia dijual lewat internet. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Makaroni, Pulau Siloinak dan Pulau Kandui. Ketiganya terletak di gugus Kepulauan Mentawai yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Demikian headline yang saya dapati dari berbagai media online hari ini.

Penjualan 3 pulau ini diiklankan dalam situs http://www.privateislanddonline.com. Dalam situs yang dikelola oleh Private Islands Ins yang beralamatkan di 550 Queen St East Suite 330 Toronto, Kanada terpampang jelas judul “Islands for Sale in Indonesia”. Pulau Makaroni (14 ha) dibanderol US$ 4 juta, Pulau Siloinak (24 ha) ditawarkan US$ 1,6 juta, dan Pulau Kandui (26 ha) dihargai US$ 8 juta.

macaronis-island-resort-1Pulau Makaroni berada di Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, menurut salah satu sumber, dikontrak oleh Max warga Australia dari warga Silabu bernama Carles. Pulau tersebut dikontrak oleh Max selama 20 tahun dengan nilai kontrak Rp. 100 juta. Sesuai kesepakatan antara mereka berdua, setelah habis masa kontrak, maka seluruh fasilitas di pulau Makaroni tersebut akan menjadi milik Carles.

Sementara Pulau Kandui terdapat di Desa Taileleu dan Pulau Siloinak terdapat di Desa Katurai. Keduanya berada dalam wilayah administratif kecamatan Siberut Barat Daya. Sayang saya tidak dapat menemukan informasi tentang status kedua pulau ini, apakah dikontrak atau tidak. Kabarnya Pulau Siloinak tengah dikontrak oleh seorang warga Perancis.

Namun yang jelas di ketiga pulau tersebut yang memiliki pantai berpasir putih itu, kini telah berdiri resort berdiri resort dengan berbagai fasilitas seperti bungalow bernuansa alami yang terdapat di sepanjang pinggir pantai pulau Makaroni, Kandui dan Siloinak.

siloinak-island-ind-2Selain pemandangan alamnya yang menawan ketiga pulau tersebut memiliki perairan yang sangat mendukung untuk kegiatan surfing (selancar). Ombak di perairannya sangat cocok untuk selancar. Saat inipun ketiga pulau tersebut (juga pulau-pulau lain di Kepulauan Mentawai) menjadi tempat tujuan wisatawan asing yang ingin berselancar.

Kasus penjualan 3 pulau Indonesia kepada pihak asing sangat disayangkan, karena secara jelas melanggar peraturan yang ada. Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Syamsul Maarif menegaskan bahwa penjualan pulau-pulau tersebut adalah melanggar hukum, karena dalam UU 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil menyebutkan bahwa pulau kecil tidak mungkin dijual, pengelolaan oleh pihak asing pun harus seizin Menteri Kelautan dan Perikanan. Juga bertentangan dengan Peraturan Menteri Kelautan No 20 tahun 2008 tentang Pemanfaatan Pulau-pulau Kecil dan Perairan Di Sekitarnya.

Sedangkan menurut guru besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana bahwa penjulan pulau perlu dipertanyakan karena secara Secara hukum internasional, pulau secara keseluruhan tidak bisa dijual karena pulau punyanya negara, lain bila menjual hak atas tanah .

pulau makaroniKasus Penjualan pulau ini tidak terlepas dari keterlibatan oknum-oknum yang ada di pemerintah daerah yang memberikan izin kepada pihak-pihak tertentu dalam melakukan jual beli pulau kepada warga asing. Keterlibatan oknum-oknum harus diusut secara tuntas dan bila perlu pecat. Otonomi daerah memang memberikan kewenangan daerah untuk mengelola sumber daya daerahnya, akan tetapi persoalan penjualan pulau daerah tetap harus mengacu peraturan perudang-undangan yang ada tidak asal meberikan izin. Namun demikian walaupun penyewaan pulau-pulau terluar kepada warga asing diperbolehkan, sebaiknya kebijakan ini tetap dikaji baik buruknya bagi keamanan NKRI. Sebab kemungkinan pulau-pulau terluar yang disewa oleh warga asing untuk dimanfaatkan kepentingan negaranya untuk mengganggu stabilitas.

surfing-at-macaronis-islandMenanggapi pemberitaan tentang penjualan 3 pulau di wilayah Kepulaun Mentawai seperti yang tertera dalam situs privateislandonline.com ini, Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi membatah bahwa Pulau Makaroni, Kandui, dan Siloinak sedang dijual. Menurutnya “kata jual” (for Sale) itu hanyalah sebagai iklan promosi.

Di wilayah perairan Sumatera Barat memang terdapat ribuan pulau besar dan kecil yang belum seluruhnya terinventarisasi. Sejumlah pulau dan resor di kawasan Kepulauan Mentawai kini dikelola investor dari Australia, Italia, dan pihak asing lainnya. Pulau-pulau itu menjadi daya tarik asing karena ombak di sekitarnya termasuk salah satu yang terbaik di dunia yang cocok untuk olahraga selancar.

