Senangnya Liburan Ke Bandung

Berlibur ke Bandung selalu menjadi kesenangan tersendiri. Rasanya tidak akan pernah bosan. Inilah salah satu pengalaman “Marini”, salah satu Penulis Tamu di Alamendah’s Blog.

Saya bersama beberapa sahabat kembali melakukan perjalanan wisata ke Bandung. Karena rencana liburan kami yang mendadak, alhasil harga sewa mobil melonjak 2 kali lipat dari harga normal. Walaupun begitu tetap saja kami menyewa mobil tersebut.

Rencana kami awalnya akan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Bandung, seperti : Kawah Putih dan Situ Patenggang. Tapi ternyata oh ternyata, Kota Bandung sudah dipenuhi mobil ber-plat B. Sebagaian besar penduduk Jakarta sepertinya hijrah ke Bandung saat musim liburan.

Sampai setengah perjalanan menuju Kawah Putih, tapi kemudian kami batalkan. Karena situasi saat itu benar-benar padat. Macetnya benar-benar tingkat tinggi deh. Perjalanan lalu kami arahkan menuju Situ Patenggang. Begitu mendekati kawasan Situ Patenggang, dari dalam mobil terlihat danau yang indah. Kamipun tak sabar untuk segera sampai kesana. Begitu sampai ternyata suasananya cukup ramai dan penuh dengan pedagang. Kami lalu bergegas menuju Danau Situ Patenggang. Ternyata tidak seindah yang saya lihat tadi dari dalam mobil. Daerah sekitar banyak sampah. Ini pendapat saya pribadi ya.

Situ Patenggang

Situ Patenggang Bandung

Sebenarnya Situ Patenggang merupakan danau yang indah. Tapi sayangnya kotor. Entah kurangnya pengelolaan atau memang pengunjung yang datang membuang sampah sembarangan. Saya tidak tahu. Saya hanya berharap baik kepada pengelola maupun kepada pengunjung agar lebih lagi menjaga keindahan alam yang telah Tuhan ciptakan. Sayang saja kalau tempat yang begitu indah seperti Situ Patenggang harus berkurang keindahannya akibat orang-orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan.

Selain ke Situ Patenggang, kami juga berkunjung ke Kebun Binatang Tamansari. Cukup menyenangkan juga berada di Kebun Binatang Taman Sari. Jarak antara pengunjung dengan kandang hewan-hewan tidak terlalu jauh, jadi puas deh melihat hewan-hewannya.

Berhubung jalan-jalan menuju tempat wisata lain masih saja macet total, akhirnya kami ganti haluan dengan wisata kuliner. Mulai dari makanan pinggir jalan di Pasir Kaliki, Kampung Gajah, Rumah Sosis, The Valley, bahkan sampai ke Mal Paris Van Java.

Dari kunjungan wisata kuliner di atas, semuanya rata-rata enak. Harganya juga ya standarlah, paling yang mahal ya di The Valley. Tapi tempatnya wow keren. Coba kalau datangnya sama pasangan, wuih tambah romantis deh suasananya. Oh ya, makanan kaki lima di Pasir Kaliki juga lumayan mahal, sama aja seperti kalau kita makan di Mal atau restaurant. Tapi enaknya banyak pilihan kuliner. Mulai dari makanan berat sampai cemilan.

Acara selanjutnya tentu saja yang ga akan pernah ketinggalan : belanja oleh-oleh. Mulai dari brownies, banana roll, keripik dan lain-lain. Karena sudah belanja oleh-oleh menandakan liburan sudah berakhir.

Walaupun setiap liburan Bandung selalu macet, tetap saja selalu menjadi alternatif liburan. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta tentu saja menjadi nilai lebih. Selain itu tempat-tempat makannya itu yang bikin kangen. Jadinya sekarang tiap kesana, tujuannya adalah wisata kuliner.

Sekian dulu ya cerita liburannya, nanti kapan-kapan aku lanjut lagi cerita liburan di daerah lain.

——

Tulisan tentang Liburan ke Bandung ini ditulis oleh “Marini” admin blog “Mobil Bekas Murah“. Hak cipta tulisan pada penulis. Gambar dari: chiba1987.wordpress.com/gallery/situ-patenggang.

Mari ungkap kekayaan wisata alam di Indonesia dengan menjadi Penulis Tamu di Alamendah’s Blog. Baca ketentuannya di halaman Penulis Tamu.

