Blog Saya Ini

Jangan ditertawakan!. Sejujurnya saya hanyalah orang awam (bego?) yang lebih familiar dengan rangsel, cangkul dan sabit ketimbang dunia teknologi informatika semacam blog dengan semua atribut yang menyertainya layaknya PageRank, SEO, Trafic maupun yang lain-lainnya. Karena itu pula saya memilih wordpress.com yang katanya lebih mudah dioperasionalkan dari pada wordpress.org. Bukan pula blogspot yang saya tambah gak mudeng.

Karena itu, pada tanggal 12 Mei 2009, ketika saya mencoba membuat blog ini, modal utama saya hanya kenekatan yang tanpa perhitungan. Sebagaimana pernah saya tulis di postingan saya sebelumnya, Award, Saya merintis blog sekedar memenuhi hasrat saya untuk berbagi kepada sesama. Yang terpenting bagi saya hanyalah menuliskan apa yang saya rasakan, ketahui, dan impikan. Tidak pernah saya pikirkan apakah nanti blog saya ini akan dibuka, dibaca, dikomentari ataupun disukai oleh para pengelana dunia maya. Jujur saja, 2 komentar pertama di blog ini (dalam postingan Pecinta Alam vs Penikmat Alam) adalah komentar yang saya tulis sendiri dan kemudian saya tanggapi sendiri. Jangan tertawa!

keyword "air tiga rasa"

keyword "air tiga rasa"

Lantaran saya sering berkumpul dengan para Pramuka, sehingga saya ikutan hafal salah satu point Dasa Dharma (kode etiknya Pramuka) yang berbunyi; “bertanggung jawab dan dapat dipercaya”. Maka dari itu setelah berhasil menelurkan sebuah blog di WordPress dan membuat beberapa postingan saya juga berusaha belajar dengan banyak membaca postingan-postingan tentang web, blog, kontes SEO, trafic, PageRank, blogwalking, internal links, eksternal link, alexa ranking, dan entah apa lagi istilahnya. Tetapi anehnya, semakin saya belajar, bukannya semakin mudeng saya malah semakin puyeng!.

Dengan kenekatan yang membabi buta saya bergeming meski tulisan saya tidak ada yang mengomentari. Bahkan Google dan Yahoo pun ogah mengindeks. Pembaca blog saya pada hari pertama hanya 14 orang!. Komentar pertama, adalah komentar dari saya sendiri yang saya tanggapi sendiri. So, karena saya merintis blog sekedar untuk memenuhi hasrat saya, maka dengan semangat ‘cuek bebek’ tanpa malu saya maju terus. Masa bodoh dengan SEO, trafic, PageRank, blogwalking, internal links, eksternal link, alexa ranking, dan entah apa lagi sebutannya. Yang penting saya punya blog!

Saya baru agak heran ketika kemudian beberapa keyword blog saya nangkring di halaman pertama Pakde Google Indonesia. Seperti; hari lingkungan hidup 2009 ada di nomor 2; wisata di pati (5); air tiga rasa (2); puncak argopuro (7); gunung lasem (6); tentang survival (5); nikmat bercumbu (2); bumi perkemahan (8); gua pancur (1); argopuro lasem (1 dan 2); hutan bakau di pati (1 dan 2); organisasi pencinta alam di indonesia (5). Dan berbagai keyword lainnya yang telah membuat hati keponakan Pakde Google ini berbunga-bunga.

Juga ketika saya menyadari bahwa dalam 44 hari ternyata blog ini telah dikunjungi hampir 5.000 kali dengan komentar mencapai ratusan. Angka-angka yang kadang membuatku merinding. Jangan ditertawakan, mengingat blog ini hanyalah kenekatan saya untuk memenuhi hasrat dalam berbagi.

Kemarin malam saya kembali kaget. Bahkan kaget yang sungguh-sungguh.  Saat iseng-iseng mengecek PageRank ternyata blog ini dilabeli dengan nilai 3!. Padahal sebelumnya selalu nol!. Entah apa kriteria penilaiannya dan bagaimana prosedurnya. Saya terlalu kaget. Jangan ditertawakan, ingat, blog ini hanyalah kenekatan saya untuk memenuhi hasrat dalam berbagi.

Bahagia memang menerima realita dari limpahan karunia Tuhanku ini. Namun tak urung inipun membuatku was-was. Lho?. Dalam salah satu postinganku ada seorang bloger yang meminta petunjuk tentang membuat blog yang tampil beda. Bingung aku menjawabnya. Lha, untuk membuat blog yang standar saja saya masih gak mudeng bagaimana bisa membuat yang berbeda?. Bukankah untuk bisa mengendarai sepeda dengan satu tangan harus mahir mengendarai sepeda dengan dua tangan terlebih dahulu?.

Terima kasih untuk para pengunjung blog ini, untuk yang meninggalkan komentar, untuk yang memberikan award, untuk yang menilai PageRank, untuk Google dan teman-temannya, untuk wordpress juga untuk yang mengirimkan komentar spam. Meski semakin puyeng saya mamsih belajar terus, untung ada aspirin.

Baca juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan Alamendah’s Blog di: Daftar Catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Teknik, uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Blog Saya Ini

  1. Danta berkata:

    Wah.. hebat pisan mas.. saya salut.. blog saya masih ndol besar.. hehehehehehe

    • alamendah berkata:

      Anda lebih hebat kayaknya. Bisa mengurusi 5 site sekaligus (atau bahkan lebih?). Saya ngurusi satu saja “pusing” kalau sekian hari gak dapat ide buat postingan. Sekalinya dapat ide gak punya bahan. Kayak postingan ini… (he.. he.., nasib orang serba cekak!)

