Lomba Regu Pramuka Tingkat Nasional (LT V) 2012

Lomba Regu Pramuka Tingkat Nasional atau yang biasa disingkat dengan LT V (LT Lima) akan digelar tahun 2012 ini. LT V Gerakan Pramuka ini akan dilaksanakan pada 1 – 7 Juli 2012 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

LT V (Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional) adalah sebuah ajang perlombaan paling bergengsi bagi pramuka penggalang. Lomba ini diikuti oleh dua regu penggalang terbaik dari masing-masing kwartir daerah (provinsi) se Indonesia.

Mengenal Lomba Tingkat Nasional (LT V). Berbeda dengan jambore yang lebih sebagai ajang pertemuan dan kegiatan bersama untuk menjalin persatuan dan persahabatan antar sesama pramuka, lomba tingkat lebih menekankan pada kompetisi ketrampilan kepramukaan. Kompetisi tersebut tentunya tanpa mengesampingkan kode kehormatan pramuka. Perlombaan pun dilaksanakan secara beregu ataupun perseorangan atas nama regu.

Regu peserta LT V merupakan regu penggalang terbaik yang mewakili kwartir daerah (LT V) masing-masing. Sebelum berhak mengikuti LT V, regu tersebut sebelumnya harus telah menjuarai empat tingkatan Lomba Regu Penggalang. Tingkatan itu dimulai dengan lomba regu tingkat gugusdepan hingga tingkat daerah. Atau jika diilustrasikan seperti ini:

  • Masing-masing gugus depan (biasanya sekolah SMP dan MTs.) melaksanakan LT I. Pemenangnya (Regu Berprestasi Tinggi) kemudian mewakili gugus depannya dalam LT II (tingkat ranting atau kecamatan);
  • Pemenang (Regu Berprestasi Tinggi) LT II mewakili kwartir rantingnya dalam LT III (tingkat cabang atau kabupaten/kota);
  • Pemenang (Regu Berprestasi Tinggi) LT III mewakili kwartir cabangnya dalam LT IV (tingkat daerah atau provinsi)
  • Pemenang (Regu Berprestasi Tinggi) LT IV inilah yang kemudian berlomba dalam LT V (Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional).

Sehingga sebelum LT V ini digelar pada Juni 2012 nanti, sejak pertengahan 2011 kemarin telah digelar berbagai Lomba Tingkat (LT) secara berjenjang mulai dari tingkat gugus depan hingga daerah di seluruh Indonesia. Berdasar jenjang lomba trsebut peserta LT V haruslah benar-benar ‘regu asli’ yang berasal dari sebuah gugus depan penggalang (biasanya SMP atau MTs.) dan bukanlah ‘regu bentukan’ yang dipilih dari beberapa sekolah berbeda.

Regu dalam Lomba Tingkat

Regu Penggalang sedang mengikuti kegiatan packing dalam Lomba Tingkat

LT V Tahun 2012. Lomba Regu Pramuka Penggalang Tahun 2012 akan dilaksanakan pada tanggal 1-7 Juli 2012 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Dengan mengusung motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” dan tema “Kokohkan Persatuan dan Tingkatkan Prestasi Menuju Kemandirian” LT V Tahun 2012 akan melombakan berbagai materi yang terbagi dalam 7 kelompok kegiatan, meliputi:

  1. Penghayatan dan Pengamalan Kode kehormatan Pramuka, terdiri atas: pelaksanaan ibadah, upacara, kerapian, kreatifitas, kedisiplinan, dan pengabdian masyarakat.
  2. Ketrampilan Kepramukaan, terdiri atas: baris berbaris, yel pramuka, halang rintang, kompas, peta topografi, peta pita, peta panorama, perkemahan, tali temali, semboyan dan isyarat, sandi, kim, pengamatan, PPPK, menaksir, survival, penataan perlengkapan (packing), dan senam pramuka.
  3. Bela Negara, meliputi: pidato bela negara; sejarah perjuangan bangsa, mengenal penyelenggara negara; mengenal ketentuan tentang lambang negara, bahasa, bendera, dan lagu kebangsaan; mengenal negara-negara ASEAN; kesiapsiagaan; dan membuat poster.
  4. Ketrampilan Hidup, meliputi: memasak masakan khas daerah; mengenal tanaman; pengetahuan komputer; dan membuat obat tradisional.
  5. Ketrampilan Kewirausahaan, berupa hasta karya.
  6. Ketrampilan Manajerial, meliputi administrasi regu; kerjasama tim; dan forum penggalang.
  7. Seni dan Budaya Bangsa, meliputi: mengenal budaya daerah; pentas seni; melukis; karnaval; dan wisata pendidikan.

Dari setiap kegiatan (lomba) akan dipilih tiga regu terbaik (bisa diibaratkan dengan peraih mendali emas, perak, dan perunggu). Sehingga nantinya akan terpilih regu terbaik baris berbaris, regu terbaik PPPK, regu terbaik senam pramuka, regu terbaik pentas seni, dan lain sebagainya.

Regu pramuka penggalang dengan peraih predikat terbaik terbanyaklah yang kemudian keluar sebagai pemenang (diistilahkan sebagai “Regu Berprestasi Tinggi”) dalam Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional (LT V) ini.

Saat ini terdapat beberapa kwartir daerah yang tengah melangsungkan LT IV guna memilih perwakilan provinsi mereka. Namun tidak sedikit provinsi yang telah menyelesaikan LT IV dan melakukan pemusatan latihan guna meraih prestasi tertinggi dalam LT V Tahun 2012 ini.

Sayangnya salah satu regu di gugus depan saya pada Januari silam hanya berhasil menjadi runner up di LT III (Kabupaten Pati). Jadi jangankan LT V di Cibubur, LT IV Kwarda Jawa Tengah saja hanya sebagai penonton. So, bagi adik-adik regu penggalang terbaik di tingkat provinsi se Indonesia, selamat ber-LT V.

UPDATE (PERUBAHAN JADWAL):

Berdasarkan Surat Surat Edaran Kwarnas No. 0559-00-B tanggal 7 Juni 2012 tentang Pengunduran Waktu LT-V Tahun 2012, waktu pelaksanaan LT-V dimundurkan pada tanggal 7-13 Juli 2012.

Referensi:

  • Surat Edaran Kwarnas Gerakan Pramuka No. 1060-00-B-2011 tentang LT V
  • SK Kwarnas Gerakan Pramuka No. 017 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Nasional Tahun 2012

Baca artikel tentang pramuka dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di pramuka dan tag , , , , . Tandai permalink.

48 Balasan ke Lomba Regu Pramuka Tingkat Nasional (LT V) 2012

  1. Ryshel Gabriel berkata:

    Kangen tman ” LTv !

    #Ryshel_Ryry (Sukawesi Utara)

  2. Ryshel Gabriel berkata:

    Kangen tman ” LTv !

    #Ryshel_Ryry (Sulawesi Utara)

  3. sofian berkata:

    ingin sekali merasakan kemah lg

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s