Lomba Foto Satwa Liar Jawa Tengah

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (Balai KSDA) Jawa Tengah menggelar Lomba Foto Satwa Liar Jawa Tengah Tahun 2015. Lomba foto yang terbuka bagi masyarakat umum ini memperebutkan hadiah total senilai 20 juta rupiah. Di samping itu, pemenang Lomba Foto Satwa Liar Jawa Tengah Tahun 2015 akan mendapatkan piala dan sertifikat.

Sesuai namanya, dalam lomba foto ini yang menjadi objek haruslah satwa liar. Foto tersebut diambil di Kawasan Konservasi, Lembaga Konservasi, ataupun kawasan hutan yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Ketentuan Lomba Satwa Liar

Sesuai dengan brosur yang diedarkan, Lomba Foto Satwa Liar Jawa Tengah Tahun 2015 memiliki beberapa ketentuan yang antara lain sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk umum masyarakat Jawa Tengah (panitia, dewan juri, staf dan karyawan Balai KSDA Jawa Tengah beserta keluarganya tidak diperkenankan mengikuti lomba)
  2. Objek foto berupa satwa liar. Foto diambil pada Kawasan Konservasi, Lembaga Konservasi, atau kawasan hutan yang ada di Jawa Tengah. Untuk daftar Kawasan Konservasi dan Lembaga Konservasi, lihat di akhir artikel ini.
  3. Foto merupakan karya sendiri. Pengambilan foto antara tanggal 1 Juli – 31 Oktober 2015. Foto belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional/lokal, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun.
  4. Pemotretan menggunakan kamera digital SLR
  5. Setiap karya foto harus dilengkapi identitas diri, berupa nama fotografer, judul foto, lokasi foto, serta alamat, nomor telepon / hp, email, dan copy identitas fotografer.
  6. Hak cipta melekat pada fotografer, namun Balai KSDA Jawa tengah berhak untuk menggunakan setiap karya foto yang masuk guna kepentingan publikasi di lingkup Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah.
Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) Gambar Fajar Andriyanto

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), salah satu satwa Jawa Tengah. Gambar Fajar Andriyanto

Pengiriman Foto

  1. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 buah karya foto.
  2. Karya foto bukan berupa kombinasi lebih dari satu foto (composite dan montage)
  3. Olah digital diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek. Dilarang menghilangkan dan atau mengubah elemen-elemen dalam satu foto. Foto tanpa watermark.
  4. Karya foto dikirim dalam bentuk hardcopy berukuran 10R doft, tanpa tepi, dan softcopy (format JPEG skala 6 dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel dan ukuran file maksimal 1 MB) dalam bentuk CD.
  5. Karya foto dikirim dalam amplop tertutup dengan ditulis pada sebelah kiri atas “Lomba Foto Satwa Liar 2015” ke “Sekretariat Panitia Lomba Foto Satwa Liar 2015, Balai KSDA Jawa Tengah, jl. Suratmo 171 Semarang 50147. Diterima paling lambat tanggal 2 November 2015. Karya dapat juga diantar langsung maksimal tanggal tersebut pada jam kerja.
  6. Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Penjurian dan Hadiah

  1. Penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 6 November 2015.
  2. Dewan juri terdiri dari fotografer profesional, wartawan media cetak, dan staf Balai KSDA Jawa Tengah.
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  4. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada minggu ke-2 November 2015.
  6. Pemenang (Juara 1 s.d VI) akan mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan dengan total Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah), dipotong pajak.

Informasi lebih lanjut dapat membaca brosur di sini, atau menghubungi Balai KSDA Jawa Tengah di jl. Suratmo 171 Semarang atau via telepon 024 7614752.

Brosur Lomba Foto Satwa Liar

Brosur Lomba Foto Satwa Liar

Lokasi Kawasan Konservasi dan Lembaga Konservasi di Jawa Tengah

Sesuai syarat di atas, foto satwa harus diambil di Kawasan Konservasi, Lembaga Konservasi, ataupun kawasan hutan yang ada di provinsi Jawa Tengah. Adapun yang termasuk dalam Kawasan Konservasi dan Lembaga Konservasi di Jawa Tengah antara lain:

  1. Cagar Alam, Suaka Margasatwa, dan Taman Wisata Alam di lingkup Balai KSDA Jawa
  2. Tengah (Baca : Daftar Cagar Alam di Jawa Tengah)
  3. Taman Nasional Gunung Merbabu
  4. Taman Nasional Karimunjawa
  5. Taman Satwa Taru Jurug Solo
  6. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Seruling Mas Banjarnegara
  7. Taman Satwa Ndayu Alam Asri Sragen
  8. Agrowisata Sido Muncul Semarang
  9. Taman Satwa PT. Taman Safari Indonesia Batang
  10. Taman Satwa Kendal
  11. Taman Margasatwa Semarang
  12. Taman Kyai Langgeng Magelang
  13. Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
  14. Taman Satwa Jurang Kencono Kendal
  15. Taman Satwa Borobudur
  16. Taman Wisata Linggo Asri Pekalongan
  17. Taman Satwa Khusus Gajah Guci Tegal
  18. Taman Reptil dan Serangga Purbalingga
  19. Taman Wisata Edukasi Pati

Bagi teman-teman fotografer di Jawa Tengah tampaknya amat sayang jika melewatkan kesempatan ini. Mengikuti lomba foto satwa liar 2015, mengasah keterampilan dan kemampuan di bidang fotografi sekaligus mengenal satwa liar Jawa Tengah. Dan tentunya, dengan lomba foto tersebut akan memberi pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih mencintai satwa liar di Jawa Tengah.

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, satwa dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Lomba Foto Satwa Liar Jawa Tengah

  1. ananda berkata:

    Infonya bagus banget. Boleh nyoba nich. ayo buruan hunting!!!
    Makasih infonya

  2. Rifai Prairie berkata:

    😀 Waaahh.. baru tahu kalo ada banyak sekali taman konservasi di jateng. semoga besok foto pemenangnya bisa ditampilkan di sini ya! 🙂

  3. Mr. F berkata:

    waduh.. ada asuransinya gak tuh. kan kalau diterkam binatang liar bagaimana?

  4. Mr. Joy berkata:

    Wah.. sayangnya gak punya modal kamera. dan gak punya bakat di dunia foto sih. hihi..

  5. Andhika Wiratama berkata:

    Coba lombanya bukan hewan liar.
    Sebenarnya saya suka sama hewan. terutama kucing.
    tapi seru juga, jadi pengen ikutan nih.

  6. rumah joglo berkata:

    wah boleh juga ya ni ikut mbolang lagi cuma belum punya lensa tele masih kit dan fix tapi di coba aja deh makasih infonya…

  7. Vlorencia berkata:

    wah seru juga ya lombanya, boleh ikut nihh.
    hadiahnya juga lumayan.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s