Dalam beberapa kasus di Indonesia, meskipun pulau-pulau tersebut hanya dikelola (Hak Guna Usaha) oleh pihak asing, karena lemahnya penerapan hukum Indonesia, seringkali dieksploitasi seperti telah menjadi Hak Milik.

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar Catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, Indonesia, lingkungan hidup, wisata dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

163 Balasan ke 3 Pulau Indonesia Dijual

  1. wi3nd berkata:

    katana bukan sob..
    9erem ju9a neeh lama lama klu eman9 iyah..
    edyan **oops maaf makin abis ajah dech,pemerintah diem ajah neeh 👿

    huuuhh mu jadi apa ini 🙄
    maaf maaf esmosi jiwa neeh 🙂

  2. nuGroho berkata:

    wah lama_lama pulau jawa di jual juGa neh

  3. Puspita berkata:

    Benar mas nuGroho, lama-lama pulau jawa di jual juga, terus saya harus tinggal dimana?

    Saya hanya mampu merenung tanpa tahu harus komentar apalagi?. Sedih-sedih sekali.

  4. Huang berkata:

    aku juga pny pulau.. namanya Pulau Kapuk.. boleh kalo ada yang mau beli 😀 hehehehehe

  5. Nyong.ambon berkata:

    Coba kita” RENUNGKAN” DALAM KALBU BATHIN KITA SEBAGAI WARGA NEGARA YG BAIK,LALU KITA PERTANYAKAN DGN “BIJAK”….APAKAH KITA SUDAH MEMBERIKAN SUMBANGSI KITA KEPDA NEGARA INI…..???….SEHINGGA TDK BEGITU BERAT BEBAN YG HRS DIPIKUL NEGARA & HAL2 INI TDK PERLU TERJADI SEPERTI : 1)..HUTAN2 KITA “DIJUAL”/ DIEXPLORASI SAMPAI GUNDUL MENGAKIBATKAN BENCANA BANJIR DI MANA2…..2)…POTENSI TAMBANG2 KITA DI”KURAS”HABIS2AN MENGAKIBATKAN KETIDAK SEIMBANGNYA EKOSISTIM LINGKUNGAN & TERJDLAH “KASUS LUMPUR SIDOARJO”……3)….LAUT KITA SDH SKIAN LAMA DIKONTRAKKAN UTK DIKURAS HABIS2AN & TDK LAMA LG SEBAGI NEGARA MARITIM KITA SIAP IMPOR IKAN…IRONIS BUKAN…???….INI BARU HANYA 3 MASALAH YG SAYA UNGKAPKAN DAN MSH TERLALU BANYAK LG YG LAINNYA….. KLIMAKSNY PULAU2 KITA YG MENJD “EKSISTENSI BANGSA INI JG DIJUAL….”.SANGAT MEMALUKAN”…..KIRANYA, TUHAN MENGAMPUNI MEREKA2 YG MENGAMBIL “KEBIJAKAN” TERSEBUT……..S E M OG A..!!!

  6. sekoteng berkata:

    lagi-lagi isu pulau di jual??…..bener2 djual jual atau hanya isu.

  7. Iklan Gratis berkata:

    sebuah ironi di negara yang katanya kaya akan sumber alam. apakah negara ini sudah terlampau miskin sampai pulau juga dijadikan barang jualan?. sudah saatnya kita membangun jiwa nasionalisme yang sejati, dengan tidak menempatkannya di bawah materi. negeri ini butuh generasi penerus yang berjiwa patriot, mampu menjaga setiap jengkal wilayahnya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Mari kita jaga Indonesia dengan sepenuh hati!
    Iklan Gratis

  8. johan.Ambonz berkata:

    Indonesia bagaikan keluarga besar dengan anak yang begitu banyaaaaaak ,sehingga tidak teruruslagi… dan sebagian anaknya mulai dijual kepada tetangga untuk SEKEDAR…mempertahan Hidup……….ironis bukan…??

  9. Selly berkata:

    OMG… negara ini sebenernya kaya sekali… tetapi orang2 di dalamnya yang tidak mampu mengelola kekayaannya dengan benar, egois dan lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan orang banyak..

  10. Ping balik: Daftar Pulau Terluar Indonesia « Alamendah's Blog

  11. Yuwanto berkata:

    Menurut aku sih, kalo ada iklan di internet yg mempromosikan pulau milik Indonesia untuk dijual. apalagi oleh biro iklan asing. bagus-bagus aja, karena secara tidak langsung berarti ada pengakuan internasional . atau merupakan suatu bukti adanya pengakuan tentang kepemilikan pulau tsb bahwa pulau yg di iklankan memang milik Indonesia. Dan masyarakat internasional maupun lokal menjadi tahi mana pulau yg milik Indonesia dan yg bukan. Soal pemerintah ahirnya akan menjual atau tidak kan sudah ada undang-undang yg mengaturnya…….

  12. keserakahan dan kesngsaraan rakyat miskin

  13. mereka yang mementingkan dirinya sendiri

  14. Ping balik: Pulau Kelor Akan Tenggelam | Alamendah's Blog

  15. annisa berkata:

    ha 3 pulau di jual astofirwoh

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.