Mengenal Bunga Nasional Indonesia

Indonesia memiliki 3 bunga yang ditetapkan menjadi bunga nasional. Bunga nasional Indonesia tersebut disebut juga sebagai puspa nasional. Ketiga bunga atau puspa nasional adalah bunga melati putih (Jasminum sambac (L.) Aiton) sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis (L.) Blume) sebagai bunga pesona, dan bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii R.Br.) sebagai puspa langka.

Bunga nasional adalah bunga yang dianggap mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Bunga nasional juga simbol kebanggaan suatu negara. Hampir setiap negara memiliki bunga nasional seperti Sakura yang menjadi bunga nasional Jepang, Tulip (Belanda dan Turki), Lotus (India), Mawar (Amerika Serikat dan Inggris), Kembang Sepatu atau Bunga Raya (Malaysia), dan lain-lain.

Bunga nasional Indonesia ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Baca Keputusan Presiden ini di halaman : Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa Dan Bunga Nasional.

Mengenal 3 Bunga Nasional Indonesia

Berikut ini ketiga bunga nasional Indonesia beserta dengan deskripsi dan alasan pemilihannya sebagai bunga nasional.

Puspa Bangsa, Bunga Melati Putih

Bunga Melati Putih Jasminum sambac

Bunga Melati Putih Jasminum sambac

Bunga nasional Indonesia yang pertama disebut juga sebagai puspa bangsa adalah bunga melati putih. Bunga yang disebut juga sebagai melati air ini memiliki nama ilmiah Jasminum sambac (L.) Aiton.

Bunga melati putih merupakan tumbuhan asli Asia Selatan yang tersebar ke berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia. Tumbuhan perdu dari famili Oleaceae sangat dikenal di berbagai pelosok nusantara. Kerap digunakan sebagai pelengkap berbagai tradisi. Bunganya yang berwarna putih dan penampilannya yang sederhana dan tidak mencolok melambangkan kesucian dan keelokan budi yang sederhana namun menawan. Aromanya yang harum lembut memberikan makna dan kesan lembut, nyaman, dan tenang. Karena itulah, melati putih dianggap mampu mewakili karakteristik bangsa Indonesia yang sederhana dan penuh kesucian namun memiliki keelokan budi.

Selengkapnya tentang bunga Melati Putih Sang Puspa Bangsa, baca : Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana

Klasifikasi ilmiah Melati Putih. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Lamiales. Famili: Oleaceae. Genus: Jasminum. Spesies: Jasminum sambac (L.) Aiton.

Puspa Pesona, Anggrek Bulan

Phalaenopsis amabilis (Anggrek Bulan)

Phalaenopsis amabilis (Anggrek Bulan)

Bunga nasional Indonesia yang kedua atau disebut juga sebagai puspa pesona adalah bunga Anggrek Bulan. Nama latin bunga ini adalah Phalaenopsis amabilis (L.) Blume. Sedang dalam bahasa Inggris kerap disebut juga sebagai Moon Orchid.

Anggrek bulan merupakan salah satu jenis bunga anggrek (famili Orchidaceae) yang asli Indonesia. Tersebar mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Tumbuhan epifit (menempel pada batang atau cabang pohon) memiliki bunga indah berwarna putih berbentuk bulat memanjang. Pesona keindahan spesies anggrek ini yang kemudian menobatkannya sebagai salah satu bunga nasional Indonesia.

Selengkapnya tentang Anggrek Bulan Sang Puspa Pesona, baca : Anggrek Bulan Puspa Pesona Indonesia

Klasifikasi ilmiah Anggrek Bulan. Kerajaan: Plantae. Ordo: Asparagales. Familia: Orchidaceae. Genus: Phalaenopsis. Spesies: Phalaenopsis amabilis (L.) Blume.

Puspa Langka, Bunga Padma Raksasa

Bunga Raflesia Arnoldi

Bunga Raflesia Arnoldi

Bunga nasional yang ketiga, atau disebut juga sebagai puspa langka adalah bunga padma raksasa. Bunga yang disebut juga sebagai bunga raflesia ini memiliki nama latin Rafflesia arnoldii R.Br.

Bunga ini unik karena tidak memiliki batang, daun, maupun akar sehingga hanya tampak bunganya saja yang mekar. Hidup sebagai parasit obligat yang tumbuh dalam batang liana. Saat mekar bunga ini mampu mencapai diameter antara 70-110 cm dengan tinggi 50 cm dan berat 11 kg. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati. Merupakan bunga berkelamin tunggal, sehingga keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu membuat pembuahan lebih sulit berhasil. Apalagi bunga ini sampai sekarang belum pernah berhasil ditanam di luar habitat aslinya.

Berbagai keunikan tersebut, mungkin,  yang kemudian mendasari pemilihan dan penetapan padma raksasa atau bunga raflesia sebagai puspa langka.

Selengkapnya tentang Padma Raksasa Sang Puspa Langka, baca : Mengenal Rafflesia Arnoldi Gambar dan Cirinya

Klasifikasi ilmiah Padma Raksasa: Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Malpighiales. Famili: Rafflesiaceae. Genus: Rafflesia. Spesies: Rafflesia arnoldii R.Br.

Referensi dan gambar:
alamendah.org/2011/03/16/mengenal-rafflesia-arnoldi-gambar-dan-cirinya
alamendah.org/2010/04/23/anggrek-bulan-puspa-pesona-indonesia
alamendah.org/2011/02/12/bunga-melati-lambang-kesucian-nan-sederhana

Baca juga artikel tentang bunga dan alam Indonesia lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Mengenal Bunga Nasional Indonesia

  1. Liza Fathia berkata:

    kalau di aceh bunga nasional eh bunga daerahnya bungong jeumpa 🙂

  2. Frutablend berkata:

    Saya paling suka sama bunga Anggrek Bulan,,,

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s