Estafet Tunas Kelapa

Estafet Tunas Kelapa atau biasa disingkat ETK merupakan salah satu tradisi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam menyongsong Hari Jadi Pramuka (14 Agustus). Kegiatan ini berupa jalan kaki sepasukan Pramuka dengan membawa berbagai atribut seperti bendera Merah Putih, bendera Pramuka, Obor, tunas kelapa dan beberapa atribut lainnya. Estafet tunas kelapa dilakukan secara beranting (estafet) dengan jarak setiap etape lebih kurang 5 km.

Saya saat menjadi Pasukan ETK

Saya saat menjadi Pasukan ETK

Sewaktu saya masih MTs (setingkat SMP), kebetulan saya berkesempatan menjadi Pasukan Inti Estafet Tunas Kelapa dua tahun berturut-turut. Kegiatan melelahkan yang sarat nilai-nilai patriotisme, kedisiplinan, persatuan dan pantang menyerah.

Dan kebetulan dua hari ini saya ganti menjadi pelatih Estafet Tunas Kelapa di Kwartir Ranting Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Jakenan sendiri menyiapkan dua pasukan ETK yang masing-masing pasukan terdiri atas 61 personil. Ke-61 personil ini disebut sebagai Pasukan Inti yang terbagi menjadi tiga kelompok dengan susunan sebagai berikut:

  • Kelompok pertama terdiri atas 2 orang yang membawa spanduk.
  • Kelompok kedua terdiri atas 9 orang pembawa bendera Merah Putih, 1 orang pembawa obor, 1 orang pembawa amanat Gubernur dan 1 orang pembawa pesan dan kesan.
  • Kelompok ketiga terdiri atas 20 orang pembawa bendera Gerakan Pramuka, 14 orang pembawa tunas kelapa (cikal), 2 orang pembawa obor cadangan, 1 orang pembawa lampu badai, 1 orang pembawa dirigen minyak dan 1 orang pembawa bendera morse.
  • Kelompok keempat terdiri atas 8 orang yang membawa tongkat pramuka.

pasukan estafet tunas kelapaSelain Pasukan Inti yang terdiri atas 61 orang bisa ditambah dengan Pasukan Pengembira yang berjalan di belakang pasukan inti. Susunan Pasukan pengembira disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2009 ini merupakan Estafet Tunas Kelapa ke-29 yang sekaligus sebagai momentum memperingati Hari Pramuka ke-48 dan Hari kemerdekaan ke-62.

Kegiatan yang mengambil tema “Pramuka Perekat Persatuan Bangsa” dan dengan motto “Disiplin, Berani, dan Setia” ini dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 12 Agustus 2009 dengan mengambil start dari 14 (empat belas) titik penjuru yang berada di Jawa Tengah.

Keempat belas titik pemberangkatan tersebut adalah:

  1. Kabupaten Brebes
  2. Kota Pekalongan
  3. Kabupaten Kendal
  4. Kabupaten Kudus
  5. Kabupaten Jepara
  6. Kabupaten Blora
  7. Kabupaten Sragen
  8. Kabupaten Karanganyar
  9. Kabupaten Wonogiri
  10. Kabupaten Klaten
  11. Kabupaten Cilacap
  12. Kabupaten Banyumas
  13. Kabupaten Banjarnegara
  14. Kabupaten Wonosobo

Dari ke-14 titik pemberangkatan tersebut akan melewati seluruh Kabupaten di Jawa Tengah untuk selanjutnya akan menuju satu titik di Bumi Perkemahan (Buper) Munjul Luhur Purbalingga sebagai tempat dilangsungkannya Upacara Peringatan Hari Pramuka Tingkat Daerah Jawa Tengah ke-48 Tahun 2009.

Pasukan ETK (foto: Suara Merdeka)

Pasukan ETK (foto: Suara Merdeka)

Pasukan yang tadi sore saya latih akan melaksanakan tuganya besok pada tanggal 8 Agustus 2009  yang akan meneruskan estafet yang dimulai dari Kabupaten Blora, melewati Rembang, Pati, Kabupaten Purwodadi dan seterusnya hingga mencapai Kabupaten Purbalingga.

