Ganitri atau Jenitri Pohon Air Mata Dewa Siwa

Ganitri atau Jenitri (Elaeocarpus serratus) menjadi pohon dengan buah yang digelari “Air Mata Dewa Siwa”. Biji Ganitri atau Jenitri, di India dikenal sebagai ‘Rudraksha’ yang berarti “Mata Dewa Siwa”. Mitosnya, tumbuhan Ganitri tumbuh dari air mata Dewa Siwa yang menetes di bumi.

Dari mitos tersebutlah, Ganitri menjadi biji yang disucikan, dikeramatkan, serta dipercaya mampu membersihkan dosa. Tumbuhan ini pun kemudian menjadi terkenal karena bijinya yang awet untuk dijadikan manik-manik, mata tasbih atau rosario. Dan ternyata, salah satu tumbuhan asli Indonesia ini tidak hanya mengandung mitos, berdasar uji klinis, buah dan bijinya berkhasiat herbal termasuk untuk meredakan stres.

Nama latin tumbuhan asli Indonesia ini adalah Elaeocarpus serratus L., yang mempunyai banyak nama sinonim. Nama-nama sinonim tersebut diantaranya adalah Elaeocarpus adenophyllus Wall., Elaeocarpus barnardii Burkill, Elaeocarpus cuneatus Wight, Elaeocarpus ganitrus Roxb. ex G.Don, Elaeocarpus malabaricus Oken, Elaeocarpus perim-kara DC., Elaeocarpus perincara Buch.-Ham., Elaeocarpus sphaericus (Gaertn.) K.Schum., Ganitrus roxburghii Wight, Ganitrus sphaerica Gaertn., Misipus serratus Raf., dan Monocera serrata Turcz.

Daun dan buah Ganitri (Elaeocarpus serratus)

Daun dan buah Ganitri (Elaeocarpus serratus)

Dalam bahasa Inggris Ganitri dikenal sebagai Rudraksa atau Ceylon-olive. Sedangkan di Indonesia selain dikenal sebagai Ganitri atau Jenitri juga dikenal sebagai Jenitri atau Klitri (Madura), Sambung Susu (Jawa), Biji Mala (Bali), dan Biji Sima (Sulawesi).

Diskripsi Jenitri (Elaeocarpus serratus)

Jenitri atau Genitri adalah pohon dari famili Elaeocarpaceae dengan tinggi mencapai 20-30 meter. Batangnya tegak, berkayu, bulat, dengan percabangan simpodial, dan berkulit kasar berwarna coklat dengan diameter hingga mencapai 150 cm. Daun Genitri berjenis tunggal, berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi, dan ujung dan pangkalnya meruncing. Daun berukuran panjang 8-20 cm dan lebar 3-6 cm. Daun tumbuh tersebar, bertangkai pendek, dengan pertulangan menyirip.

Pohon Ganitri (Elaeocarpus serratus)

Pohon Ganitri (Elaeocarpus serratus)

Bunga Ganitri berjenis bunga majemuk berbentuk malai yang muncul di ketiak daun. Kelopak bunga lonjong, berbagi, berwarna hijau pucat, dan terdapat rambut, sedangkan mahkota bunga berbentuk lonceng, bercangap, dan berwarna kuning. Buah Jenitri berjenis buni, berbentuk bulat, berwarna hijau dengan diameter sekitar 2 cm.

Biji Ganitri (Rudraksha) berbentuk bulat, berwarna coklat muda hingga coklat tua dengan diameter antara 0,5 cm -2 cm. Permukaan biji berlubang dan beralur (berulir) layaknya diukir. Akar tunggang berwarna keputihan.

Pohon Ganitri (Elaeocarpus serratus) adalah tumbuhan tropis Asia yang tumbuh tersebar mulai dari India, Nepal, Srilanka, Myanmar, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Tumbuh baik mulai dari di daerah berketinggian 350 meter dpl hingga 1200 meter dpl.