Baca artikel tentang wisata dan lingkungan hidup lainnya:


Artikel Terkait

Kembali ke Paling Atas

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di penulis tamu, wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Senangnya Liburan Ke Bandung

  1. luxi89soulmate berkata:

    keren..tapi yahh..sayangnya spt yg kamu bilang..danaunya kotor…T_T
    sama..dsini danau singkarak juga indah tapi banyak sampah…hmm…knpa sih penanganan sampah indonesia gitu???pdhl kita harusnya menjaga lingkungan…contoh jepang…mreka punya hari mmbersihkan sampah…tapi susah juga ya…gotong royong aja pnduduk indonesia agak susah diajak ikutan 😀

  2. airyz berkata:

    sayang banget ya, Situ Patenggang indah namun kotor 😦

  3. Lidya berkata:

    agak banyak sampah juga ya pak disana

  4. pursuingmydreams berkata:

    Kawah putih sudah begitu terkenal, kini yang patut di lirik “Situ patenggang Bandung”. Sekilas melihat fotonya sungguh indah, kalau penulis tidak memberitahu lokasinya kotor, mungkin pembaca tidak tahu. Semoga pengelola bisa mengatasi masalah tsb.

  5. Artie berkata:

    kalo mau tenang liburan ke kota Bandung memang jangan di hari liburan 🙂
    Memang banyak tempat wisata yang bagus seperti situ patenggang, tapi kebanyakan memang seperti tidak terurus, kotor banyak sampah dimana mana

  6. alnindo berkata:

    Bagus ya danaunya

  7. ejawantahtour berkata:

    Udara sejuk dan bersih serta tempat yang yaman merupakan salah satu jawaban pilihan masyarakat untuk pergi berlibur ke daerah Bandung Jawa Barat, dikarenakan luas wilayah dan jumlah pendatangnya padat, maka sering terjadi ketidak indahan dalam hal ini teruama pengendalian sampah pada titik-tik lokasi objek wisata.

    Semoga masyarakat dan aparat pemerintah setemapt dapat memperhatikanhal ini, dan menemukan solusi jalan keluar yang terbaik. Karena banyak potensi wisata yan berada di daerah tersebut.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

  8. mesin kasir berkata:

    wah sangat di sayangkan….

    pdhal indah bgt…

  9. erickteknik berkata:

    Bagus banget yah danaunya … kira2 dapat tiket murah di mana yah om’ 😀

  10. Yeyen berkata:

    Danau Situ Patenggang itu dimana nya Bandung ya?
    Saya sering ke Bandung tapi ga tau tempat2 wisata alam yang bagus alhasil tiap ke Bandung cuma kuliner n shopping oleh2 brownies dkk doank..

    Kesadaran para turis maupun warga sekitar untuk menjaga kebersihan n kelestarian tempat2 wisata alam emanx masi sangat minim, padahal kalo tempatnya bersih,nyaman n asri kan yg untung dua2nya.. sepertinya kebiasaan membuang sampah disembarang tempat sudah lumrah n mendarah daging.
    Belum banyak orang yang berpikiran untuk menjaga kebersihan apalagi kalo ditempat umum pasti mikirnya “gpp lah, paling ntar ada yang bersiin” “kan sesekali doank ksni lagian juga ga ada yg liad aq buang sampah disini” “tong sampahnya jauh” “yg lain juga buangnya disini”

    Jadi lebih baik selalu membawa plastik kemana pun kita pergi. Kita mulai dari mindset/cara berpikir kita sendiri dulu baru menyebarkan ke org sekitar..
    Semoga wisata alam di Indonesia menjadi lebih baik..

    Salam kenal..

  11. Ping balik: Bertemu Orangutan dan Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting | Alamendah's Blog

  12. Eduard de Grave berkata:

    lain kalo kalo ke bandung, kontak2 saya mas alam…..

    😀

  13. Pulau Tidung berkata:

    Bandung memang mempunyai banyak tempat wisata yang indah

  14. biro jasa sim berkata:

    bandung kota parahiyangan yang mempesona abdi balik ka rumah athu kangen kota.na 😀

  15. Bulan febuari 2015 lalu, kami dari kantor sempat ke Bandung. Iseng juga sih sempat nyewa motor buat jalan-jalan di Bandung. Sedikit modal nekat, waktu itu menggunakan bantuan GPS pada iphone. akhirnya kita jadi tau jalan ke ITB, Cibaduyut, Cicahem.

    Kalau kesasar kayaknya engak, karena bantuan GPS tersebut dan jalan disana juga enak-enak. walaupun ada yang daerah macet, di belakang masjid dekat alun-alun. Mungkin karena ada pasar yang agak tumpah.

    untuk wisata kuliner oke-oke kok disana. harganya juga standart, walau ada yang murah dan ada yang mahal. tergantung kita lah saat memilihnya.

    jadi kangen ke Bandung.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.