Beberapa ketentuan lainnya:

  • Estafet Tunas Kelapa dimulai pukul 08.00 dan finish pada pukul 16.00 untuk disemayamkan sementara dan dilanjutkan esok harinya.
  • Setiap harinya diharapkan mampu menempuh jarak 40 – 46 Km (8 – 9 etape).
  • Estafet Tunas kelapa dilakukan dengan berjalan kaki kecuali pada rute-rute yang terlalu sulit dapat melakukan moving personil dengan menggunakan mobil.
  • Petugas Estafet Tunas kelapa diambilkan dari Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak.
  • Untuk selain provinsi Jawa Tengah saya tidak mempunyai data, ada atau tidaknya Estafet Tunas kelapa ini. Mungkin rekan-rekan bisa ikut sharing.

Baca juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kegiatan alam bebas, organisasi, pendidikan, pramuka dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

84 Balasan ke Estafet Tunas Kelapa

  1. Lho mas itu jalan?

    Berapa hari itu ntar?

  2. Lho mas itu jalan semua?

    Berapa hari itu ntar?

    Sukses Selalu

  3. rizky berkata:

    wah wah…

    inget pramuka dulu..
    sayang skg saya cuma bisa melihat dan menyesal tidak nglanjutkan penggalang..

    salam pramuka!!

  4. endra berkata:

    tepuk pramuka….
    salam pramuka… 🙂

  5. Myryani berkata:

    kenapa saya dolo gk aktip di pramuka ya??
    ah,,, jadi nyesel jg,,,

  6. Si Gembala berkata:

    Kegiatan yang positif….tapi sulit juga membayangkan jalan kaki sejauh 40 km….saya kalau survey lapangan..lengkap dengan pencatatan segala biasanya sehari 20 km…dan capeknya bukan main….

  7. Kurotsuchi berkata:

    ah… terakhir pramuka itu pas sma… dan pas lagi camping deket sungai, belum sempat tidur bahkan semalam udah kudu pulang lantaran kebanjiran 😦

  8. quinie berkata:

    sayah sebelll kalo pramuka trus kemah di cibubur… susah MCKnya, udah gitu sekalinya ujan, banjir deh tendanya 😦

    *itu jaman sayah SD*

  9. Yep berkata:

    He…he…klu aku inget Pramuka, inget pergi berkemah dan api unggunnya 🙂

    • alamendah berkata:

      @KangBoed: Jadi Pramuka sejak kecil, Kang!

      @DebyPecundangSejati: Emang jalan semua, tapi kan estafet. Tiap etape lebih kurang 5 km. Ganti etape ganti pasukannya.

      @rizky: Saya sudah berkunjung, lho…

      @endra: Salam pramuka!!

      @Myryani: Ah…

      @Si Gembala: 40 km tuh kebagi dalam 8-9 etape.

      @Kurotsuchi: Pengalaman yang seru, tuh… Hindari berkemah di tempat seperti itu.

      @quinie: Emang, di alam bebas fasilitasnya serba terbatas. Paling2 adanya MCK jongkok.

      @Yep: Berkemah dasn api unggun emang pramuka banget

  10. arifudin berkata:

    wah………… saya juga pramuka loch 😉

  11. Pakde Cholik berkata:

    Setiap membaca kata tunas kelapa jadi ingat waktu pramuka dan juga ingat kampung halaman tercinta yang makin berkurang pohon kelapanya.
    Salam hangat dari Surabaya.

  12. javanese berkata:

    berkunjung…..
    selamat hari pramuka….

  13. Assalamu’alaikum,
    Mas Alamendah, hari ini kita memperingati Hari Pramuka, semoga sukses ya…
    (Dewi Yana)

  14. Elfrida berkata:

    sayang kemarin gak bisa ikut, sebenernya sih gak enak juga ma temen2 DKC mas, tapi apa boleh buat, kemarin pas da saudara yang tunangan. pasti rame ya mas, eh kemarin jadi ikut Jamcab di regaloh gak? kok q gak ketemu ya?

    • alamendah berkata:

      @arifudin: Tau. Dulunya blognya ada fotonya pake seragam pramuka. sekarang udah ganti. he… he…

      @Pakde Cholik: Salam hangat, Pakde

      @javanese: terima kasih

      @jalandakwahbersama: terima kasih. Dirgahayu Gerakan Pramuka.

      @Elfrida: Saya di Regaloh hingga kamis pagi. Jadi Bindamping Jakenan. Kok gak ketemu, ya? Kali pas ketemu sama-sama gak ngeh! he.. he..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.