Tidak termasuk tumbuhan langka maupun tumbuhan di lindungi di Indonesia. Bahkan telah dibudidayakan di pekarangan maupun kebun untuk dimanfaatkan bijinya. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor biji Ganitri terbesar di dunia.

Pemanfaatan Ganitri

Biji Ganitri

Biji Ganitri

Yang paling dikenal adalah pemanfaatan bijinya yang beralur sebagai biji tasbih, mala, rosario, manik-manik, kalung, dan aneka kerajinan lainnya. Tekstur pada biji Ganitri dengan permukaan beralur memang unik. Di samping itu, sesuai mitosnya sebagai ‘air mata Dewa Siwa’, termasuk biji yang disucikan dan dikeramatkan terutama oleh umat Hindu.

Biji Ganitri atau Rudraksha, melalui beberapa uji klinis, mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat biji Ganitri diantaranya menghilangkan stress, antidepresan, antibakteri, dan anti-infeksi, menstabilkan tekanan darah, meluruhkan lemak badan, dan menghisap polutan di sekitarnya. Pemanfaatanya dengan menggunakan biji Ganitri sebagai kalung, gelang, tasbih, ataupun direndam dalam air kemudian di minum.

Selain bijinya pemanfaatan lain tumbuhan ini adalah sebagai pohon peneduh, pohon penghijauan, hingga batangnya digunakan sebagai bahan bangunan.

Dengan berbagai manfaatnya tersebut, biji Ganitri banyak diperdagangkan. Harga Ganitri dipengaruhi oleh tektur dan ukurannya. Semakin rumit teksturnya dan semakin kecil ukuran bijinya akan bernilai semakin mahal.

Klasifikasi Ilmiah Bidara. Kerajaan : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas : Magnoliopsida. Ordo : Oxalidales. Famili : Elaeocarpaceae. Genus : Elaeocarpus. Spesies : Elaeocarpus serratus L.

Referensi dan gambar :
staff.blog.ui.ac.id/taqyudin/index.php/2009/01/10/info-penting-ganitri-elaeocarpus-sphaericus
www.setbakorluhjateng.com/kehutanan/71-manfaat-biji-pohon-ganitri.html
en.wikipedia.org/wiki/Rudraksha
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-2786005
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/18627784
herbalplantslanka.blogspot.com (gambar)
www.biotik.org (gambar)

Baca artikel tentang flora Indonesia dan lingkungan hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Ganitri atau Jenitri Pohon Air Mata Dewa Siwa

  1. Lengkap sekali nih penjelasannya…moga bermanfaat untuk petani jenitri salam

  2. pingmeshop berkata:

    itu jadi obat stress buah atau biji nya ?

  3. Sandhy Kurnia berkata:

    Tanaman jenitri ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia, untuk itu silahkan melihat bibit jenitri unggulan. silahkan klik : ht**://kebunbibit.id/tanaman/tanaman-obat/jenitri.html?cid=15

  4. Woow keren 😀
    makasih buat info yang bermanfaatnya 😀

  5. very berkata:

    apa di daerah gunung kawi itu ada tanan pohon genitri.saya membutuhkan pohon genitri.mohon info nya dan terimakasi

  6. wieryawaskita berkata:

    Kalo di ntb ada gk tempat tumbuh pohon jenitri

  7. eky guswir berkata:

    Saya ada biji jimetri . ada yg mau beli ? Pin 53a36acc

  8. toro berkata:

    barang jenitrinya d mn.model jnitrinya gmn mas eky……

  9. Srini berkata:

    I am interested in collecting all types of ganitri or rudhraksh….let me know if you have?

  10. usman Tasik Malya berkata:

    kalo saya nemu trus mau di kelola sistem penjualanya lewat mana mas dan di jawa barat yang ada di derah mana

  11. Informasi yang sangat bermanfaat, terimakasih, salam kenal boss. Jika berkenan kunjungi blog saya yang menjual kalung, gelang, tasbih dan alat refleksi dari biji jenitri.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s