  2. rizky berkata:

    kog bs bgus gt mas?
    mankx ngblog mulai tahun brapa?

    q pke’ blogger.

    wordpress nyediain widget” ky wordpress?

    • alamendah berkata:

      Ralat: Ini belum apa-apa dibandingkan master-master dunia maya yang lain. Eksperimen saya yang pertama di blogspot pada tanggal 18 April kemarin. Selama sebulan beberapa kali mencoba membuat akun lain di blogspot (2 biji kayaknya), 4 di WP.com dan satu di WP.org (he.. he.. ngacak2 dulu -entah gimana nasibnya sekarang, ya?). Prinsip saya “Learning by doing”. Karena gak suka ribet akhirnya berlabuh di WP.com (blog ini) sejak 12 Mei.

  3. syelviapoe3 berkata:

    Welcome to Blogsphere… 😀

    Rasakan kenikmatannya… 🙂

    • alamendah berkata:

      Nah ini komen yang bener! Yang lama dengan pengunjung mencapai puluhan ribu dan PR yang sudah menembus angka lima, memberi ucapan selamat datang kepada blog ‘tentang hijau yang masih hijau’ ini. Terima kasih Mbak atas kunjungan dan penyambutannya. Bimbingan, pengarahan dan kritikannya ditunggu selalu.

  4. taufan abdi berkata:

    maklum mas….saya masih baru di dunia blogger ne…

    Klu blh minta saran nya….gmn caranya supaya tag saya teratur mas?
    Ada home nya…
    Ada tentang nya…

    kayak punya mas…

    Bantuin saya ya mas… ^_^

    • alamendah berkata:

      Pada awalnya kita semua adalah baru di dunia bloger. Yang sekarang piawai dulupun pernah jadi ‘baru’. Saya sendiri sama dengan anda, baru!. Sedikit saran: banyak-banyaknya mengunjungi blog-blog yang lain dan belajar dari sana. Belajar sambil melakukan, prinsip seperti ini kelihatannya banyak dianut oleh bloger dan terbukti manjur. Mari sama-sama belajar! Next time, mungkin saya akan bantu sedikit-sedikit untuk memberikan referensi yang baik atau referensi yang pernah saya pelajari.

  5. Hadi Muljono berkata:

    Nice Blog….pagerank bagus da 3 saat saya tulis comment ini…bisa kita saling tuker link untuk kita tempatkan di blogroll masing blog….(kalau gak keberatan….anchortex mohon disampaikan…trims sebelumnya….)

    • alamendah berkata:

      PR Abang pun lumayan…

      Soal tukeran link, monggo… Blog saya bisa langsung di-blogroll, ntar saya dikonfirmasi jika sudah terpasang. Insaallah langsung tak blogroll juga.

      (jgn dianggap sombong, lho, Bang. Biasaya yg ngajak, kan yg mulai lebih dulu. Biar sesuai pakem. he.. he..)

  6. sikem berkata:

    hmm…mantap neh boz. Pake ilmu padi neh, semakin berisi semakin merunduk…hehe tul ga??. btw tanya doong mas cara ngecek pagerank gimana seh ??

  7. arwansp berkata:

    wah bagus mas…btw salam kenal…

  8. Abdul Cholik berkata:

    Hla blog saya kan juga asal nulis artikelnya.Pokoknya ada yang lewat mata atau lewat otak langsung saya tulis mas.Pengunjung saya ya gak sampai 25 tiap hari,maklum suguhannya kurang garam barangkali.

    Aku juga begitu pokoke nulis-belajar-nulis-belajar dan nulis lagi aja.
    Mantap gini kok blognya.maju terus mas
    Salam

  9. alamendah berkata:

    Terima kasih atas kunjungan dan support-nya.
    Kepuasan saya dalam membuat blog adalah:
    1. Saya bebas menulis apa yang ingin saya tulis dan pasti diterbitkan.
    2. Saya bisa belajar sambil nulis atau bahkan nulis sambil belajar.
    3. Sahabat saya bertambah (seperti sekarang, Pakde).
    Selain itu masih ada beberapa bonus, semisal:
    1. Pembaca mengomentari tulisan saya.
    2. Tulisan saya dibaca (minimal dibuka) banyak orang.

  10. Ping balik: Award Kedua, Langsung Tiga « Alamendah's Blog

  11. Ping balik: Bertuah Award 2009 « Alamendah's Blog

  12. Ping balik: Badai Award « Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Agustus, Pramuka, dan Bloging « Alamendah's Blog

  14. baju murah berkata:

    Saya sangat terkesan dengan artikel yang satu ini. singkat, padat dan jelas. mau jg donk, trik dan cara menaikkan Alexa dan PageRank di website saya, susah sekali rasanya untuk mendapatkan trik yang tepat. jika perlu, bisa tolong di cek di : http://www.bungkusan.com ?
    benar-benar butuh masukannya.
    Ditunggu emailnya yach, makaciii

  15. Setelah menghabiskan beberapa saat membaca
    artikel ini, membuat kami jadi pengen segera
    mencobanya. kami bingung, padahal dulu PageRank
    Website kami 4, tiba-tiba drop jadi 1, trus
    alexanya tetap ga mau bergerak, di sekitar
    140.000an, bisa memberi kami masukan ga? kami
    tunggu email dari anda yah. Thanks,nice post 🙂

    Admin iklan-laris.com

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.